Tekan Penyebaran Covid-19, Vietnam Buat Ruang Disinfeksi Gratis untuk Umum

Vietnam buat ruang disinfeksi guna cegah penularan virus Corona.

oleh Camelia diperbarui 17 Mar 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2020, 15:00 WIB
Vietnam buat ruang disinfektan guna cegah penularan virus Corona
foto: Vietnamtimes

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam baru-baru ini membuat inovasi canggih guna mencegah penularan Virus Corona Covid-19. Tim dari National Institute of Occupational and Environmental Health bekerja sama dengan Hanoi University of Science and Technology membuat ruang disinfeksi untuk warga Vietnam.

Ruang disinfeksi tersebut dilengkapi dengan alat yang bisa mengeluarkan ion air garam untuk “membersihkan” tubuh siapa saja yang masuk ke dalamnya. Melansir dari Vietnamtimes, Selasa (17/3/2020), saat ini terdapat beberapa ruangan disinfeksi yang diletakkan di beberapa tempat umum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Vietnam buat ruang disinfektan guna cegah penularan virus Corona
foto: Vietnamtimes

Siapa pun bisa menggunakannya secara cuma-cuma alias gratis. Hanya butuh 15-20 detik saja untuk membersihkan tubuh seseorang. Ruang disinfeksi ini dirancang secara mobile sehingga dapat dengan dipindahkan. Tak tanggung-tanggung, kapasitas ruang disinfeksi tersebut bisa mencapai hingga 1.000 orang per hari.

Doan Hong Hai, kepala institut tersebut mengatakan bahwa ruangan ini diklaim bisa membasmi virus hingga 99,9% pada permukaan seperti di pakaian, tas hingga sepatu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Dilengkapi dengan sensor

Vietnam buat ruang disinfektan guna cegah penularan virus Corona
foto: Vietnamtimes

Ruangan tersebut tentunya dilengkapi dengan sensor infamerah yang akan otomatis menyala ketika ada orang yang masuk ke dalamnya.

"Di dalam ruang disinfeksi tersebut terdapat sensor inframerah sehingga secara otomatis akan mengaktifkan proses penyemprotan begitu orang masuk ke dalamnya," kata Doan Hai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya