FOC 2024 Digelar di 8 Kota, Binaraga Terbaik Tiap Kota Ikut Event Internasional

Tiga binaraga terbaik di setiap kota penyelenggaraan akan lolos langsung ke event internasional di Jakarta tahun 2025.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Des 2023, 21:03 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 17:21 WIB
Binaraga Kekar dan Berotot
Ilustrasi Foto Pria Kekar dan Berotot (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta- Guna semakin meningkatkan semangat olahraga binaraga di Indonesia, FITlife Open Championship (FOC) akan kembali digelar. FOC 2024 bakal semakin semarak karena bakal berlangsung di delapan kota besar di Jakarta.

FOC 2024 merupakan edisi kedua setelah sukses besar pada tahun 2022 yang saat itu cuma digelar di Jakarta. Tak cuma kota yang bertambah, FOC 2024 hadir dengan kriteria kelas yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi badan dan kriteria otot masing-masing.

FITlife Open Championship merupakan ajang bagi para fitness mania agar dapat mempresentasikan keindahan otot yang didapatkan melalui latihan konsisten diiringi dengan penerapan gaya hidup sehat, secara lebih luas melalui event (FOC) masyarakat dapat terinspirasi dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga pola hidup yang sehat dan bugar.

Rangkaian FOC 2024 bakal dimulai dari kota Bandung pada pada 21 Januari 2024, berlanjut Yogyakarta pada 3 Maret 2024, dan Surabaya pada 7 Juli 2024.

Tak berhenti disitu FOC 2024 akan berlanjut ke Pulau Sulawesi tepatnya di Makassar pada 4 Agustus 2024, dan kemudian ke Sumatera di Medan pada 8 September 2024. Sedangkan di Batam, kepulauan Riau acara akan digelar pada 6 Oktober 2024 berlanjut di Pulau Kalimantan yang diselenggarakan di kota Pontianak pada 3 November 2024.

Acara akan berakhir di Bali sebagai penutupan kontes kejuaraan yang dilaksanakan pada 8 Desember 2024. Di setiap kota akan mempertandingan 3 dari total 5 kelas yang akan dipertandingkan mulai dari Junior Men’s Fitness, Men’s Fitness, Men’s Sport Physique, Master Classic 45+, serta kelas Women’s Fitness Model.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hadiah Spesial untuk Pemenang

Panitia Penyelenggara FOC 2024
Panitia Penyelenggara FOC 2024

"Kita ingin talenta berbakat di daerah juga bisa mendapatkan kesempatan unjuk kemampuan tak cuma di Jakarta. Pasti banyak talenta bagus di kota-kota lain. Kita lihat potensi besar sejak penyelenggaraan tahun pertama," ujar Michael Tan dari Komunitas Binaraga Indonesia.

Event ini menyediakan total hadiah Rp 200 juta. Yang lebih spesial, para juara 1 sampai 3 di tiap kota otomatis akan mendapatkan kesempatan ikut bertanding di event binaraga internasional yang akan digelar oleh FitLife di Jakarta pada Februari 2025.

"Kita bikin jarak tiap kota tidak berdekatan waktunya agar teman-teman bisa menyesuaikan mau tanding di kelas mana. Yang sudah ikut di satu kota bisa ikut di kota lain asalnya belum pernah menjadi juara 1 sampai 3. Kalau sudah juara kasih kesempatan buat yang lain," lanjut Michael.


Terbuka untuk Umum

"Ajang ini terbuka untuk umum tak membatasi dari federasi manapun, siapa saja boleh ikut. Penggunaaan suplemen juga tidak kita batasi. Yang penting fair play saja. Kita hadirkan juri-juri yang sudah perpengalaman seperti mantan atlet binaraga."

FOC 2024 menargetkan mampu menjaring sampai 200 binaraga. Pasalnya olahraga binaraga semakin berkembang usai berakhirnya pandemi Covid-19. FOC 2024 juga akan berlangsung di tempat-tempat keramaian seperti Mall.

"Kenapa dibikin di 8 kota? Karena antusias binaraga naik pasca Covid-19. Kita coba hidupkan kembali. Walau ini bukan langkah mudah harus selangkah demi selangkah. Agar semua punya kesempatan dan memotivasi agar bisa unjuk gigi. Ini juga menjadi ajang menggaet atlet-atlet yang sudah lama tidak tampil sejak Covid-19," ucap Victor Anggriawan, direktur utama FITlife Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya