Cek Fakta: Hoaks Kabar Titiek Puspa Meninggal Dunia pada 26 Oktober 2021

Beredar kabar hoaks artis senior Titiek Puspa meninggal dunia pada 26 Oktober 2021.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 03 Nov 2021, 15:00 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2021, 15:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Titiek Puspa Meninggal Dunia pada 26 Oktober 2021 (sumber: YouTube).
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Titiek Puspa Meninggal Dunia pada 26 Oktober 2021 (sumber: YouTube).

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai artis senior Titiek Puspa meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 26 Oktober 2021.

Channel YouTube tersebut mengunggah sebuah video berjudul "‼️INNALILL4HI‼️ARTIS SENIOR LEGENDARIS MENINGG4L DUNI4, BERITA DUK4 EYANG TITIEK PUSPA, Smga Almh.."

Thumbnail video tersebut memperlihatkan foto Titiek Puspa dan prosesi pemakaman. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"BERITA DUK4 TITIEK PUSPA ARTIS SENIOR INI MENINGG4L DUNI4," demikian narasi dalam video tersebut.

Lalu, benarkah Titiek Puspa meninggal dunia pada 26 Oktober 2021? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tersebut lewat Google Search dan menggunakan kata kunci "titiek puspa meninggal dunia". Namun, tidak ada artikel yang menyebut bahwa Titiek Puspa meninggal dunia.

Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan artikel yang membantah kabar tersebut. Artikel tersebut berjudul "Titiek Puspa Dikabarkan Meninggal Dunia, Inul: Eyang Cuma Tertawa" yang dimuat situs okezone.com pada Selasa 2 November 2021.

JAKARTA - Beberapa bulan terakhir, berbagai berita hoax tentang berpulangnya sederet selebriti membuat resah publik. Artis senior Titiek Puspa menjadi salah satu pesohor yang kena imbas isu tersebut.

Kabar hoax itu muncul setelah pelantun Kupu-kupu Malam itu menuliskan ucapan belasungkawa atas berpulangnya Elly Kasim. Namun artis 84 tahun itu, menanggapi santai rumor tersebut.

Titiek Puspa menganggap, pemberitaan itu sebagai doa agar dirinya selalu sehat dan berumur panjang.

“Banyak yang bikin berita hoax dan ngawur. Tapi Eyang (Titiek Puspa) cuma tertawa dan tersenyum,” ujar Inul, sahabat sang artis dalam unggahannya.

“Dia bilang, ‘Biarkan saja sak karepe yang ngomong dan menulis.’ (Berita seperti) itupun dianggapnya sebagai doa yang baik,” ungkap pemilik Goyang Ngebor tersebut menambahkan.

Di tengah isu meninggal dunia itu, Titiek Puspa merayakan usianya yang ke-84, pada 1 November 2021. Momen tersebut dirayakan Inul dengan mengunggah kebersamaannya dengan aktris Ini Kisah Tiga Dara tersebut.

“Selamat panjang umur 84 tahun kesayangan Inul, @titiekpuspa_official. Sehat selalu dan panjang umur dan jadi kebanggaan kita semua. Masya Allah 84 tahun, Eyang,” tutur Inul Daratista.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi akun Instagram resmi Titiek Puspa, @titiekpuspa_official. Akun Instagram @titiekpuspa_official masih aktif mengunggah sejumlah konten. Salah satunya konten yang diunggah pada 26 Oktober 2021.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @titiekpuspa_official.

"Selamat pagi semuanyaaa, apa kabar? 😘

Semoga kalian semua sehat-sehat yaa, disini Eyang alhamdulillah juga sehat menjalani aktivitas sehari-hari eyang 🥰

Eyang hanya ingin tanya kabar kalian saja karena Eyang sudah lumayan lama tidak aktif di Instagram, yuk komen dibawah yaa tentang kabar kalian 😃

Terima kasih semuanyaa, salam cinta dan doa selalu dari Eyang Titiek 🥰❤️

#TitiekPuspa" tulis akun Instagram @titiekpuspa_official.

 

Referensi:

https://celebrity.okezone.com/read/2021/11/02/33/2495281/titiek-puspa-dikabarkan-meninggal-dunia-inul-eyang-cuma-tertawa?page=2

https://www.instagram.com/titiekpuspa_official/

 


Kesimpulan

Kabar tentang artis senior Titiek Puspa meninggal dunia pada 26 Oktober 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya