Komentar Shin Tae-yong usai Resmi Perpanjang Kontrak dengan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung buka suara usai dirinya resmi memperpanjang kerja sama dengan PSSI hingga 2027. Apa katanya?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 29 Jun 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2024, 08:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara mengonfirmasi keputusannya melanjutkan kerja sama dengan PSSI melalui pernyataan di kolom komentar unggahan Instagram Erick Thohir pada Jumat (28/6/2024) sore WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong akhirnya resmi diikat perpanjangan kontrak oleh PSSI. Juru taktik asal Korea Selatan itu dipercaya menukangi skuad Garuda hingga 2027 mendatang.

Adapun pengumuman soal perpanjangan kontra Shin Tae-yong sebelumnya disampaikan langsung oleh Ketum PSSI Erick Thohir melalui unggahan di media sosial Instagram-nya pada Jumat (28/6/2024) sore WIB.

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu menyebut pihaknya sudah sepakat melanjutkan kerja sama dengan eks juru taktik Timnas Korea Selatan demi membawa sepak bola Tanah Air makin maju.

"Kami bersepakat untuk terus berjuang bersama agar Tim Nasional Indonesia semakin maju, berprestasi, dan mendunia," ujar Erick Thohir sembari mengunggah potretnya berjabat tangan bersama Shin Tae-yong.

Resminya penandatanganan kontrak baru oleh juru taktik asal negeri ginseng sekaligus mengakhiri saga kelanjutan masa depannya dengan Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sejatinya sudah cukup lama disodori kesempatan menyambung karier di skuad Garuda menyusul keberhasilan dia mencapai target dalam ajang Piala Asia 2023 serta melampaui ekspektasi di perhelatan Piala Asia U-23 2024.

Akan tetapi, pria berusia 53 tahun tak kunjung menandatangani perpanjangan tersebut, dengan rumor yang beredar mengeklaim Shin Tae-yong mulai menarik minat Timnas Korea Selatan, sehingga hal itu menimbulkan reaksi kekhawatiran dari publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Shin Tae-yong usai Perpanjang Kontrak dengan PSSI

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Barulah pada Jumat (28/6/2024) spekulasi publik soal masa depan STY berakhir menyusul munculnya pose jabat tangan sang pelatih dengan Ketum PSSI Erick Thohir.

Setelahnya, juru taktik asal Korea Selatan juga langsung angkat bicara mengonfirmasi keputusan melanjutkan kiprah di Timnas Indonesia melalui pernyataan yang dia lontarkan dalam kolom komentar unggahan Erick Toir.

"Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan Ketua (PSSI) Erick sampai 2027. Mohon beri dukungan sebanyak-banyaknya untuk sepak bola Indonesia," tulis Shin Tae-yong tak lama setelah fotonya bersama Ketum PSSI dipublikasikan.


Tugas Berat Shin Tae-yong

Foto: Shin Tae-yong Kasih Joget Tipis-Tipis usai Bawa Timnas Indonesia Bungkam Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berjoget saat para penonton meneriakkan namanya setelah laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/03/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Foto: Shin Tae-yong Kasih Joget Tipis-Tipis usai Bawa Timnas Indonesia Bungkam Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) berfoto bersama dengan ofisial, tim pelatih, dan pemain setelah laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/03/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dengan berlanjutnya kerja sama Shin Tae-yong dan PSSI, pelatih asal Korea Selatan kini dinanti tugas berat. Dia harus memimpin skuad Garuda yang tergabung dalam grup neraka di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berdasarkan hasil drawing pada Kamis (27/6/2024) lalu, Timnas Indonesia menjadi bagian dari grup C FIFA World Cup 2026 Qualifiers Round 3. Sandy Walsh dan kawan-kawan nantinya harus bersaing dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China demi mewujudkan mimpi tampil di panggung sepak bola terakbar dunia.

Sebanyak dua tim yang finis teratas di putaran 3 nantinya bakal langsung mengunci tiket menuju Piala Dunia. Sementara itu, peringkat tiga dan empat akan kembali diadu lewat putaran 4, dengan Asia memiliki kuota 8+1 dalam FIFA World Cup edisi mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya