Posisi Berdiri Favorit Anda Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian, Seperti Apa?

Tak hanya dari caranya duduk, Anda juga bisa mengetahui kepribadian seseorang dari gayanya berdiri. Ya, beberapa penelitian perilaku menyimpulkan bahwa posisi kaki mengungkapkan kepribadian.

oleh Camelia diperbarui 16 Mar 2023, 09:03 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 09:03 WIB
Ilustrasi berdiri
Ilustrasi berdiri (Photo by Matthew Henry on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tak sedikit orang yang penasaran dengan kepribadian orang yang baru mereka kenal. Selain mengenal secara langsung, Anda juga bisa mengetahui kepribadian seseorang dari bahasa tubuhnya. 

Tak hanya dari caranya duduk, Anda juga bisa mengetahui kepribadian seseorang dari gayanya berdiri. Ya, beberapa penelitian perilaku menyimpulkan bahwa posisi kaki mengungkapkan kepribadian.

Apakah Anda berdiri dengan kaki sejajar satu sama lain? Atau kaki agak terpisah? Atau kaki disilangkan? Atau satu kaki ke depan? Mungkin Anda akan terkejut mengetahui bahwa cara kita berdiri dapat mencerminkan bagaimana kita berpikir dan merasakan. 

Dilansir dari Jagran Josh, Rabu (15/3/2023), berikut ini penjelasan bagaimana cara berdiri untuk pria dan wanita bisa mengungkapkan kepribadian mereka. 

Kepribadian Orang yang Berdiri dengan Kaki Sejajar

Jika Anda berdiri dengan kaki sejajar satu sama lain, maka kepribadian Anda mencerminkan ketundukan atau rasa hormat terhadap otoritas. Anda bukan individu yang sangat dominan saat berbicara dengan orang. Anda cenderung lebih menyenangkan dan pendengar yang baik. 

Namun, bukan berarti Anda kurang ilmu atau kurang percaya diri saat bercakap-cakap. Anda pasti memiliki kebijaksanaan dan objektivitas dalam komunikasi Anda. Berdiri dengan kaki sejajar satu sama lain juga membantu menenangkan diri saat merasa terlalu bersemangat, takut, gugup, dll.

Orang yang berdiri dengan kaki sejajar satu sama lain juga didapati memiliki sikap netral terhadap suatu subjek. Mereka akan berpartisipasi dalam percakapan namun mereka tidak bermaksud untuk memiliki perasaan atau keterlibatan yang kuat dalam topik yang sedang dibahas.

Biasanya, wanita terlihat berdiri dengan kaki sejajar satu sama lain saat berbicara dengan rekan wanitanya atau saat mereka tidak tertarik untuk diajak kencan.


Kepribadian Orang yang Berdiri dengan Kaki Sedikit Terbuka

Ilustrasi berdiri teguh, merenung, berpikir
Ilustrasi berdiri teguh, merenung, berpikir. (Photo by Fernand De Canne on Unsplash)

Jika Anda berdiri dengan kaki sedikit terbuka, maka kepribadian Anda mencerminkan kecenderungan untuk berwibawa dan memerintah. Anda memancarkan kepercayaan diri dan ketegasan. Anda berdiri dengan cara yang tampaknya mencoba mengambil ruang yang lebih besar.

Anda tidak takut membuat kehadiran Anda terasa di antara orang banyak. Anda cenderung mengungkapkan pikiran Anda dengan percaya diri dan mempertahankan pendirian Anda juga.

Orang yang berdiri dengan kaki sedikit terbuka juga ditemukan cukup dominan dalam cara komunikasi mereka. Posisi berdiri ini dianggap sebagai posisi yang kuat. Biasanya cukup umum ditemukan pada pria, meski wanita juga berdiri dengan cara ini untuk menandakan kekuatan dan dominasi.


Kepribadian Orang yang Berdiri dengan Satu Kaki ke Depan

Ilustrasi berdiri
Ilustrasi berdiri (Foto: Unsplash)

Jika Anda berdiri dengan satu kaki ke depan, kepribadian Anda mencerminkan kenyamanan dan kepuasan terhadap diri sendiri dan lingkungan Anda. Anda memiliki getaran yang sangat santai. Anda hidup selaras dengan batin Anda. Anda hidup di saat ini.

Anda memakai hati untuk menjalani hidup Anda. Anda secara terbuka menunjukkan perasaan dan emosi Anda. Anda akan jujur ​​dalam komunikasi Anda. Anda akan tetap lugas dan mengungkapkan apa yang ada di pikiran Anda.

Orang yang berdiri dengan satu kaki ke depan biasanya menandakan tanda ketertarikan atau ketertarikan. Dalam pengaturan kelompok, seseorang lebih cenderung mengarahkan kaki mereka ke arah orang yang mereka anggap paling menarik atau tertarik.

Namun, jika tidak tertarik pada pengaturan tertentu atau dorongan untuk pergi, kemungkinan besar seseorang akan meletakkan satu kaki ke depan dengan kaki mengarah ke pintu keluar terdekat.


Kepribadian Orang yang Berdiri dengan Kaki Disilangkan

Ilustrasi berdiri
Ilustrasi berdiri (Sumber: Pixabay)

Jika Anda berdiri dengan menyilangkan kaki, maka kepribadian Anda mencerminkan bahwa Anda lebih menikmati kebersamaan Anda daripada berada di keramaian. Anda mungkin bersikap defensif atau protektif terhadap emosi dan perasaan Anda.

Terkadang, Anda juga kurang percaya diri dalam situasi atau percakapan tertentu. Terkadang Anda juga bisa sangat patuh. 

Anda tidak cepat bergaul dengan orang asing. Anda kemungkinan besar akan menyilangkan kaki di hadapan orang baru yang datang ke grup Anda. Di lift, kemungkinan besar Anda akan menyilangkan kaki di pergelangan kaki saat orang asing masuk ke lift. Ini belum tentu gugup tetapi lebih tertutup untuk pengalaman baru.

Orang yang berdiri dengan kaki bersilang di pergelangan kaki biasanya lambat untuk membuka diri. Mereka cukup dijaga, terutama di hadapan orang asing atau orang baru. Namun, jika mereka menyilangkan kaki tetapi tersenyum dengan tangan tidak menyilang, maka mereka santai dan ingin tetap tinggal dalam sebuah percakapan tetapi secara bersamaan bersikap defensif atau menilai situasi kembali dalam pikiran mereka. 

Contoh seperti itu dapat ditemukan di antara pasangan yang baru pertama kali bertemu. Dalam beberapa kasus, seseorang juga ditemukan sedang menyilangkan kaki dan bersandar pada dinding atau sesuatu untuk menopang punggung, ini biasanya untuk mengatakan "Saya sangat tertarik dengan apa yang kita bicarakan dan saya ingin tinggal lebih lama."

Namun berhati-hatilah, jika seseorang menyilangkan kaki dan kedua lengannya, kemungkinan mereka merasa tidak terlalu positif tentang percakapan atau situasinya dan ingin pergi.

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya