Chinese Taipei vs Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023: Indra Sjafri Rotasi Pemain?

Timnas Indonesia U-24 dimungkingkan untuk merotasi pemain saat melakoni laga kedua melawan Chinese Taipei di sepak bola Asian Games 2023.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Sep 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 06:00 WIB
Timnas Indonesia U-24 vs Timnas Kirgistan Grup F Asian Games 2022
Pemain Timnas Indonesia U-24 berpose sebelum bertanding melawan Kirgistan dalam laga Grup F Asian Games 2022 yang digelar di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Selasa (19/9/2023) malam WIB. (Dok. NOC Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-24 bakal berusaha untuk meneruskan tren positif saat melawan Chinese Taipei di Zheijang Normal University, Jinhua, China, Kamis (21/9/2023) mulai pukul 15.00 WIB. Seperti diketahui, Indonesia memetik kemenangan 2-0 saat melawan Kirgistan pada laga pertama grup F Asian Games 2023 yang berlangsung Selasa (19/9/2023) lalu.

Kemenangan ini membuat Timnas U-24 menempel Korea Utara di klasemen karena sama-sama mengoleksi 3 poin. Korut juga menang 2-0 di laga sebelumnya melawan Chinese Taipei.

Timnas Indonesia U-24 sudah cukup familiar dengan Chinese Taipei. Belum lama di kualifikasi Piala Asia U-23, negara yang juga kerap disebut taiwan ini dibantai Indonesia dengan skor telak 9-0.

Meski komposisi pemain dan pelatihnya berbeda, tapi kemenangan 9-0 pada laga yang belum lama terjadi ini tentu mengangkat moral pemain Timnas Indonesia U-24. Pasukan yang dipimpin Indra Sjafri ini tentu membidik kemenangan juga, kalau bisa sama dengan skor sebelumnya.

Timnas Indoensia U-24 hanya membawa 3 pemain eks Timnas U-23 ke Asian Games 2023. Mereka adalah Ernando Ari, Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga. Selebihnya pemain baru yang tak terpilih di Timnas Indonesia U-23 lalu.

Meski tak bisa mainkan Ramadan Sananta karena batal gabung, tapi Timnas Indonesia U-24 punya striker tajam lainnya. Seperti saat melawan Kirgistan, tak disangka dua gol Indonesia hadir dari Ramai Rumakiek dan Hugo Samir. Lalu, mengingat lawan kali ini yang lebih "mudah", apakah Indra Sjafri akan rotasi pemain?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indra Sjafri Puji Bantuan Klub di Indonesia

Foto: Timnas Indonesia U-24 Gelar Latihan Jelang Bertolak ke China untuk Asian Games 2022, 7 Pemain Telat Gabung
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri (tengah) memimpin latihan untuk Asian Games 2022 Hangzhou yang berlangsung di Lapangan A, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (15/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Usai kemenangan lawan Kirgistan, Indra Sjafri langsung memberi pujian kepada klub di Indonesia utamanya dari BRI Liga 1. Soalnya, dengan pelatihan yang tepat, pemain yang dipanggil Timnas U-24 bisa beradaptasi dengan cepat.

"Terima kasih buat semua klub dan semua pelatih klub yang telah memberikan pemainnya buat Timnas Asian Games, dan telah melatih dan membantu Timnas dalam meningkatkan kualitas kemampuan pemain muda Indonesia," ucap Indra Sjafri.

Ini juga menunjukkan bahwa latihan di klub dan kompetisi lokal kita juga sudah semakin baik kualitasnya, sehingga semua pemain terbentuk dari kompetisi yang sangat ketat dan kompetitif. Kualitas kompetisi semakin baik akan berdampak terhadap kualitas pemain Timnas," tambahnya.

 


Timnas Indonesia U-24 Bisa Rotasi Pemain

Foto: Timnas Indonesia U-24 Gelar Latihan Jelang Bertolak ke China untuk Asian Games 2022, 7 Pemain Telat Gabung
Pemain Timnas Indonesia U-24, Hugo Samir (tengah) berlatih bersama Bagas Kaffa (kiri) dan Titan Agung menjelang Asian Games 2022 Hangzhou yang berlangsung di Lapangan A, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (15/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Berdasarkan pengamatan Liputan6.com, Indra Sjafri bisa melakukan rotasi pemain. Berkaca kepada strategi di SEA Games 2022 lalu, pelatih Timnas U-24 asal Padang ini juga kerap menggonta ganti pemainnya di pertandingan yang dilakoni di fase grup.

Karena Chinese Taipei lebih "lemah", Indra Sjafri bisa merotasi beberapa posisi pemain. Posisi bek kanan yang semula dihuni Robi Darwis misalnya bisa diberikan kepada Bagas Kaffa.

Begitu juga dengan lini tengah yang sebelumnya dihuni Syahrian Abimanyu bisa diganti oleh Ananda Raehan. Sedangkan posisi lini depan juga pantas dipertimbangkan untuk menurunkan Hugo Samir sebagai starter. Ini mengingat penampilan cemerlang putra dari pelatih legendaris asal Brasil yang sudah lama di Indonesia, Jacksen F Tiago.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Chinese Taipei bisa dirotasi seperti ini

Timnas Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Andy Setyo, Haykal Alhafiz; Rahmat Irianto, Taufany, Ananda Raehan; Hugo Samir, Egy Maulana, Ramai Rumakiek

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Andy Setyo, Haykal Alhafiz; Rahmat Irianto, Dewangga; Ramai Rumakiek, Ananda Raehan, Taufany; Egy Maulana

 


Erick Thohir Senang Timnas Indonesia Jaga Tradisi Kemenangan

Timnas Indonesia U-24
Timnas Indonesia U-24 dijadwalkan bertolak ke China pada Sabtu (16/9/2023) dini hari WIB untuk mengikuti Asian Games 2022. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi kemenangan Timna U-24. Menurut Erick, mental kemenangan mesti dipelihara di setiap ajang yang dijalani.

"Syukur alhamdulillah kita mampu melanjutkan tren positif. Setelah SEA Games, kualifikasi Piala AFF U-23, dan AFC U-23, kini di level utama Asia, yakni Asian Games, kemenangan pun bisa diraih. Tradisi menang ini mesti terus kita pelihara," ujar Erick.

Erick meminta para pemain untuk tetap fokus. Meski meraih kemenangan penting pada laga pertama, tiket kelolosan belum diraih.

"Kita mesti tetap fokus hingga laga terakhir. Mari kita rebut tiket 16 besar," ujar Erick.

 


Erick Thohir Minta Timnas U-24 Tidak Takut Korea Utara

Indonesia Vs Kirgistan
Pada babak kedua situasi berubah. Timnas Indonesia U-24 berhasil menaikkan ritme permainan. Hasilnya, penyerang Persipura Jayapura Ramai Rumakiek berhasil mencetak gol pada menit ke-58 lewat aksi individu. (Kredit Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As)

 

Sekalipun meminta pemain tetap waspada, Erick tak lupa memompa semangat untuk menatap laga selanjutnya dengan percaya diri. Pada laga Grup F, Indonesia bakal menghadapi salah satu raksasa Asia, Korea Utara.

Meski lawan yang dihadapi punya level permainan elite Asia, Erick meminta para pemain tak mengendurkan intensitas permainan.

"Bermain lawan siapa pun, cara kita bermain, baik dari sisi teknis dan mental, harus sama. Hari ini Kirgizstan, besok Taiwan, dan Korut pun kita mesti tampil untuk merebut kemenangan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya