Salut! Usai Permalukan Jerman, Suporter Jepang Bersihkan Stadion Piala Dunia 2022

Suporter Jepang tidak lupa membersihkan stadion setelah negara mereka mengalahkan Jerman 2-1 pada laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

oleh Rangga Ari diperbarui 24 Nov 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2022, 07:30 WIB
Jepang - Piala Dunia 2022 - 23 November 2022
Suporter Jepang membersihkan tribun penonton pada akhir pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 melawan Jerman di  Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022. Jepang menang 2-1 atas Jerman.(AP Photo/Eugene) Hoshiko)

Liputan6.com, Jakarta - Jepang mengalahkan Jerman 2-1 pada partai perdana Grup E di Piala Dunia 2022 Qatar. Hasil ini cukup mengejutkan karena di atas kertas Jerman akan mampu mengatasi perlawanan Samurai Biru. Namun, kenyataan berkata lain.

Kemenangan bersejarah ini tidak lantas membuat suporter Jepang yang datang ke stadion lupa diri. Seusai laga Piala Dunia 2022, mereka membersihkan sampah-sampah yang berceceran di bangku penonton Stadion Internasional Khalifa.

Dilansir DailyMail, para suporter terlihat mengumpulkan sampah setelah kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia Qatar 2022. Suporter berkaus Jepang terlihat membawa botol dan kantong sampah berwarna biru saat mereka membersihkan stadion.

Suporter lain yang nyentrik dengan rambut birunya meletakkan botol dan sampah lainnya di dalam kantong plastik. Nyaris seluruh suporter Jepang membawa banyak kantong sampah untuk mengumpulkan sampah dan berkeliling di setiap baris kursi penonton untuk memastikan stadion rapi.

Petugas keamanan yang menyaksikan kegiatan suporter Jepang hanya tersenyum dan mendukung kegiatan bersih-bersih ini dengan berdiri di samping para suporter untuk menjaga.

Suporter lainnya juga ikut membantu mencari sampah dan mengumpulkannya meski tidak membawa kantong sampah. Nampak para suporter melambaikan tangan dan tersenyum saat mereka membersihkan stadion.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suatu Penghormatan

Aksi Suporter Jepang Bersihkan Sampah di Stadion Qatar, Curi Perhatian
Suporter asal Jepang itu kompak membersihkan sampah usai acara selesai. Saat bersamaan, penonton lain meninggalkan Stadion Al Bayt Qatar. (Liputan6.com/IG/@omr94).

Aksi bersih-bersih ini bukan yang pertama kali dilakukan suporter Jepang di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, pendukung tim Samurai Biru itu juga membersihkan stadion seusai acara pembukaan.

Para suporter Jepang tetap membersihkan stadion dengan mengambil botol dan makanan yang tertinggal di kursi penonton. Walaupun pada saat pembukaan Piala Dunia 2022, Timnas Jepang tidak bermain.

Suporter Jepang juga bahkan membagikan kantong sampah untuk membersihkan sampah dari suporter yang menonton pertandingan sebelumnya.

Seorang influencer Bahrain, Omar Al-Farooq, merekam cuplikan aksi positif dari para suporter Jepang ini dan membagikannya ke akun Instagram. Dia bertanya kepada supoter Jepang soal alasan membersihkan sampah.

"Kami orang Jepang, dan kami tidak (terbiasa) meninggalkan sampah, dan kami menghormati tempat ini," kata seorang suporter Jepang kepada Al-Farooq.

 


Kebiasaan Bersih-bersih

Meski Kalah dari Belgia, Suporter Jepang Tetap Bersihkan Sampah
Seorang suporter timnas Jepang mengumpulkan sampah setelah laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Begia di Rostov Arena, Senin (2/7). Meski timnya tersingkir secara dramatis, tak menghalangi para suporter Jepang melakukan aksi positif. (AP/Pavel Golovkin)

Tidak hanya pada ajang Piala Dunia 2022, suporter Jepang juga selalu membersihkan stadion dengan memungut sampah selama Piala Dunia 2018 lalu di Rusia. Meskipun pada saat itu Jepang  dikalahkan Belgia 2-3 di babak 16 besar.

Bukan hanya para suporter, tapi skuad Jepang di Piala Dunia 2018 juga membersihkan dan merapikan ruang ganti sebelum pulang. Aksi ini mendapat pujian langsung dari FIFA dan di media sosial.

Ketua Koordinator FIFA Priscilla Janssens membagikan foto kondisi ruang ganti yang ditinggalkan Timnas Jepang dalam kondisi yang sangat rapi. Pada meja yang terletak di tengah ruangan, skuad Jepang menitipkan sebuah pesan dalam Bahasa Rusia bertuliskan 'terima kasih'.

"Ini adalah ruang ganti Jepang setelah kalah dari Belgia di menit ke-94. Berterima kasih dengan aksi suporter mereka di stadion, pemain membersihkan segalanya (bench dan ruang ganti) dan berbicara ke media. Bahkan meninggalkan pesan " terima kasih' dalam bahasa Rusia," tulis Priscilla.

"Contoh untuk tim lain! Kehormatan bisa bekerja bersama mereka (Timnas Jepang)," sambung Priscilla Janssens.

 


Trending di Medsos

Aksi Suporter Jepang Bersihkan Sampah di Stadion Qatar, Curi Perhatian
Bahkan di saat suporter lain asyik berfoto, para penonton asal Jepang itu tak mau meninggalkan sampah. Aksi mereka banjir pujian dari suporter lain hingga netizen. (Liputan6.com/IG/@omr94).

Aksi positif dari suporter Jepang ini juga sempat menjadi trending di lini masa Twitter. Para suporter mendapat pujian online atas aksi mereka dengan menghubungkan dengan budaya bersih-bersih dari Jepang.

"Juga budaya membersihkan dan menghormati orang Jepang benar-benar luar biasa. Hidup sepak bola Asia," tulis salah satu akun.

"Suporter Jepang benar-benar yang terbaik. Mereka mengalahkan Jerman dalam kemenangan yang bersejarah, tetapi sebelum merayakannya tetap berada di Stadion Internasional Khalifa untuk membantu membersihkan," tulis akun lainnya.

"Jepang memiliki salah satu budaya terbaik yang pernah saya lihat dan orang-orang mereka benar-benar membawanya ke mana pun mereka pergi," tulisnya lagi.

"Ini hal besar yang mereka lakukan dengan membersihkan stadion sebelum mereka pergi. Saya belum pernah melihat siapa pun sebagai koleksi melakukan itu. Di Amerika, selalu kotor setelah pertandingan," cuit akun lain.


Peringkat

Infografis Grup E Piala Dunia 2022
Infografis Grup E Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya