Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja Pertamina untuk Tahun 2021, Simak Buktinya

Disebutkan dalam postingannya, Pertamina membuka lowongan kerja untuk tahun 2021.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 30 Des 2020, 12:00 WIB
Diterbitkan 30 Des 2020, 12:00 WIB
Hoaks lowongan kerja Pertamina untuk tahun 2021.jpg
Hoaks lowongan kerja Pertamina untuk tahun 2021. (Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik akun Facebook Agung Prasetyo membagikan poster dengan klaim lowongan kerja dari Pertamina. Disebutkan dalam postingannya, Pertamina membuka lowongan pekerjaan untuk tahun 2021.

Agung Prasetyo mengunggah klaim lowongan kerja Pertamina di beberapa grup Facebook, salah satunya Loker Prabumulih. Begini narasinya:

"Lowongan Kerja Pertamina Terbaru Januari 2021."

Disebutkan dalam poster lowongan kerja itu, Pertamina mencari security, driver, sekretaris, hingga pegawai SPBU. Lowongan kerja ini dibuka hingga 3 Januari 2021.

Disebutkan pula kalau pelamar harus menyerahkan surat lamaran kerja melalui email: recruitment.pertamina@email.com. Kemudian ada format ketika mengirim email, yakni mencantumkan nama, nomor handphone, hingga domisili.

Lalu, benarkah itu merupakan lowongan kerja dari Pertamina yang sesungguhnya? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Unit Manager Communication & CSR Jawa Tengah & DIY Pertamina Andar Titi Lestari. Dia memastikan kalau klaim itu hoaks.

"Itu tidak benar alias hoaks. Resminya ada di website kita. Diluar website kita berarti hoaks," katanya kepada Cek Fakta Liputan6.com, Rabu (30/12/2020).

Kemudian, Cek Fakta Liputan6.com juga menggunakan CrowdTangle untuk menguatkan bantahan dari klaim ini. Kami mencarinya dengan kata kunci Pertamina.

Hasil penelusuran mengarahkan ke Instagram resmi Pertamina. Di sana ada unggahan pada 29 Desember 2020 yang menyebut postingan di akun Agung Prasetyo tidak benar. Bahkan, Pertamina melabeli poster lowongan perkerjaan itu dengan kata: "PENIPUAN".

Berikut ini bantahan dari pihak Pertamina di akun Facebook resmi mereka:

"Info resmi recruitmen hanya melalui recruitment.pertamina ya, sobat."

 

Bantahan pertamina
Bantahan pertamina

Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Lowongan kerja Pertamina untuk tahun 2021 yang beredar di Facebook merupakan informasi hoaks. Sebabnya, alamat email yang tercantum di poster tersebut bukan milik Pertamina.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya