Bang Chan Stray Kids hingga Jay B GOT7, Idol K-Pop Ini Juga Berkarier Sebagai Produser

Nama-nama besar seperti RM BTS, Suga BTS, dan Joohoney Monsta X merupakan contoh dari banyak artis yang melakukan self producing untuk grup mereka.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 16 Okt 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 13:00 WIB
Stray Kids Bang Chan 'CASE 143' on Inkigayo 221009
Stray Kids Bang Chan 'CASE 143' on Inkigayo 221009 (Twitter: SBS Inkigayo)

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh grup di industri K-Pop memiliki ciri khas mereka masing-masing, dalam hal penampilan panggung dan warna musik mereka. Ini membuat beberapa idol K-Pop yang melakukan self-producing memiliki keistimewaannya tersendiri.

Artis yang menulis lirik dan menyusun musiknya sendiri, akhir-akhir ini mencuri perhatian banyak penggemar. Cara mereka memanfaatkan ruang untuk mengungkapkan isi pemikiran mereka, membuat musik yang diciptakan memiliki warna yang berbeda dari yang lainnya.

Dilansir dari The KRAZE, idol K-Pop yang melakukan self-producing bukan fenomena baru. Hal ini telah dilakukan sejak masa K-Pop generasi awal, yaitu saat Kangta melakukan debut solo pertamanya di 2001 dan menulis tujuh dari lima belas judul lagu dalam albumnya, Polaris.

Sebelumnya, Kangta sempat debut dalam sebuah boy group di 1996 di bawah SM Entertainment. Grup ini juga menjadi grup K-Pop pertama yang memimpin awal terjadinya Korean Wave dengan lagu "Descendants of Warrior" dan "Candy".

Kegiatan self-producing ini pun dilanjutkan oleh beberapa artis generasi selanjutnya. Salah satu idol K-Pop yang dianggap sebagai self-produced idol terbaik dari SM Entertainment adalah Jonghyun SHINee. Dirinya lanjut menulis lirik untuk lagu-lagu selanjutnya, setelah mendapatkan credit pertama untuk menulis lagu "Juliette" di 2009.

Tradisi menciptakan musik mereka sendiri pun berlanjut dilakukan oleh beberapa grup terkenal saat ini. Nama-nama besar seperti RM BTS, Suga BTS, dan Joohoney Monsta X merupakan contoh dari banyak artis yang melakukan self-producing untuk grup mereka.

Tidak berhenti sampai disitu, beberapa grup K-Pop generasi keempat turut ikut serta menciptakan musik yang sesuai dengan identitas mereka. Cara ini membuat lagu yang mereka bawakan memiliki kesan identik dengan penampilan grup mereka. Grup seperti Stray Kids, ATEEZ, dan (G)I-DLE adalah grup generasi keempat yang dikenal karena melakukan self-producing.

 


1. Bang Chan Stray Kids

Bang Chan Stray Kids on Video Call Event
Bang Chan Stray Kids on Video Call Event (Twitter: @Stray_Kids)

Leader dari grup Stray Kids ini sering mendapat julukan "best leader" dari para penggemarnya. Idol yang memiliki nama lain Christopher Bang ini berkebangsaan asli Korea-Australia. Lahir pada tanggal 3 Oktober dan termasuk dalam barisan idol yang lahir di 1997.

Sebelum debut bersama Stray Kids, Bang Chan sempat menghabiskan waktu selama tujuh tahun sebagai trainee di JYP Entertainment. Dirinya melakukan audisi di 2010 dengan misi ingin mengejar impiannya untuk menjadi entertainer.

Selama masa training, ia terus mengarah kemampuannya dalam menyanyi, menari, rapping, dan produksi lagu. Pada masa itu juga dirinya mulai bertemu dengan trainee lain, Changbin dan HAN, sampai membentuk self-produced group 3RACHA di 2017.

Berbeda dengan pembentukan grup lainnya, JYP memercayai Bang Chan untuk menyusun konsep dan memilih anggota grupnya sendiri. Bersama ketujuh anggota lainnya, Bang Chan berhasil membentuk Stray Kids menjadi grup K-Pop yang kita ketahui saat ini.

Sebagai leader grup, Bang Chan selalu meletakkan setiap anggotanya sebagai prioritas utama. Para penggemar melihatnya tidak hanya sebagai sosok yang telah membentuk Stray Kids, tetapi juga sebagai seseorang yang selalu merawat dan memerhatikan "anak-anak"nya.

Kini, Bang Chan menjadi idol K-Pop termuda yang memiliki kredit lagu terbanyak sesuai Korean Music Copyright Association (KOMCA), yaitu dengan total 137 kredit.


2. Hongjoong ATEEZ

Hongjoong ATEEZ Teaser Image
Hongjoong ATEEZ Teaser Image (Twitter: @ATEEZofficial)

Lahir pada tanggal 7 November 1998, Hongjoong merupakan seorang leader dari grup ATEEZ. Idol dengan nama lengkap Kim Hongjoong ini debut bersama ATEEZ pada 24 Oktober 2018, dengan delapan anggota yang lahir dalam kurun tahun 2018 dan 2000.

Selain menjabat sebagai ketua dan komposer, Hongjoong juga memegang posisi sebagai rapper dalam grupnya. Selama masa training di KQ Entertainment, dirinya pernah mengikuti beberapa audisi acara survival show, MIXNINE di 2017.

Di antara kontestan lainnya, dirinya sempat masuk ke peringkat tujuh sebelum tereliminasi di episode kesepuluh. Akan tetapi, Hongjoong berhasil debut di tahun selanjutnya bersama ATEEZ, dengan judul lagu "Treasure" dan "Pirate King".

Berdasarkan catatan dalam KOMCA tahun lalu, Hongjoong sempat masuk ke dalam peringkat sepuluh besar sebagai idol K-Pop termuda yang memiliki kredit lagu terbanyak.


3. Jeon Soyeon (G)I-DLE

Jeon Soyeon (G)I-DLE
Jeon Soyeon (G)I-DLE (Instagram: @tiny.pretty.j)

Soyeon dikenal sebagai penyanyi, rapper, singer, sampai producer dari girl group (G)I-DLE. Dirinya lahir pada 26 Agustus 1998 dan sempat debut sebagai anggota I.O.I.

Soyeon tidak jarang tampil dalam acara kompetisi rap, salah satunya adalah Unpretty Rapstar pada Juli 2016. Pada 2 Mei 2018, Soyeon berhasil debut bersama (G)I-DLE, setelah menandatangani kontrak bersama Cube Entertainment.

Selain memegang posisi sebagai rapper, Soyeon ikut berpartisipasi dalam menulis lirik dan mengaransemen lagu "Latata" dan "Hann". Setelah salah satu anggota, Soojin meninggalkan grup di 2021, (G)I-DLE kini berdiri dengan lima anggota, yaitu Miyeon, Minnie, Soyeon, Yuqi, dan Shuhua.

Beberapa tahun lalu, dirinya sempat melakukan kolaborasi dengan DJ HYO, salah satu anggota girl group Girls' Generation. Bersama rapper Loppy, mereka membawakan lagu "Dessert" di 2020.


4. Woozi SEVENTEEN

Woozi SEVENTEEN
Woozi SEVENTEEN (Twitter: @pledis_17)

Idol yang memiliki nama asli Lee Jihoon ini memegang posisi sebagai leader tim vokal dan produser lagu grup Seventeen di bawah Pledis Entertainment. Woozi lahir pada 22 November 2016. Sebagai leader dan produser musik grup, dirinya kerap merasa khawatir setiap kali menulis lagu untuk grupnya. Sebab ketika grupnya gagal, Woozi merasa hal tersebut akan menjadi salahnya.

Bersama Seventeen, Woozi debut bersama dua belas anggota lainnya pada 26 Mei 2015. Dirinya telah menulis dan memproduksi seluruh lagu dalam album debut Seventeen.

Woozi pun sudah memulai debut solo pertamanya tahun ini, membawakan mixtape "Ruby". Meskipun ini debut pertamanya, lagu ini bukanlah lagu solo pertamanya.

Berdasarkan catatan KOMCA, Woozi mempunyai kredit lagu sebanyak 137 kredit, tahun ini. Dirinya juga sempat menulis lagu untuk beberapa artis lain, seperti Ailee dan Eric Nam dan mendapat kredit untuk lagu "Downpour".


5. Jay B GOT7

Jay B GOT7
Jay B GOT7 (Twitter: @GOT7)

Lim Jae Bum atau Jay B melakukan debut pertamanya di 2012 bersama Park Jinyoung dalam JJ Project di bawah JYP Entertainment. Debutnya bersama GOT7 menjadi debut keduanya di 2014.

Sebagai keenam anggota GOT7 lain, Jay B yang dulu memiliki nama panggung JB, menjabat sebagai leader dan turut memegang posisi sebagai vokalis dan penulis lagu.

Selama bersama GOT7 juga dirinya sempat membentuk subunit. Berdua bersama Yugyeom, Jay B memberikan mereka nama Jus2 dan tampil dengan lagu "Focus on Me". Di 2021 lalu, mengiringi habisnya kontrak dengan JYP Entertainment, GOT7 meninggalkan perusahaan tersebut dan berusaha menjalani karier solo.

Namun tidak ada kabar pembubaran dari grup. Hal ini dibuktikan melalui perilisan lagu "Na Na Na" dari GOT7 tahun ini, yang hadir dengan logo terbaru. Jay B sendiri bergabung bersama H1GHR music dan melakukan debut solonya dengan nama panggung saat ini, yaitu Jay B. Belum lama ini, albumnya yang bertajuk Be Yourself juga sempat menduduki peringkat pertama iTunes di beberapa negara.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya