Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia, PBSI Klaim Tim Medis Sudah Sesuai Prosedur

Kabid Humas PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Broto Happy menegaskan penanganan medis pada Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024 sudah sesuai prosedur.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 01 Jul 2024, 15:34 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 15:34 WIB
Zhang Zhi Jie
Zhang Zhi Jie, Sumber: Instagram (@badminton.ina).

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Broto Happy menegaskan penanganan medis pada Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024 sudah sesuai prosedur.

Penyelenggara turnamen mendapat kritik setelah pemain asal China Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat bertanding di GOR Amongrogo, Minggu (30/6/2024).

Tim medis dianggap terlalu lama memberi bantuan kepada Zhang Zhi Jie yang tiba-tiba pingsan. Namun, Broto menyatakan medis sudah menjalani tugas sesuai prosedur.

"Manajemen pertandingan di lapangan dikendalikan wasit. Jadi dalam video wasit belum memberikan arahan kepada tim medis ketika yang bersangkutan rubuh di lapangan dan tak berapa lama baru memberikan komando. Panitia penyelenggara sudah bekerja sesuai SOP secara maksimal," kata Broto pada keterangan pers, Senin (1/7/2024).

PBSI selanjutnya akan bersurat kepada BWF terkait kasus meninggalnya Zhang Zhi Jie di lapangan. Aspek teknis penanganan medis akan jadi salah satu topik yang dibahas.

"Kami akan berkirim surat ke BWF, semoga ada kajian aturan agar bisa lebih cepat demi keselamatan atlet," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Zhang Zhi Jie Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Bulu Tangkis
(ilustrasi)

Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah pingsan kala menghadapi wakil Jepang Kazuma Kawano. Dia terjatuh di lapangan yang menyebabkan tim medis langsung bergerak untuk memberikan pertolongan.

Badminton Asia dan PBSI dalam pernyataan resminya menjelaskan bahwa Zhi Jie langsung dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit. Akan tetapi, sang atlet tidak tertolong, dengan Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pukul 23.20 waktu setempat.

"Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin," tulis pernyataan bersama Badminton Asia dan PBSI.

"Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," tambah pernyataan yang sama.


Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024

Bulu Tangkis
(ilustrasi)

Badminton Asia dan PBSI selaku federasi bulu tangkis Tanah Air menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Zhang Zhi Jie pada Minggu (30/6/2024).

Bela sungkawa secara khusus ditujukan kepada orang tua, keluarga, serta Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) akibat kepergian pebulu tangkis muda berbakat tersebut.

"Badminton Asia, PBSI dan panitia enyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat," bunyi pernyataan resmi Badminton Asia dan PBSI.

Sekadar informasi, perhelatan Badminton Asia Junior Championships 2024 telah bergulir sejak 28 Juni lalu dan diagendakan masih berlangsung sampai 7 Juli mendatang.

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya