Hasil Panjat Tebing Olimpiade 2024: Drama Warnai Lolosnya Desak dan Rajiah ke 8 Besar, Sempat Divonis Terjatuh

Pemanjat tebing tebing putri Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah secara dramatis melaju ke babak delapan besar nomor speed Olimpiade 2024.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 06 Agu 2024, 18:52 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 19:49 WIB
Latihan Atlet Panjat Tebing Indonesia Desak Made untuk Olimpiade 2024
Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi lolos dramatis ke babak 8 besar Olimpiade Paris 2024. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Pemanjat tebing putri Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah secara dramatis melaju ke babak delapan besar nomor speed Olimpiade 2024 di Le Bourget Sport Climbing Venue, Senin (5/8/2024) malam WIB.

Desak dan Rajiah mengawali laga kualifikasi di babak penyisihan unggulan. Pada babak itu, Desak dan Rajiah, sama-sama melakukan dua kali panjatan tebing dan menjajal jalur A dan B.

Saat beraksi, Desak melawan wakil Prancis Capucine Viglione. Sedangkan Rajiah menghadapi Emma Hunt dari Amerika Serikat (AS). Namun, kontroversi mengiringi penampilan Desak. Papan waktu tidak berhenti ketika dia menyentuhnya meski terlihat mengungguli lawan. Atlet asal Bali itu bahkan kemudian dianggap gugur dan dihitung terjatuh. Kompetisi akhirnya ditunda dengan alasan kendala teknis.

Ketika kembali bergulir, Desak Made berhasil mencatatkan waktu 6,52 di jalur A dan 6,45 di jalur B. Dengan catatan waktu terbaik yang diraih yaitu 6,45 detik, dia menempati peringkat keenam.

Sementara Rajiah sukses meraih waktu 6,67 detik di jalur A dan 6,58 detik di jalur B. Catatan waktu terbaiknya, yakni 6,58 detik, sehingga dia harus puas menempati peringkat ketujuh di babak penyisihan unggulan.

Persaingan berlanjut ke babak penyisihan eliminasi. Berdasarkan catatan waktu di penyisihan unggulan sebelumnya, Desak Made bertemu Piper Kelly dari AS. Sedangkan rekannya bertemu wakil Spanyol, Leslie Adriana Romero Perez.

Babak itu menjadi penentu untuk kelolosan mereka ke babak delapan besar alias fase gugur. Hasilnya, Desak Made memastikan diri lolos ke perempat final setelah menaklukkan Kelly dengan catatan waktu 6,38 detik.

Namun, hasil positif dia tidak diikuti Rajiah. Sebab pada babak eliminasi ini, Rajiah terpeleset saat berhadapan dengan lawannya.

Tetapi, Rajiah berhasil mendapatkan tiket ke perempat final setelah satu tempat tersisa ditempati oleh atlet yang kalah di babak eliminasi, namun punya catatan waktu paling bagus di penyisihan unggulan.

Rajiah punya catatan paling baik di antara semua atlet yang kalah yakni 6,58 detik. Dia pun melaju ke perempat final Olimpiade Paris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan Emas Indonesia di Olimpiade Paris

Veddriq Leonardo
Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah memastikan tiket Olimpiade 2024 di Paris. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Indonesia menurunkan empat atlet pada panjat tebing Olimpiade Paris 2024. Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo bakal melakoni putaran kualifikasi, Selasa (6/8/2024).

Cabor ini jadi andalan tersisa Indonesia untuk membawa pulang emas menyusul kegagalan bulu tangkis. Harapan lain juga ada di angkat besi dengan turunnya Eko Yuli Irawan (-61kg putra), Rizki Juniansyah (-73kg putra), dan Nurul Akmal (+81kg putri).


Perolehan Medali Indonesia di Olimpiade Paris

Gregoria Mariska Tunjung
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung (kanan), berfoto bersama pebulutangkis Korea Selatan, An Se-young, dan pemain China, He Bing Jiao, setelah menerima medali perunggu Olimpiade Paris 2024 di Port de la Chapelle Arena, Senin (5/8/2024). (NOC Indonesia/Wahyu Putro A/ ANTARA)

Hingga Senin (5/8/2024) malam WIB, Indonesia baru merebut satu medali pada Olimpiade Paris 2024. Torehan tersebut dipersembahkan tunggal putri bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya