Semifinal Piala Dunia 2022 Argentina Vs Kroasia: Modric Puji Messi Setinggi Langit

Luka Modric memberikan pujian pada Lionel Messi jelang semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Kroasia.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 13 Des 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 18:00 WIB
Perempatfinal Piala Dunia 2022: Kroasia vs Brasil
Pemain Timnas Kroasia, Luka Modric merayakan kemenangan Timnas Kroasia atas Brasil melalui adu penalti dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar akan mempertemukan Argentina vs Kroasia di Lusail Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari.

Pertandingan ini bisa disaksikan melalui siaran langsung di SCTV, Indosiar, Vidio dan Nex Parabola.

Kedua tim melaju ke fase empat besar melewati laga yang menegangkan. Argentina mendepak Belanda 4-3 lewat adu penalti.

Sedangkan Kroasia secara mengejutkan menghentikan langkah Brasil, juga dengan adu penalti.

Jelang pertandingan ini, kapten Kroasia, Luka Modric memberikan pujian pada kapten Argentina Lionel Messi.

Modric menilai, Messi adalah sosok paling berpengaruh di timnas Argentina. Dan, semua tim akan kesulitan jika menghadapi pemain Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

Meski demikian, di luar rasa hormatnya pada Messi, Modric mengaskan timnya sudah siap untuk menghentikan pemain terbaik dunia tujuh kali itu.

"Saya ingin memainkan semifinal lagi melawan tim besar, itu yang saya inginkan, bukan hanya melawan pemain," ujar Modric dikutip dari El Chiringuito.

"Tentu saja Leo sangat besar. Dia adalah pemain terbaik mereka dan kami akan mengalami banyak kesulitan untuk mencoba menghentikannya, tetapi kami siap," tambahnya.

Bagi Argentina, gelar Piala Dunia 2022 bakal jadi penahbisan Lionel Messi sebagai yang terbaik sepanjang masa.

Sebab, meski mendulang berbagai kehormatan bersama klub serta mengoleksi banyak gelar pribadi, ada yang enggan menyandingkan Messi dengan dua nama legendaris lain di lapangan hijau: Pele dan Diego Maradona.

Pasalnya, dia belum menjuarai Piala Dunia. Dia 'baru' memenangkan gelar internasional di kelompok usia Piala Dunia U-20 2005 dan emas Olimpiade 2008.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kegagalan Empat Final

Perempatfinal Piala Dunia 2022: Belanda vs Argentina
Pemain Timnas Argentina, Nahuel Molina (kiri) melakukan selebrasi bersama Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Timnas Belanda dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. (AP/Ricardo Mazalan)

Messi bakal merasa tidak ditakdirkan sukses pada level senior menyusul serangkaian nasib sial yang diderita.

Dia empat kali kalah di final turnamen besar, tiga di antaranya secara beruntun. Rinciannya adalah Copa America 2007, 2015, 2016, serta Piala Dunia 2014.

Sosok kelahiran Rosario itu akhirnya bisa memutus sial pada penghujung karier. Tahun lalu dia membawa Argentina merebut Copa America 2011. Kini berusia 35 tahun, Messi bertekad menambah torehan tersebut dengan gelar Piala Dunia.


Rapor Argentina

Timnas Argentina vs Timnas Arab Saudi Grup C Piala Dunia 2022
Pemain Argentina Lionel Messi, Lautaro Martinez, Angel Di Maria merayakan gol ke gawang Arab Saudi yang kemudian dianulir wasit dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Argentina mencapai semifinal Piala Dunia 2022. Meski tumbang di partai pertama, merekatetap menjuarai Grup C dan melewati berbagai rintangan di babak gugur.

Lionel Messi dan kawan-kawan sempat dalam posisi terjepit setelah dikalahkan Arab Saudi 1-2. Mereka bakal mengepak koper jika kembali menyerah pada duel selanjutnya kontra Meksiko.

Argentina bangkit dan meraih kemenangan 2-0. La Albiceleste akhirnya memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia 2022 dengan membekuk Polandia 2-0. Mereka menuntaskan fase grup lewat torehan enam angka, unggul dua poin atas pesaing terdekat Polandia.

Argentina lalu menyisihkan Australia 2-1 pada perdelapan final. Mereka kemudian melewati drama adu penalti dan menang 4-3 (2-2) atas Belanda. Selanjutnya Argentina terlibat perebutan tiket final melawan Kroasia di Lusail Iconic Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari pukul 02.00 WIB.

Pelatih Lionel Scaloni memiliki pilar di tiap lini yang selalu tampil pada fase grup Piala Dunia 2022. Emiliano Martinez, Nicolas Otamendi, Rodrigo De Paul, dan Messi jadi andalan untuk memimpin rekan-rekannya.

Scaloni juga memaksimalkan skuad. Di luar kiper pelapis, hanya Juan Foyth, Paulo Dybala, dan Angel Correa yang belum merumput.

Pendekatan ini menunjukkan kepercayaan Scaloni pada seluruh personel. Beberapa pun membayar kepercayaan dan bersinar, mulai Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, hingga Julian Alvarez.

 

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya