Daftar Penyebab Orang Gemar Menyebar Hoaks

Berikut penyebab orang gemar menyebar hoaks.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 01 Sep 2020, 07:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks merupakan salah satu masalah di tengah derasnya arus informasi. Namun, hal ini pun tidak timbul begitu saja, sebab ada orang yang memang gemar menyebar kabar tanpa memastikan benar atau salahnya.

Dikutip dari brilio.net, berikut penyebab orang gemar menyebar hoaks.

1. Bangga Jadi yang Pertama Kali Menyebarkan

Menjadi orang yang pertama kali menyebarkan sesuatu di media sosial jadi suatu kebanggaan tersendiri. Karena alasan ini, banyak pengguna media sosial nggak memperhatikan apakah apa yang mereka sebarkan itu benar atau bohong.

2. Suka Berbagi, Malas Membaca

Bagi sebagian orang, membagikan postingan di media sosial adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bebas berekspresi, di media sosial juga orang merasa jadi diri sendiri. Menyedihkannya, minat berbagi ini nggak diimbangi dengan minat membaca yang tinggi.

3. Gemar Mencari Sensasi

Saat menemukan sesuatu yang menghebohkan, banyak orang yang secara refleks membagikan suatu postingan. Tanpa mencari tahu beritanya asli atau hoax, yang penting cari sensasi dengan membagikan berita yang heboh. Bahkan, banyak juga orang yang memang menyadari itu hoax, tapi tetap membagikannya. Semua demi sensasi, demi agar dikenal dan kepuasan diri sendiri.

4. Nggak Tahu Itu Hoax

Sebagian di antara penyebar hoax, banyak yang nggak tahu apa itu hoax. Mereka tahunya hanya membagikan postingan orang karena tertarik dengan judul, foto, atau isinya saja. Tujuannya sih mulia, supaya orang lain juga tahu kabar tersebut. Tapi sayangnya, dia nggak tahu kalo itu hoax.

5. Ikutan Tren

Semakin banyak dibicarakan dan semakin banyak dibagikan, maka akan semakin viral sebuah video atau postingan orang. Dampaknya hal itu seolah menjadi tren. Karena ingin ikutan tren yang sedang ramai, jadi mereka pun ikut menyebarkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya