Badai Bikin Sprint Race MotoGP Australia 2023 Dibatalkan

Dorna resmi membatalkan sprint race MotoGP Australia akibat badai di Phillips Island.

oleh Thomas diperbarui 22 Okt 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2023, 09:26 WIB
Badai Bikin Sprint Race MotoGP Australia 2023 Dibatalkan
Hujan dan angin kencang pada balapan Moto2 Australia 2023 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Dorna akhirnya memutuskan membatalkan pelaksanaan Sprint Race MotoGP Australia 2023. Cuaca buruk akibat badai yang melanda Sirkuit Phillips Island menjadi penyebab Sprint Race harus dibatalkan.

MotoGP Australia berantakan akibat peringatan akan adanya angin kencang yang dikombinasikan dengan hujan dan suhu dingin. Balapan utama terpaksa dipindahkan ke hari Sabtu sore, bertukar tempat dengan Sprint Race.

Pemindahan ini untuk mengantisipasi badai akan membatalkan balapan utama. Dorna dan para pembalap sepakat agar Sprint Race saja yang dikorbankan bila badai benar-benar terjadi.

Jadwal rangkaian balapan di hari Minggu (22/10/2023) sudah dimajukan lebih awal demi menghindari badai terburuk. Pemanasan dalam balapan Moto3 sukses digelar meski dalam kondisi basah.

Namun saat Moto2 berlangsung, cuaca semakin buruk. Balapan Moto2 terpaksa dihentikan setelah sepuluh lap karena kondisi cuaca yang memburuk.

Dengan angin kencang yang terus melanda Sirkuit Phillip Island, dan cuaca diperkirakan akan menjadi lebih buruk, pertemuan darurat antara tim dan manajemen balapan. Akhirnya diputuskan Sprint MotoGP yang berlangsung 13 lap dibatalkan.


Pernyataan Dorna Soal Pembatalan Sprint Race MotoGP Australia 2023

"Perubahan dilakukan pada jadwal untuk mencoba dan memastikan aksi lintasan maksimum dalam kondisi seaman mungkin hari ini, tetapi cuaca – yang diperkirakan akan memburuk sepanjang hari – mengharuskan pembatalan aktivitas lintasan lebih lanjut setelah penutupan. balapan Moto2," demikian pernyataan resmi Dorna.

Pembatalan Sprint Race ini pun menimbulkan kontroversi juga. Banyak yang mempertanyakan mengapa Dorna tidak menempatkan Sprint Race MotoGP lebih awal sebelum Moto3 dan Moto2 sehingga masih bisa dilangsungkan.


Francesco Bagnaia Diuntungkan Pembatalan Sprint Race MotoGP Australia 2023

Balapan utama MotoGP Australia 2023 sendiri kemarin berlangsung lancar dan dalam kondisi kering. Balapan sangat seru. Jorge Martin yang memimpin sepanjang balapan harus kehilangan peringkat pertama dan finis kelima setelah disalip empat pembalap di lap terakhir.

Johann Zarco yang menjadi pemenang. Ini mnejadi kemenangan perdana Miller di kelas MotoGP. Francesco Bagnaia finis di urutan dua. Bagnaia memperlebar jarak dengan Martin di klasemen pembalap MotoGP menjadi unggul 27 angka.

Pembatalan Sprint Race ingin menguntungkan Bagnaia. Pasalnya tersedia 12 poin untuk bisa direbut Martin. Pembalap Pramac Ducati itu harusnya memulai Sprint Race dari pole position.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya