Ben Doak Gagal Bela Skotlandia di Euro 2024

Tim nasional Skotlandia kembali harus kehilangan pemain sayap muda berbakat Liverpool, Ben Doak akibat cedera lutut sejak Desember lalu.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 06 Jun 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 19:00 WIB
Foto: Jurgen Kloop Berdayakan Pemain Lapis Kedua saat Liverpool Melawan Union Saint-Gilloise
Pemain Liverpool, Ben Doak (kanan), berebut bola dengan pemain Union Saint-Gilloise, Kevin Mac Allister, dalam laga terakhir Grup E Liga Europa 2023/2024 yang berlangsung di Lotto Park, Brussels, Jumat (15/12/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Liputan6.com, Jakarta- Tim nasional Skotlandia mengalami pukulan berat menjelang Piala Eropa 2024. Pemain sayap muda Liverpool, Ben Doak, dipastikan absen karena cedera. Kehilangan Doak menambah daftar panjang pemain yang tidak bisa tampil dalam turnamen tersebut, hanya tiga hari setelah penyerang Queens Park Rangers, Lyndon Dykes, juga cedera saat latihan.

Ben Doak, pemain sayap berusia 18 tahun, yang dipandang sebagai talenta menjanjikan bagi timnas Skotlandia, harus absen karena cedera lutut yang dialaminya sejak Desember.

Meski belum sempat melakoni debutnya untuk tim nasional, performanya yang impresif di Liga Europa membuatnya diharapkan bisa menjadi opsi serangan yang berharga.

Sementara itu, absennya Lyndon Dykes, penyerang utama Skotlandia, menambah kesulitan bagi pelatih Steve Clarke. Dykes mengalami cedera dalam latihan, membuat Clarke harus mencari pengganti dalam waktu singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panggilan Darurat untuk Tommy Conway

Foto: Duel-Duel Sengit saat Bristol City Sikut West Ham di Piala FA, Diwarnai dengan Satu Kartu Merah
Pemain Bristol City, Tommy Conway (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang West Ham United pada laga putaran ketiga Piala FA 2023/2024 di Ashton Gate Stadium, Bristol, Inggris, Rabu (17/01/2024) WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Doak dan Dykes, Clarke memanggil Tommy Conway, pemain berusia 21 tahun dari klub lapis kedua Inggris, Bristol City.

Panggilan ini merupakan momen penting dalam karier Tommy Conway. Sebagai pemain yang belum pernah tampil untuk tim nasional senior, kesempatan ini merupakan lompatan besar dari divisi kedua Inggris ke panggung internasional.

Tommy Conway telah menempuh perjalanan panjang sebelum mendapatkan panggilan ke tim nasional. Lahir di Bristol, ia memulai kariernya di akademi Bristol City. Dengan kerja keras dan dedikasi, ia berhasil menembus tim utama dan menjadi salah satu pemain andalan klubnya. Musim ini, Conway menunjukkan performa yang konsisten, mencetak beberapa gol penting dan membantu Bristol City bersaing di Championship.

Conway diharapkan bisa memberikan kontribusi saat Skotlandia menghadapi Finlandia dalam pertandingan pemanasan terakhir pada hari Jumat (7/6/2024) mendatang, sebelum menghadapi Jerman dalam laga pembuka Euro 2024 di Munich pada 14 Juni. 


Tantangan Cedera di Lini Pertahanan

Foto: Momen Spanyol Beri Kekalahan Perdana untuk Skotlandia di Kualifikasi Euro 2024
Pemain Spanyol, Alejandro Balde (kanan) berusaha merebut bola dari pemain Skotlandia, Nathan Patterson pada laga Grup A Kualifikasi Euro 2024 di La Cartuja Stadium, Sevilla, Spanyol, Jumat (13/10/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Jose Breton)

Tidak hanya sektor penyerangan yang terganggu, Skotlandia juga harus kehilangan dua pilihan utama di posisi bek kanan. Aaron Hickey dari Brentford dan Nathan Patterson dari Everton, keduanya absen karena cedera. Selain itu, gelandang Bologna, Lewis Ferguson, juga harus absen. Ferguson baru saja terpilih sebagai gelandang terbaik Serie A musim ini dan berperan penting dalam membantu Bologna lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya.

Meskipun menghadapi banyak kendala, Skotlandia masih menunjukkan semangat juang yang tinggi. Mereka berhasil mengalahkan Gibraltar 2-0 dalam pertandingan pemanasan pertama pada hari Senin. Kemenangan ini memberikan sedikit dorongan moral bagi tim sebelum memasuki turnamen besar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya