Ditanya Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Asnawi Bocorkan Bakal Ada Pemain Baru

Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar membocorkan akan ada pemain baru di skuad Garuda sebelum mengikuti putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 12 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 06:00 WIB
Piala Asia 2023 Indonesia Vs Vietnam
Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. (AP Photo/Hussein Sayed)

Liputan6.com, Jakarta - Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar membocorkan akan ada pemain baru di skuad Garuda sebelum mengikuti putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Anak asuh Shin Tae-yong melaju ke fase tersebut usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Pada babak ketiga, Indonesia bakal bersaing melawan raksasa-raksasa Asia seperti Jepang, Korea Selatan, hingga Iran. Namun, Asnawi Mangkualam tetap percaya diri menghadapi kondisi tersebut. "Tentunya kami harus selalu optimis," ujar Asnawi.

Salah satu faktor yang meningkatkan optimismenya adalah kedatangan pemain-pemain baru yang akan bergabung sebelum persaingan berlanjut bulan September mendatang. Pemain baru ini diharapkan bisa membawa angin segar dan meningkatkan kualitas skuad Merah Putih secara keseluruhan.

"Karena banyak pemain-pemain yang akan datang nantinya akan saling berganti dan semua akan dipersiapkan di bulan September," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ujian Berat Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Para pemain starting XI Timnas Indonesia berdoa sebelum dimulainya pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Fase ketiga kualifikasi akan menjadi ujian sebenarnya bagi timnas Indonesia. Kehadiran tim-tim kuat membuat perjuangan Skuad Garuda bakal berat.

Nama-nama seperti Jepang, Korea Selatan, dan Iran adalah wakil langganan Asia ke Piala Dunia. Dengan sejarah panjang yang teruji, mereka juga punya komposisi pemain solid dan strategi permainan canggih.

Meski begitu, Asnawi tetap mengaku tidak gentar. "Kalau Korea dan Jepang sangat kuat, tapi kita juga punya kualitas yang cukup baik untuk saat ini dan mungkin akan bertambah lagi," tutur Asnawi.

Kepercayaan diri timnas Indonesia bukanlah tanpa alasan. Dalam beberapa pertandingan terakhir, performa Skuad Garuda terus menunjukkan peningkatan. Setiap laga menjadi pelajaran berharga, memperkuat strategi dan memperbaiki kelemahan.


Dukungan Suporter Timnas Indonesia Luar Biasa

Euforia Suporter Wanita Saksikan Langsung Laga Timnas Indonesia
Mereka pun tidak segan berbaur dengan suporter pria saat menyaksikan langsung laga timnas Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidak dapat dipungkiri, keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan luar biasa para suporter. Stadion yang dipenuhi oleh ribuan pendukung setia, dengan yel-yel semangat dan sorakan penuh antusias, memberikan motivasi tambahan bagi para pemain.

"Dengan dukungan suporter hari ini luar biasa, bisa membantu memotivasi seluruh pemain, dan tentunya bisa mendapatkan hasil yang baik," kata Asnawi. 

Suporter tidak hanya memberikan dukungan melalui kehadiran fisik di stadion, tetapi juga melalui sorakan, nyanyian, dan yel-yel yang membahana. Setiap seruan semangat dan nyanyian memberi suntikan moril yang tak tergantikan bagi para pemain. Dalam momen-momen kritis, ketika tekanan semakin tinggi, dukungan dari mereka menjadi penguat mental yang sangat dibutuhkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya