Pelita Jaya Pertahankan Gelar Juara Pramusim NBL

Pelita Jaya Energi-MP Jakarta sukses mempertahankan gelar juara turnamen pramusim Speedy Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia 2013.

oleh Liputan6 diperbarui 30 Sep 2013, 02:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2013, 02:30 WIB
nbl-preseason-130930a.jpg

Pelita Jaya Energi-MP Jakarta sukses mempertahankan gelar juara turnamen pramusim Speedy Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia 2013 setelah mengalahkan CLS Knights 65-54 di DBL Arena Surabaya, Ahad (29/9/2013) malam.

Kemenangan ini sekaligus mengulangi prestasi yang diraih Andi "Batam" Poedjakesuma dan kawan-kawan pada turnamen serupa tahun lalu ketika mereka juga mengalahkan lawan yang sama CLS Knights di laga final.

Selain itu, Pelita Jaya juga mencatatkan diri sebagai tim pertama yang mampu merebut gelar juara secara beruntun sepanjang empat kali penyelenggaraan turnamen pramusim NBL Indonesia.

Pada turnamen 2010 di Malang, gelar juara direbut Satria Muda Britama Jakarta, kemudian CLS Knights Surabaya ganti meraih gelar pada edisi 2011. Namun, ambisi CLS untuk mengulang prestasi di laga final keempatnya secara beruntun tahun ini harus kembali kandas.

Bertanding di hadapan ribuan penonton yang mendukungnya, CLS Knights tampil agresif di kuarter pertama dengan mendulang 16 angka, meninggalkan Pelita Jaya yang hanya mencetak 10 angka.

Pelita Jaya yang mulai panas menunjukkan ketangguhannya dengan serangkaian serangan cepat dari Andi Batam, Ary Chandra dan Ponsianus Nyoman Indrawan untuk menekan lawan. Pelita Jaya mampu membalikkan keadaan untuk memimpin 30-28.

Dominasi Pelita Jaya terus berlanjut pada kuarter ketiga, saat pemain CLS Knights kesulitan menembus pertahanan dan kehilangan banyak poin akibat lemahnya akurasi tembakan. Andi Batam dan kawan-kawan makin menjauh 47-35.

Memasuki kuarter terakhir, CLS berusaha bangkit dan mencetak tambahan lima angka di menit-menit awal, tetapi Pelita Jaya dengan cepat membalasnya dan mengakhiri perlawanan CLS Knights dengan skor 65-54.

Andi Batam memimpin rekan-rekannya dengan mencetak "double-double", yakni 16 angka dan 15 "rebound", disusul Ary Chandra yang menambah 15 angka dan Ponsianus Indrawan menyumbangkan 14 angka.

Dari kubu CLS Knights, poin terbanyak dibukukan A Ngurah Wisnu Budidharma dengan 12 angka, kemudian Dwi Naryoko dan Dimaz Muharri masing-masing mencetak 11 dan 10 angka.

Pada laga sebelumnya di perebutan tempat ketiga, juara NBL Indonesia 2012/2013 Dell Aspac Jakarta berhasil mengatasi perlawanan tim sekotanya Satria Muda Britama dengan skor 79-51.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya