Gilas Chinese Taipei 9-0, Erick Thohir Beri Pesan Ini untuk Timnas Indonesia U-23

Erick Thohir mengingatkan pemain Timnas Indonesia U-23 untuk tidak jemawa. Indonesia bersiap untuk melakoni laga terakhir melawan Turkmenistan U-23 pada laga terakhir grup K Kualifikasi Piala Asia U-23.

oleh Fajar Abrori diperbarui 10 Sep 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2023, 12:00 WIB
Erick Thohir, Timnas Indonesia U-23
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui para pemain Timnas Indonesia U-23 di ruan gganti usai kemenangan telak 9-0 atas Chinese Taipei (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo- Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut baik kemenangan Timnas Indonesia U-23 melawan Chinese Taipei dengan skor 9-0. Kemenangan itu merupakan kado terindah yang bertepatan dengan Peringatan Haornas yang jatuh pada hari ini, Sabtu (9/9/2023).

“9 September 1948 Hari Olahraga Nasional. Hari ini tentu adalah hadiah buat Haornas yang memang lahirnya di Solo,” kata Erick Thohir kepada wartawan usai menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-23 versus Chinese Taipei di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam (9/9/2023).

Menurut dia, peringatan Haornas itu berbarengan dengan penyelenggaraan PON I 1948 yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo pada (9/9/1948) silam. Skor kemenangan yang diraih aanak asuh Shin Tae-Yong dalam laga itu juga menyerupai dengan tanggal hari ini, 9 September.

“Angka kemenangannya pas lagi 9-0, 9 September. Selamat kepada tim Indonesia,” ucapnya.

Usai pertandingan, Erick Thohir juga sempat menemui skuad Garuda Muda dan sang pelatih Shin Tae-yong di ruang ganti. Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada pelatih asal Korea Selatan itu untuk benar-benar fokus dalam menangani tim. Rencananya skuad Timnas U-23 akak menjadi tim yang dipersiapkan untuk masa depan.

“Karena kita berharap tentu kalau tanggal 12 September bermain baik dan kita masuk. Yang namanya kejuaraan U-23 AFC di Qatar bulan April, sehingga itu babak kualifikasi olimpiade. Lalu sama pemain, saya bilang Anda mau nggak maun olimpiade?,” kata dia kepada para pemain. 

 


Erick Thohir Ingatkan Pemain Tidak Arogan

Erick Thohir, Timnas Indonesia U-23
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyaksikan langsung aksi fantastis Timnas Indonesia U-23 saat melumat Chinese Taipei 9-0 di laga kualifikasi Piala Asia U-23 (dok: PSSI)

Ia pun berpesan kepada para pemain untuk tidak membusungkan dada atas kemenangan telak pada malam ini. Pasalnya tim yang akan dihadapi pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Selasa (12/9/2023) adalah Turkmenistan.

“Jangan sampai kemenamgan 9-0 ini terlela. Tanggal 12 juga Turkmenistan bukan tim yang dianggap sebelah mata. Mereka menang 4-0 laga sebelumnya. Dan beberapa pemain yang bertanding dengan tim senior juga akan gabung di U-23 mereka. Ayo fokus,” tegasnya.

Seperti diketahui Timnas Indonesia U-23 berhasil mencukur Chinese Taipei dengan skor 9-0 di laga babak kualifikasi Piala Asia U-23 2023 Grup K yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu malam.

Dengan pesta gol itu membuat Timnas Indonesia U-23 memimpin klasesemen kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K dengan raihan 3 poin. Sedangkan Chinese Taipei di dasar klasemen atau posisi ketiga dengan nol poin setelah laga sebelumnya kalah dari Turkmenistan 0-4.

 


Shin Tae-Yong Puji Pemain Timnas U-23

Foto: Momen Menarik saat Timnas Indonesia U-23 Melawan Chinese Taipe, Ada yang Kasih Ucapan Selamat Ultah untuk Marselino Ferdinan
Pemain Timnas Indonesia U-23, Rafael William Struick (kiri), berusaha merebut bola setelah tendangan penaltinya digagalkan kiper Chinese Taipei U-23, Chang Hsiang-Chun, dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus Prasetiyo)

 

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-Yong memberi aplaus kepada pemain karena berhasil menang besar. Dia senang karena banyak kemajuan yang diperlihatkan Garuda Muda.

“Saya memberikan tepuk tangan kepada para pemain yang telah bekerja keras sehingga berhasil mengalahkan lawan dengan 9-0,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers usai pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023).

Shin Tae-yong menyebut, kemenangan telak tersebut membuktikan adanya peningkatan kualitas permainan di skuad. Dia pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ramadhan Sananta dan kawan-kawan.

“Dengan skor hari ini menunjukkan bahwa permainan timnas sudah berkembang dibandingkan sebelumnya,” ujar dia.

 


Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Chinesei Taipei

Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Chinese Taipe Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024
Pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner (kiri), berebut bola dengan pemain Chinese Taipei U-23 dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus Prasetiyo)

 

Indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta, William Struick

Chinese Taipei:Hsiang Chun; Meng Hsin, Chia Pao, Wei Chieh; Cheng En, Chun Kai, Po Chieh, Pui Hei; Chung Liang, Huang Whei Chieh, Hsuan Wei

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya