Direktur Teknik Baru PSSI Mengerucut ke 6 Nama dari Jerman, Joachim Loew Hingga Oliver Kahn Bukan Mustahil Jadi Opsi

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan jika saat ini proses seleksi Direktur Teknik PSSI sudah semakin mengerucut.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 23 Jun 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2023, 19:30 WIB
Jumpa Pers Erick Thohir di Gedung Danareksa
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali dan Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga dalam sesi jumpa pers di Gedung Danareksa, Jakarta pada Jumat (23/6/2023). Erick membahas mengenai pembentukan PT Garuda untuk membantu pendanaan PSSI ke depannya. (Luthfa Arisyi Senapi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan jika saat ini proses seleksi Direktur Teknik PSSI sudah semakin mengerucut. Ia mengatakan sekarang sudah tersisa enam orang kandidat yang masih perlu untuk diseleksi, dari sebelumnya ada 20 orang.

“Kita sudah sortir dari 20 jadi enam orang dan ada satu kandidat yang rencananya akan kita interview. Tunggu saja, tapi udah di-shortlist, sekarang semakin mengerucut. Mudah-mudahan kita bisa dapatkan,” jelas Erick dalam sesi jumpa pers di Gedung Danareksa, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Mengenai tenggat waktu pemilihan dirtek ini, Erick sendiri tidak menjelaskan secara pasti. Hal itu karena ia tidak ingin terburu-buru dalam menentukan sosok yang paling cocok untuk mengisi posisi tersebut.

“Coach Indra [Sjafri] dan Coach Shin [Tae-yong] juga sudah bertanya-tanya tapi saya bilang sabar. Saya musti menjaga balance dari para pelatih, jangan sampai dengan kita menambah direktur teknik ini malah jadi tidak kompak. Justru kan kita ingin ada kekompakan,” tegas pria berusia 53 tahun tersebut.

Selain itu, karena kandidat-kandidat yang sedang diseleksi ini berasal dari Jerman, jadi jadwal di sana juga mempengaruhi proses seleksi.

“Di Eropa ini masih musim libur jadi kita harus sesuain waktunya,” jelas Erick.

Ketika ditanya mengenai nama-nama kandidat yang semakin dekat untuk mengisi posisi Dirtek PSSI, Erick enggan untuk membicarakan hal tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama Orang Jerman yang Cocok Menjadi Dirtek PSSI

Foto: Bisa Jadi Pertimbangan Chelsea, Berikut Ini Daftar 6 Pelatih Top yang Masih Nganggur per Januari 2023
Joachim Loew pernah mengantarkan Jerman meraih Piala Dunia pada 2014 dan Piala Konfederasi 2017. Namun, ia memutuskan mundur pada 2020 lalu setelah 17 tahun menukangi Der Panzer. Sejak saat itu, Loew belum menukangi klub manapun. Pria 62 tahun itu juga memiliki pengalaman melatih di level klub. Ia pernah menukangi sejumlah klub seperti Stuttgart, Fenerbahce, Tirol Innsbruck dan Austria Wien. (AFP/Pool/Kai Pfaffenbach)

Meski Erick Thohir tidak mau mengungkap nama-nama kandidat Dirtek PSSI yang ada, terdapat beberapa nama yang mungkin cocok, seperti eks pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew. Pengalamannya dalam memenangkan Piala Dunia bersama Timnas Jerman pada tahun 2014 tentu dapat sangat membantu pengembangan Timnas Indonesia.

Selain itu, ada juga Oliver Kahn yang baru saja dipecat dari posisi CEO Bayern Munchen, Kemudian ada mantan Direktur Olahraga Bayer Leverkusen, Rudi Voller; mantan Direktur Olahraga Schalke, Felix Magath; mantan Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc; dan Bernd Schumm.


Tugas Direktur Teknik yang Baru

Konferensi Pers Mengenai Pembentukan Yayasan PSSI dan Perwasitan Indonesia
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers mengenai pembentukan yayasan PSSI dan perwasitan Indonesia di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Adapun Erick berharap dengan adanya direktur teknik yang baru di PSSI, dapat menetapkan standar yang sama bagi pelatih-pelatih yang ada di Indonesia. Sosok yang juga merupakan Menteri BUMN itu menjelaskan nantinya direktur teknik akan mengawasi dan mengevaluasi pelatih-pelatih yang sudah ada.

Selain itu, Erick juga berharap Dirtek PSSI juga turut andil dalam pembinaan sepak bola di level grassroot.

“Fungsi direktur teknik adalah me-review coach-coach yang ada dan nanti akan dibantu seseorang yang saya minta, mungkin juga dari Jerman untuk keliling ke seluruh daerah di Indonesia untuk melatih coach-coach [di sana] supaya standarnya sama,” kata Erick.


Bagaimana Nasib Indra Sjafri?

SEA Games 2023: Konferensi Pers Jelang Semifinal Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri saat menghadiri konferensi pers, Jumat (12/5/2023) di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, jelang laga semifinal cabor sepak bola SEA Games 2023 menghadapi Vietnam yang akan digelar Sabtu, 13 Mei 2023. (Bola.com/Abdul Aziz)

Dengan adanya sosok baru yang cepat atau lambat akan mengisi posisi Direktur Teknik PSSI, lantas bagaimana nasib direktur teknik saat ini, yaitu Indra Sjafri? Erick Thohir sendiri tidak mengatakan dengan jelas bagaimana posisi Indra sebagai Dirtek PSSI. Sebelumnya, Indra Sjafri telah mengisi jabatan Dirtek PSSI sejak 2020

Namun, yang jelas PSSI telah menetapkan sosok berusia 60 tahun itu sebagai pelatih tetap Timnas Indonesia U-22, U-23 dan U-24 setelah sukses membawa pulang medali emas SEA Games 2023.

Oleh karena itu, Indra dikabarkan secepatnya akan digantikan sebagai Dirtek PSSI ketika calon yang baru sudah ditemukan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya