Prediksi Euro 2024 Spanyol vs Kroasia: Misi Menjawab Keraguan

Timnas Spanyol tak terlalu diunggulkan di Euro 2024. Mereka bertekad menjawab keraguan dengan mengalahkan Kroasia.

oleh Thomas diperbarui 15 Jun 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 10:00 WIB
Foto: Jalani Debut Bareng Timnas Spanyol, 5 Pemain Berikut Langsung Cetak Gol, Mulai Alfredo Di Stefano hingga Joselu
Selebrasi striker Timnas Spanyol, Joselu (kiri) setelah menjebol gawang Norwegia pada laga Grup A kualifikasi Euro 2024 di La Rosaleda Stadium, Malaga, Spanyol (25/3/2023). Joselu menjadi pemain teranyar yang mampu nmencetak gol dalam laga debutnya bersama Timnas Spanyol. Ia langsung menyumbang dua gol saat Timnas Spanyol menang 3-0 atas Norwegia dalam laga kualifikasi Euro 2024 (25/3/2023). (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Spanyol akan mengawali langkah di Euro 2024 dengan menghadapi Kroasia di Stadion Olympia, Berlin, pada Sabtu (15/6/2024) malam WIB. Laga pembuka ini menjadi ajang menjawab keraguan banyak pihak akan kelayakan skuad La Furia Roja.

Sebagai juara Euro tiga kali (1964, 2008 dan 2012), Spanyol sedikit tidak diunggulkan pada Piala Eropa 2024 ini. Maklum saja tim asuhan Luis de la Fuente tak memiliki pemain berlabel bintang utama seperti yang dimiliki Inggris, Prancis maupun Portugal.

Saking kurangnya pemain bintang di skuad Spanyol, pemain lawas seperti Alvaro Morata, Nacho Fernandez dan Daniel Carvajal masih jadi andalan De La Fuentes di Euro 2024 ini. Sisanya kebanyakan pemain-pemain muda minim pengalaman seperti Pedri dan Lamine Yamal.

Celakanya Spanyol harus masuk grup neraka. Mereka bertemu Krosia, Italia dan kuda hitam Albania. Untungnya Italia juga sama-sama tak diunggulkan di Euro 2024 ini. Apa yang terjadi di Spanyol juga dialami Italia. Gli Azzurri minim nama besar di timnya.

Karena persaingan yang sengit di Grup B, Spanyol harus memulai petualangan di Euro 2024 dengan kemenangan. Mereka bertekad mengalahkan Kroasia. Selain memuluskan langkah ke babak selanjutnya juga guna meningkatkan moral dan mengikis keraguan fans.

De La Fuentes sendiri yakin materi pemain yang dibawanya ke Jerman akan bisa membuat kejutan dengan menjuarai Euro 2024.

"Saya percaya bahwa kami memiliki peluang untuk menjadi juara turnamen ini. Namun hanya ada satu juara nantinya, dan ada banyak tim yang bagus bersaing untuk trofi juara ini. Saya rasa kami sudah siap bersaing di turnamen ini," ungkap De La Fuente beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menanti Yamal

Foto: Tajamnya Para Pemain Pengganti Spanyol saat Habisi Siprus Setengah Lusin Gol Tanpa Balas pada Kualifikasi Euro 2024
Ekspresi kecewa pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente saat menghadapi Timnas Siprus pada laga Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Granada, Spanyol, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Fermin Rodriguez)

Kondisi Spanyol juga dialami Kroasia. Mereka masih mengandalkan muka-muka lama. Bahkan pemain gaek Luka Modric masih menjadi starter dan kekuatan utama di sektor penyerangan. Modric akan ditemani Mateo Kovacic dan Marcelo Brozovic.

Perang di lini tengah ini akan sangat menarik. Spanyol coba mengimbanginya dengan Fabian Ruiz, Rodri dan Pedri. Sayangnya Kroasia tak bisa memainkan Ivan Perisic sejak awal. Dia belum bugar 100 persen setelah terkena cedera lutut serius belum lama ini.

Yang paling ditunggu dari duel Spanyol vs Kroasia adalah penampilan Yamal. Penggawa Barcelona ini bisa memecahkan rekor pemain termuda dalam sejarha yang main di Euro bila diturunkan. Yamal baru 16 tahun saat ini.

Rekor pertemuan sendiri masih memihak Spanyol. La Furia Roja menang di dua pertemuan terakhir, meski kemenangan tersebut tidak bisa didapat di waktu normal 90 menit pada ajang UEFA Nations League dan Euro 2020.

Kroasia terakhir kali bisa mengalahkan Spanyol pada tahun 2018 di ajang UEFA Nations League. Ketika itu mereka menang 3-2 berkat kegemilangan Tin Jedvaj yang mencetak brace termasuk gol penentu kemenangan di menit akhir.


Prediksi Susunan Pemain Spanyol vs Kroasia

Spanyol: Simon; Carvajal, Le Normand, Nacho, Grimaldo; Ruiz, Rodri, Pedri; Yamal, Morata, Williams

Kroasia: Livakovic; Stanisic, Sutalo, Pongracic, Gvardiol; Brozovic, Kovacic, Modric; Majer, Budimir, Kramaric

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya