Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Libya di Uji Coba Jelang Piala Asia 2023: Justin Hubner Absen?

Justin Hubner bersama dua pemain lain yaitu Elkan Baggott dan Sandy Walsh baru tiba di pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 1 Januari 2024. Bisakah mereka main?

oleh Defri Saefullah diperbarui 01 Jan 2024, 22:24 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2024, 19:00 WIB
Foto: Jelang Uji Coba Menghadapi Libya, Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong Geber Latihan di Turki
Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kiri) dan Rizky Ridho, melakukan kegiatan latihan fisik dalam pemusatan latihan di Turki, Jumat (22/12/2023). (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi Libya pada laga uji coba jelang Piala Asia 2023 yang berlangsung di Antalya, Turki. Uji coba bakal digelar dua kali pada Selasa (2/1/2024) besok dan Jumat (5/1/2024) mulai pukul 19.30 WIB.

Pecinta Timnas Indonesia bisa menyaksikan kedua laga tersebut lewat siaran langsung Indosiar dan vidio. Jelang duel nanti, Timnas Indonesia diharapkan sudah lengkap.

Tiga pemain yaitu Justin Hubner, Elkan Baggott dan Sandy Walsh dikabarkan baru hadir hari ini pada Senin, 1 Januari 2023. Ketiga pemain diprediksi belum siap untuk main pada laga uji coba melawan Libya.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dalam keterangannya mengatakan, staf pelatih harus melihat kondisi ketiga pemain sebelum memutuskan apakah bisa dimainkan atau tidak. Soalnya secara persiapan fisik, pemain lain lebih siap ketimbang 3 pemain yang gabung belakangan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong tidak bingung dengan kondisi ini. Dia masih punya 25 pemain yang disiapkan untuk dua laga uji coba melawan Libya.

STY akan menerapkan seluruh taktik yang sudah dicobanya saat pemusatan latihan Timnas Indonesia. Garuda baru sekali jumpa Libya pada 1977 lalu dan Indonesia kalah 0-4.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi STY Jelang Piala Asia 2023

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia menggelar latihan perdana di Antalya, Turki, dengan menu pemulihan fisik setelah melakukan perjalanan hampir 24 jam. (dok. PSSI)

Shin Tae-Yong mengawali pemusatan latihan dengan memberikan latihan fisik yang berat kepada pemain. Ini tujuannya agar pemain bisa tangguh menghadapi lawan berat di grup D seperti Jepang, Irak dan Vietnam.

Jelang menghadapi Libya, Shin Tae-Yong lebih mengutamakan latihan taktik. Ini dilakukan sejak dua hari lalu atau 30 Desember 2023

"Kondisi pemain secara umum baik. Dan kami membuat latihan dengan intensitas tinggi, semuanya dipersiapkan untuk Piala Asia 2023 di Qatar," kata Shin Tae-Yong lewat video di akun media sosial Timnas Indonesia.

"Dan materi latihan hari ini kita fokus latihan taktik. Bagaimana kita meruntuhkan lawan dalam ruang kecil dengan passing akurat."

 


STY Jaga Keakraban dengan Pemain

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia menggelar latihan perdana di Antalya, Turki, dengan menu pemulihan fisik setelah melakukan perjalanan hampir 24 jam. (dok. PSSI)

Meski latihan Timnas Indonesia berjalan dengan intensitas tinggi, namun pelatih Garuda Shin Tae-Yong punya cara untuk menjaga keakraban dengan pemain. Tak jarang cara-cara konyol dilakukannya.

Seperti saat ulang tahun Arkhan Fikri pada 28 Desember 2023 lalu, STY beradu jahil dengan pemainnya. Dia melumeri wajah Arkhan Fikri, Ramadhan Sananta dan beberapa pemain dengan kue ulang tahun.

Pemain pun tak tinggal diam. Mereka juga balas melumeri wajah Shin Tae-Yong dengan kue. Momen keakraban itu terulang lagi di latihan pada Sabtu 30 Desember 2023 lalu.

Kali ini, pemain menantang Shin Tae-Yong beradu cross bar Challenge atau menendang bola mengenai tiang tengah gawang. STY dan staf pelatih melawan para pemain Timnas Indonesia.

 


Prediksi Susunan Pemain Timnas Indoensia vs Libya

Asnawi Mangkualam
Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, melakukan latihan bersama jelang Piala Asia 2023. (dok. PSSI)

Dengan kekuatan 28 pemain, Shin Tae-Yong bisa membagi rata menit bermain untuk pemainnya di dua laga melawan Libya. Formasi pun bisa berubah dari 5-3-2 menjadi 4-2-3-1. Berikut prediksi susunan pemainnya:

Indonesia (5-3-2): Ernando Ari; Asnawi, Jordi Amat, Rizki Ridho, Shayn Pattynama, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani Rafael Struick

Indonesia (4-2-3-1): Ernando Ari; Asnawi, Jordi Amat, Rizki Ridho, Syahn Pattynama; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Ivar Jenner, Marselino; Rafael Struick/Dimas Drajad

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya