Tantangan Berat Steven Gerrard Sebagai Manajer Baru Aston Villa

Steven Gerrard secara resmi diumumkan menjadi juru taktik anyar Aston Villa. Sosok berusia 41 tahun itu dikontrak hingga 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Nov 2021, 09:00 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2021, 09:00 WIB
FOTO: Steven Gerrard Raih Trofi Pertama sebagai Manajer setelah 6 Tahun Meninggalkan Liverpool - Steven Gerrard
Sebagai pemain, Steven Gerrard telah membela Liverpool selama 17 tahun. Ia pergi dari Anfield pada akhir musim 2014/2015. Karir bermainnya dilanjutkan di LA Galaxy hingga 2016. Lepas itu, ia menukangi Glasgow Rangers dan sukses mempersembahkan gelar di tahun ke-3. (AFP/Andrew Milligan)

Liputan6.com, Jakarta - Steven Gerrard secara resmi menjadi juru taktik anyar Aston Villa, Kamis (11/11/2021) waktu setempat. Dia menggantikan Dean Smith yang dipecat dari jabatannya karena tak kunjung membawa The Villans menuju pintu kemenangan.

Sosok berusia 41 tahun itu dikontrak hingga 2024. Dia didatangkan The Lions dari Glasgow Rangers setelah mengantarkan klub tersebut menjuarai Liga Skotlandia musim lalu dengan catatan tak terkalahkan.

Dilansir Sky Sports, Gerrard telah bertemu dengan Christian Purslow selaku perwakilan Villa di London, Rabu (10/11/2021). Sebelumnya, Aston Villa dikabarkan telah meminta izin kepada Rangers untuk berkomunikasi langsung dengan Gerrard. 

Kedatangan Gerrard ke Aston Villa disambut positif mantan bek The Villans, Richard Dunne. Dia menilai pria Inggris itu bisa mendongkrak performa klub asal Birmingham itu.

"Saya rasa itu akan sangat menarik. Dia adalah manajer muda dan belum banyak memimpin pertandingan, tapi apa yang dia lakukan di Rangers luar biasa," kata Dunne, dilansir dari Sky Sports.

"Cara dia menunjukkan profesionalisme sungguh brilian dan dia memimpin klub itu dengan baik sedari awal. Dia memenangkan liga dan berpengalaman di sepak bola Eropa, jadi saya rasa itu akan menjadi penunjukan hebat untuk fans Villa," ujarnya.


Ajang Pembuktian

FOTO: Juara Liga Tanpa Terkalahkan, Steven Gerrard Bawa Glasgow Rangers Samai Pencapaian Arsenal dan Juventus
Gelandang legendaris Liverpool itu berhasil membawa anak asuhnya menjuarai Liga Skotlandia dengan tidak terkalahkan dalam 38 laga. (Photo by ANDY BUCHANAN / POOL / AFP)

Gerrard akan dihadapi tantangan berat saat menjadi manajer baru Aston Villa. Musim ini, The Villans sudah tujuh kali menderita kekalahan, lima di antaranya secara beruntun.

Hasil buruk tersebut membuat Aston Villa menghuni peringkat ke-16 klasemen sementara dengan torehan 10 poin. Danny Ings dan kolega hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.

Dengan pengalaman dan keberanian mengambil kesempatan melatih Aston Villa bisa menjadi batu loncatan Gerrard dalam mengembangkan karier kepelatihannya. Ia akan diuji lebih keras untuk bisa membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu pelatih berbakat di dunia sepak bola.

Melansir ABC News, Gerrard merasa terhormat dan bangga dapat bergabung menjadi bagian dari tim barunya. Menurutnya, Aston Villa merupakan klub dengan segudang sejarah sepak bola. Selain itu, Gerrard mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh orang yang telah turut andil dalam kesuksesannya bersama Glasgow Rangers. 

"Aston Villa adalah klub dengan sejarah dan tradisi yang kaya dalam sepak bola Inggris dan saya sangat bangga menjadi pelatih kepala barunya," kata Gerrard dalam sebuah pernyataan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua orang yang terkait dengan Glasgow Rangers karena memberi saya kesempatan untuk mengelola klub sepak bola yang ikonik", lanjutnya.

"Membantu mereka mengamankan gelar liga ke-55 yang memecahkan rekor akan selalu mendapat tempat khusus di hati saya. Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk para pemain, staf, dan pendukung di masa depan," pungkasnya.

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim


Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya