Kejuaraan Tarkam 2023 Berlanjut ke Lima Puluh Kota

Di Lima Puluh Kota ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan pada Kejuaraan Tarkam 2023

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Sep 2023, 08:17 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 05:30 WIB
Kejuaraan Tarkam 2023 Berlanjut ke Lima Puluh Kota
Kejuaraan Tarkam 2023 Berlanjut ke Lima Puluh Kota

Liputan6.com, Jakarta- Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) Kemenpora 2023 terus berlanjut. Kali ini giliran Kabupaten Lima Puluh Kota yang menggelarnya. Pembukaan dilakukan pada 4 September 2023 di Lapangan Tunas Muda Limbanang.

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dato Bandaro Radjo memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya kejuaraan tarkam Kemenpora.

"Ini adalah bagian kita bersama-sama menjadi tuan rumah. Tentunya ini merupakan kegiatan yang sangat kita nantikan kehadirannya. Sehingga semua sekolah dapat bersama-sama melaksanakan kegiatan ini " terang Safaruddin

Turut hadir staf ahli Kemenpora, Dr. Dwijayanto Sarosa Putera memberikan sambutan sekaligus membuka acara kejuaraan tarkam Kemenpora.

"Diharapkan dengan adanya kejuaraan tarkam ini, dapat ditemukan bibit-bibit atlet potensial. Kami juga berharap kejuaraan tarkam ini dapat berlangsung dengan lancar dan bermain secara fair play" imbuh Dwijayanto.

Adapun cabang olahraga yang dilombakan meliputi atletik sebagai cabang olahraga wajib, diikuti voli dan bulu tangkis. Kejuaraan tarkam ini diikuti oleh 13 kecamatan dan akan berlangsung hingga 6 September 2023.

Pembukaan kejuaraan tarkam 2023 Kemenpora dimeriahkan oleh penampilan tari tradisional diikuti oleh parade defile dari kecamatan peserta kejuaraan tarkam dengan iringan marching band.


32 Kabupaten

Kejuaraan Tarkam 2023 Berlanjut ke Lima Puluh Kota
Kejuaraan Tarkam 2023 Berlanjut ke Lima Puluh Kota

Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) bakal naik kelas. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi mengadakan Kejuaraan Tarkam 2023 yang akan berlangsung di 32 Kabupaten dengan melibatkan lima cabang olahraga populer di Indonesia.

Kejuaraan ini merupakan program unggulan dan prioritas Kemenpora dalam rangka membudayakan olahraga di masyarakat, sebagaimana diatur dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Kejuaraan Tarkam Kemenpora resmi diluncurkan Menpora Dito Ariotedjo pada Rabu (9/8/2023) malam di Hotel Grand Sahid Jaya.

Kompetisi tarkam ini akan memainkan pertandingan di cabor bola basket, bola voli, tenis meja, bulu tangkis dan atletik. Peluncuran Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 ini ditandai dengan pukulan servis badminton Menpora Dito bersama sejumlah tamu undangan yang hadir.


Sesuai Arahan Jokowi

Sederet selebritis ikut memeriahkan acara meliputi Aldi Taher, komedian Marshel Widianto, Valentino "Jebret" Simanjuntak, hingga penampilan khusus Charly van Houten dari Setia Band. Charly membawakan lagu ciptaannya bertajuk "Indonesia Adalah Kita" bersama putranya Restu, yang menjadi lagu tema Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023.

Pelaksanaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 ini diadakan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dimana olahraga harus bisa menyentuh lapisan terbawah yaitu dari kampung atau desa, sekaligus menjadi sarana pencarian bakat-bakat olahraga nasional.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya