Bukan Lagi Pembalap Termahal MotoGP, Segini Gaji Marc Marquez di Gresini Racing

Marc Marquez menepis rumor rela membalap gratis bagi Gresini Racing pada MotoGP 2024.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 06 Nov 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 08:00 WIB
Aksi comeback Marc Marquez di balapan MotoGP Aragon 2022
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez menepis rumor rela membalap gratis bagi Gresini Racing pada MotoGP 2024. Meski begitu, dia mengaku rela tidak lagi mendapat gaji berlimpah dari trek.

Marquez memutus hubungan dengan Honda lebih cepat agar bisa mengendarai Ducati pada kompetisi tahun depan. Dengan begitu, statusnya sebagai pembalap dengan bayaran tertinggi pun menghilang.

Sebelumnya Marc Marquez dilaporkan mengantongi 18 juta euro per musim setelah meneken kontrak terbaru bersama Honda pada 2020.

Sosok berusia 30 tahun itu tidak masalah menghadapi situasi ini. Pasalnya, Marquez tidak pernah melihat uang sebagai motivasi utama.

“Prioritas pertama saya dalam karier adalah performa berkendara. Dalam gaya hidup saya di rumah dan di sirkuit adalah berusaha menemukan yang terbaik untuk tampil maksimal di trek balap,” kata Marquez dikutip Crash.

“Jadi bukan uangnya. Tentu uang penting. Saya akan berbohong jika membantahnya. Tapi terkadang saya perlu mengikuti kata hati,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Marc Marquez Senang dengan Upahnya di MotoGP 2024

Foto: Melihat Kedekatan Pembalap dan Penggemar di Sirkuit Mandalika dalam Kegiatan MotoGP Hero Walk
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (tengah), menyapa penggemar dalam kegiatan MotoGP Hero Walk di Sirkuit Mandalika, Lombok , Minggu (15/10/2023). (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Marquez mengaku sudah senang dengan upah yang diterimanya dari Gresini tahun depan. Namun, dia enggan merinci lebih jauh berapa nominal yang dikantonginya.

“Saya tidak pernah menjelaskan secara detail tentang aspek itu. Seperti yang Anda tahu, tidak ada yang tahu berapa gaji saya sekarang di Honda. Tidak ada yang tahu. Saya telah mendengar banyak angka, tetapi tidak ada yang tahu persisnya,” kata Marquez.

“Memang benar saya memiliki gaji tertinggi di MotoGP. Tapi saya senang dengan apa yang akan saya dapatkan tahun depan.”


Marc Marquez Belum Siap Samai Rekor Valentino Rossi

Marc Marquez, MotoGP Thailand
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez diberi izin untuk mencoba motor Ducati jelang MotoGP 2024 (AFP)

Keinginan untuk kembali bersaing mendorong Marquez untuk mengakhiri asosiasi dengan Honda. Namun, dia mengaku belum siap untuk terlibat perburuan gelar juara dunia. Artinya, Marquez rela masih tertinggal dari Valentino Rossi dalam hal jumlah gelar juara dunia.

Dia sudah menjadi juara dunia dalam delapan kesempatan, enam di antaranya di kelas utama. Dia defisit satu angka di belakang rival abadinya Rossi.

Pembalap asal Spanyol itu diprediksi bisa melampaui Rossi ketika memenangkan titel terakhir pada 2019. Marquez juga saat itu berada di usia emas.

Namun, dia mengalami kecelakaan horor di Jerez pada seri pembuka MotoGP 2020. Marquez kemudian memaksa tampil lebih cepat, tapi justru cederanya bertambah parah. Setelahnya Marquez gagal tampil konsisten di tengah masalah kebugaran.

“Saat ini, saya tidak berpikir untuk menyamai rekor Rossi karena kinerja saya sekarang jauh di bawah standar yang sebelumnya saya tetapkan. Saya tidak mungkin menyambut kompetisi 2024 dengan pendekatan seperti itu,” kata Marquez.

“Jelas saya akan mencoba memenangkan balapan. Sudah dua tahun saya tidak memenangkan seri.”

“Dengan statistik itu, saya tidak bisa berpikir bakal menjadi juara dunia. Pertama-tama, saya perlu membangun kepercayaan diri dan membangun dasar. Dari landasan itu saya mulai menjadi lebih cepat dan mencoba meningkatkan diri di masa depan,” sambungnya.

Infografis MotoGP 2023
Infografis MotoGP 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya