Dihajar Aston Villa, Antonio Conte Pesimis Tottenham Bisa Rebut Gelar Liga Inggris

Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte tak yakin anak-anak asuhnya bisa merebut gelar juara Liga Inggris musim ini usai dihajar Aston Villa dengan 0-2 pada Minggu (1/1/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 02 Jan 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2023, 18:00 WIB
Tottenham Hotspur Dipermalukan Aston Villa di Liga Inggris
Pemain Tottenham Hotspur Harry Kane (10) menanduk pemain Aston Villa Ezri Konsa dalam upaya untuk mencetak gol pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, 1 Januari 2023. Aston Villa mempermalukan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. (AP Photo/Ian Walton)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Tottenham Hotspur Antonio Conte nampaknya sudah kecewa dengan The Lilywhites. Ia pesimis anak-anak asuhnya mampu memenangkan gelar Liga Inggris musim ini usai kalah dari Aston Villa, Minggu (1/1/2023).

Seperti diketahui, Tottenham sejatinya cukup dijagokan untuk memetik kemenangan dalam laga tersebut. Apalagi Harry Kane dan kawan-kawan bermain di kandang. Mereka juga menempati posisi lebih dominan di klasemen sementara Premier League musim ini.

Sayang The Lilywhites justru takluk di hadapan publik sendiri. Kane dan Son Heung-min yang kerap menjadi ujung tombak timnya ompong di depan gawang The Villa. Justru tim racikan Unai Emery yang sanggup melesakkan dua gol lewat aksi Emi Buendia dan Douglas Luiz.

Catatan itu membuat Tottenham Hotspur terlempar dari empat besar. Mereka minor dua angka dibanding Manchester United (MU) yang menghuni top four usai memainkan 16 laga. Pasukan Antonio Conte juga terpaut 13 poin dari Arsenal di puncak klasemen.

Adapun The Lilywhites sejatinya sempat tampil cukup apik di awal musim. Rekrutan mengesankan dan manajer papan atas yang menanganinya membuat Tottenham dipandang berpotensi mempersulit rival-rivalnya dalam kancah domestik.

Namun, Kane dan kolega justru mencatatkan penurunan performa dalam beberapa waktu terakhir. Laga kontra Aston Villa menjadi kali kedua berturut-turut Tottenham gagal memetik kemenangan, setelah hanya mampu bermain imbang dengan Brentford pekan lalu.

Conte tak bisa menyembunyikan sikap pestimistisnya dalam konferensi pers pasca pertandingan Minggu (1/1/2023) kemarin. Ia meminta fans untuk menurunkan ekspektasi lantaran tak yakin timnya mampu menantang gelar juara Liga Inggris 2022/2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Conte

Antonio Conte - Tottenham Hotspur - Liga Inggris - 20 Oktober 2022
Reaksi Manajer Tottenham Hotspur Antonio Conte dalam pertandingan Liga Inggris melawan Manchester United di Old Trafford, Kamis (20/10/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

“Saya ingat dengan baik musim panas lalu. Awalnya, orang-orang berbicara soal Tottenham sebagai salah satu penantang gelar. Akan tetapi menurut pengalaman saya, (rasanya) sedikit gila membaca (komentar) ini,” tutur Conte.

Sang pelatih mengisyaratkan The Lilywhites belum cukup kuat untuk meramaikan perebutan trofi Liga Inggris. Menurut dia, Tottenham masih butuh fondasi yang terdiri atas belasan pemain berkualitas serta penggawa-penggawa muda menjanjikan.

“Untuk menjadi penantang gelar dan berjuang memenangkan suatu (trofi), Anda perlu punya fondasi yang kuat. Hal ini berarti Anda harus memuliki 14 sampai 15 pemain kuat, pemain berkualitas, sementara sisanya adalah penggawa muda yang masih berkembang.”

“Setiap musim, Anda dapat menambah dua pemain dengan berinvestasi 50 juta, 60 juta, atau 70 juta poundsterling. Lewat cara ini, Anda merekrut sosok penting sekaligus meningkatkan kualitas serta level tim Anda,” sambung dia.


Butuh Waktu

Tottenham Hotspur Dipermalukan Aston Villa di Liga Inggris
Wasit menunjukkan kartu kuning untuk pemain Tottenham Hotspur Ben Davies (33) saat melawan Aston Villa pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, 1 Januari 2023. Aston Villa mempermalukan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. (AP Photo/Ian Walton)

Kendati demikian, bukan berarti Conte menilai Tottenham Hotspur sama sekali tidak berpeluang meraih trofi. Hanya saja menurut dia,The Lilywhites butuh waktu untuk membangun atmosfer kesuksesan di Liga Inggris.

“Orang-orang mengira, ketika Anda tiba, Anda (bisa) menang. Hal ini hanya terjadi pada tim yang memang sudah biasa berjaya di masa lalu. Namun, jika Anda tidak terbiasa (menjadi pemenang), berarti Anda yang harus menciptakan atmosfer tersebut, dan untuk alasan ini, Anda butuh waktu serta kesabaran,” tutur Conte.

“Saya mengerti para penggemar kecewa karena mereka sudah lama bersabar. Saya paham situasinya begini. Saya tahu kenyataannya karena saya pelatihnya. Saya ada di klub setiap hari. Saya tahu visi klub. Klub tahu betul apa pendapat saya tentang situasi ini,” tambahnya.


Pertandingan Selanjutnya

Foto: Chelsea Tertahan di Markas Nottingham Forest, Tottenham Hotspur Dipermalukan Aston Villa di Liga Inggris
Kekalahan dari Aston Villa membuat Harry Kane dan kawan-kawan tertahan di peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan koleksi 30 poin dari 17 laga. Sementara itu, Aston Villa berada di peringkat ke-12 dengan torehan 21 poin dari 17 laga. (AP Photo/Ian Walton)

Usai kekalahan dari Aston Villa, Tottenham Hotspur bakal ditantang oleh Crystal Palace di pekan ke-19 Liga Inggris 2022/2023. Duel antara kedua kesebelasan dijadwalkan berlangsung di Selhurst Park pada Kamis (5/1/2023) pukul 03.00 WIB.

Juru taktik The Lilywhites Antonio Conte menyatakan dirinya bakal terus bekerja demi memperbaiki performa anak-anak asuuhnya. Terlepas dari hasil minor yang didapat di laga terakhir, pelatih asal Italia masih berambisi menciptakan fondasi yang kokoh di Tottenham.

“Saya terus bekerja dan membantu meningkatkan klub, serta (berupaya) menciptakan fondasi yang kokoh untuk kemudian berkembang,” tandas Conte, dilansir dari Metro.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya