Musibah Andreas Christiansen Jadi Berkah untuk Dani Olmo

Barcelona akhirnya bisa menurunkan Dani Olmo pada laga LaLiga melawan Rayo Vallecano, Rabu (28/8/2024) dini hari, dengan status sementara yang disetujui oleh LaLiga.

oleh Salma Sophiatunnisa diperbarui 27 Agu 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 20:00 WIB
Foto: Kerap Cetak Pemain Berkualitas, Ini Dia 5 Penjualan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah, Ada Dani Olmo yang Hijrah ke Barcelona
Dalam beberapa musim terakhir, klub Jerman RB Leipzig menjadi salah satu klub pemasok pemain-pemain berkualitas berharga mahal dalam tiap bursa transfer pemain di Eropa. Dari beberapa pemain yang dilepas RB Leipzig, lima pemain berikut menjadi penjualan termahal klub sepanjang sejarah. Siapa saja? Simak uraiannya berikut ini. (AFP/Manaure Quintero)

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona akhirnya bisa menurunkan Dani Olmo pada laga LaLiga melawan Rayo Vallecano, Rabu (28/8/2024) dini hari, dengan status sementara yang disetujui oleh LaLiga.

Olmo, yang direkrut dari RB Leipzig senilai 55 juta euro musim panas ini, absen pada dua pertandingan awal musim ini karena Barcelona tidak bisa mendaftarkannya. Klub Catalunya itu terhalang kondisi buruk finansial klub.

Beberapa sumber pun menyatakan peluang Olmo tampil dalam waktu dekat sangat kecil. Namun, cedera yang menimpa Andreas Christiansen membuka pintu Barcelona. 

Pasal 77 dalam aturan LaLiga mengenai Pengaturan Anggaran membebaskan klub melampaui batas pengeluaran jika ada pemain yang absen akibat cedera panjang. Christiansen masuk kategori itu. Dia bakal terkapar empat bulan menyusul gangguan Achilles.

 

Situasi ini memungkinkan Barcelona menggunakan alokasi 80 persen dari gaji bek asal Denmark itu demi mendaftarkan pemain lain untuk sementara waktu.

Agar mendapat persetujuan dari LaLiga, Barcelona selanjutnya mengirimkan laporan medis Christiansen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barcelona Obral Pemain demi Luangkan Anggaran Klub

La Liga Barcelona vs Athletic Bilbao
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski berselebrasi setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Athletic Bilbao pada laga jornada 2 La Liga 2024/2025 di Estadi Olimpic Lluis Companys, Minggu (25/8/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Barcelona sebelumnya sudah membuka ruang pada anggaran klub dengan beraktivitas di bursa transfer. Mereka melepas Ilkay Gundogan, Vitor Roque, Mika Faye, dan Clement Lenglet dalam sepekan terakhir. Ke depannya, Barcelona berharap bisa mendaftarkan Olmo dan Christiansen pada bursa transfer Januari 2025. 

Saat ini mereka tidak sabar menggunakan jasa Olmo, produk asli akademi klub yang kemudian pergi ke Kroasia untuk menimba pengalaman di usia 16 tahun. Olmo kemudian berkembang bersama Dinamo Zagreb sebelum dipinang RB Leipzig pada 2020.


Barcelona Sudah Pernah Gunakan Taktik Serupa

Sevilla vs Barcelona
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez berbicara dengan para pemainnya selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Sevilla dan FC Barcelona di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville, Spanyol, Minggu, 26 Mei 2024. (AP Photo/Fermin Rodriguez)

Barcelona sudah pernah menggunakan taktik serupa demi mendaftarkan pemain baru di tengah buruknya kondisi keuangan klub. Pada Januari 2024, mereka mendaftarkan Vitor Roque ketika Gavi cedera. El Azulgrana juga memasukkan Inigo Martinez ketika Ronald Araujo lama menghilang akibat masalah kebugaran.

Seperti diketahui, klub Spanyol dikenakan batasan pengeluaran yang ditentukan oleh perbedaan antara pendapatan tim, dikurangi pengeluaran non-olahraga dan pembayaran utang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya