Dokter Gigi Ungkap 7 Tanda Awal Kanker Mulut, Apa Saja yang Harus Diwaspadai?

Dokter gigi mengungkapkan 7 tanda awal kanker mulut. Apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 18 Jan 2023, 14:05 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 14:05 WIB
Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi sakit gigi (foto: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Kasus kanker mulut mungkin jarang terdengar, namun kasusnya meningkat lebih dari sepertiga dalam satu dekade terakhir. Mengutip dari Mirror, sebagai contoh, The Oral Health Foundation (OHF) mengungkapkan bahwa 8.864 orang di Inggris didiagnosis menderita kanker mulut tahun lalu. Angka ini naik 34 persen dibandingkan 10 tahun lalu.

Pada laporan terbaru yang telah dirilis, ditemukan bahwa 3.034 orang kehilangan nyawa karena kanker mulut tahun lalu. Ini meningkat hampir 20 persen dalam lima tahun terakhir. Yang lebih menyedihkan, tingkat kelangsungan hidup untuk penderita kanker mulut hampir tidak membaik selama 20 tahun terakhir karena pasien biasanya terlambat didiagnosis.

Menurut OHF, lebih dari setengah dari semua kanker mulut didiagnosis pada stadium IV - di mana kanker telah berada pada stadium paling lanjut.

Dokter gigi kosmetik dan pemimpin klinis SmileStraight, Sundeep Patel, mengatakan kepada Mirror: "Meningkatnya kasus kanker mulut dan mulut sangat mengkhawatirkan, inilah mengapa sangat penting untuk meningkatkan kesadaran untuk memastikan orang menemukan gejala lebih awal."

“Peningkatan ini terutama disebabkan oleh perubahan kebiasaan gaya hidup masyarakat. Merokok dengan tembakau, tidak cukup makan buah dan sayuran, serta minum alkohol semuanya dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut."

"Faktanya, alkohol telah dikaitkan dengan sepertiga kasus, dan ini karena banyak dari kita sekarang minum lebih banyak daripada biasanya, dengan banyak orang minum berlebihan pada akhir pekan."

Pakar gigi dan mulut telah mengungkapkan ada tujuh gejala kanker mulut yang harus diwaspadai. Apa saja hal tersebut? Ini dia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Perasaan tebal di tenggorokan Anda

Sering Menggemeretakkan Gigi
Ilustrasi Menggemeretakkan Gigi Credit: pexels.com/Marek

Gejala awal kanker mulut sering kali terasa seperti ada sesuatu yang bersarang di tenggorokan, atau rasa sesak di tenggorokan.

"Ini mungkin tidak kentara, tetapi Anda melihat perubahan pada cara tenggorokan Anda terasa dan saat Anda menelan," kata Sundeep.

“Anda mungkin merasa lebih sulit untuk menelan atau cara Anda menelan telah berubah. Anda mungkin juga sakit tenggorokan.”

2. Perubahan vokal, atau suara serak

Perubahan vokal dan suara serak dalam suara Anda adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah, sering kali lebih sulit untuk berbicara dengan suara rendah, atau Anda mungkin kesulitan berbicara keras. Anda juga mungkin mendapati bahwa Anda harus lebih sering membersihkan tenggorokan.

3. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan pada satu atau lebih kelenjar getah bening di leher merupakan gejala awal yang umum dari kanker mulut dan orofaringeal. Jika benjolan tampak membesar, Anda harus segera mengunjungi dokter umum.

 


4. Kesulitan mengunyah, menelan atau berbicara

Gigi Berlubang
Ilustrasi Sakit Gigi Credit: unsplash.com/EnginA

Kanker mulut dapat mempengaruhi cara kita melakukan hal-hal normal dari mulut kita. Dokter gigi menjelaskan: “Menelan mungkin menjadi lebih sulit, dan mengunyah mungkin juga sulit."

“Anda mungkin merasakan sakit saat mengunyah, atau perasaan bahwa gigi Anda tidak terasa aman. Berbicara mungkin juga menjadi sulit.”

5. Nyeri di telinga dan sakit kepala

Anda mungkin memperhatikan bahwa telinga Anda terasa teredam, atau Anda memiliki masalah pendengaran. Sakit telinga juga dikaitkan dengan tanda-tanda awal kanker mulut.

"Anda mungkin juga menemukan bahwa Anda menderita sakit kepala yang lebih banyak daripada yang normal bagi Anda," tambah ahli tersebut.

 


6. Mati rasa di mulut Anda

Dokter Gigi
Ilustrasi Dokter Gigi (Foto: Pixabay/mlarsson62)

Mati rasa yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan, atau perasaan aneh di bibir, lidah, atau di mulut dapat mengindikasikan kanker mulut.

Sundeep berkata: "Terkadang bercak putih atau merah di bagian dalam mulut juga bisa menjadi tanda penyakit."

7. Gigi goyah tanpa alasan yang jelas

“Memiliki masalah gigi seperti gigi goyang atau goyah, tanpa adanya komplikasi gigi seringkali bisa menjadi tanda awal kanker mulut,” klaim dokter gigi tersebut.

Jika Anda memperhatikan perubahan pada gigi Anda, atau gigi goyang, serta perubahan pada rahang dan lidah Anda, Anda harus segera memberi tahu dokter gigi atau dokter umum Anda.


5 Zodiak Ini Sulit Berkomitmen

karakter zodiak
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Tuấn Kiệt Jr. from Pexels

Menjalin komitmen pada seseorang bukanlah hal yang mudah bagi segelintir individu. Berkomitmen pada seseorang seumur hidup bisa jadi menakutkan, apalagi bagi Anda yang tidak yakin dengan perasaanmu sendiri.

Terkadang Anda merasa bahwa telah menemukan cinta dalam hidupmu, tapi saat berencana menikah, kebanyakan individu langsung ketakutan. Ini karena ketidakmampuan mereka untuk berkomitmen pada seseorang selamanya.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda termasuk dalam kategori ini, astrologi bisa menjawabnya.

Berikut beberapa zodiak yang tidak bisa berkomitmen pada seseorang menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Selasa (17/1/2023).

1. Gemini

Gemini ingin mengambil semua peluang yang bisa mereka dapatkan, karena mereka takut kehilangan banyak hal.

Mereka suka bereksperimen dengan hal-hal baru dan ini membuatnya sangat bahagia. Namun, pemilik zodiak ini akan menutup diri saat mereka merasa dibatasi oleh sesuatu atau seseorang.

2. Virgo

Virgo bisa sangat pemilih dan selalu mencari perfeksionisme. Oleh karena itu, mereka tidak bisa menetap kecuali mereka memiliki apa yang diinginkan dan butuhkan.

Pemilik zodiak ini tidak akan berhenti mencari kesempurnaan, ketegasan ini yang menyebabkan mereka berakhir sendirian.


3. Libra

Cerdas Secara Emosional
Ilustrasi Zodiak Taurus Credit: pexels.com/George

Libra sangat ragu-ragu dan hampir tidak bisa berpegang pada satu hal dalam satu waktu. Mereka membutuhkan dukungan dan bantuan dari orang lain untuk memecahkan masalah.

Oleh karena itu, menjadi sangat sulit baginya untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di mana hanya mereka dan pasangannya.

4. Sagitarius

Sagitarius dikenal sosok yang bebas dan tidak bisa terikat pada siapa pun. Mereka takut komitmen karena itu berarti mereka akan dibatasi di beberapa bidang.

Pemilik zodiak ini akan bekerja dengan baik bersama orang-orang yang berjiwa petualang dan mencintai kebebasan seperti dirinya.

5. Aquarius

Aquarius menghadapi kesulitan menemukan pasangan yang ideal karena mereka cenderung memiliki harapan yang tidak realistis tentang siapa pasangannya seharusnya.

Mereka akan merasa tersinggung dengan sedikit ketidaknyamanan dan karenanya, mereka mengakhiri hubungan saat itu juga. Itu yang membuatnya sulit mempertahankan hubungan.

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya