5 Bendera Merah Pasangan Memanipulasi Anda Menurut Terapis Hubungan

Berikut ini beberapa tanda pasangan telah memanipulasi Anda menurut terapis hubungan

oleh Sulung Lahitani diperbarui 25 Jun 2023, 10:06 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2023, 10:06 WIB
Ilustrasi konflik dalam keluarga, pasangan bertengkar
Ilustrasi konflik dalam keluarga, pasangan bertengkar. (Photo by RODNAE Productions from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kita ingin hubungan asmara bertahan dalam ujian waktu, kita tidak dapat memanipulasi orang yang kita sayang untuk tetap bersama kita atau tidak mengubah perilakunya.

Itu tidak berarti beberapa orang tidak akan mencoba melakukannya. Tidak selalu mudah untuk mengatakan bahwa pasangan Anda bekerja melawan Anda untuk keinginan dan kebutuhan mereka sendiri — terutama karena mereka sering kali tidak berhenti untuk meyakinkan Anda bahwa mereka hanya memiliki niat baik.

Hal ini justru seringkali membuat Anda meragukan diri sendiri dalam prosesnya. Menurut terapis hubungan, berikut ini beberapa tanda bahaya bahwa pasangan tengah memanipulasi Anda yang harus diperhatikan. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Dia mencoba mempermalukan Anda untuk berbagai hal

Menggoda pasangan Anda dengan main-main adalah satu hal — tetapi jika Anda menemukan bahwa pasangan Anda selalu mempermalukan Anda karena berbagai perilaku, itu bisa menjadi tanda bahwa dia berusaha mengendalikan Anda, menurut Jennifer Kelman, LCSW, seorang terapis keluarga dan ahli hubungan yang bekerja dengan JustAnswer.

"Jika Anda cukup malu, maka Anda dapat mencoba dan mengubah diri Anda agar sesuai dengan cetakan yang dia inginkan," jelas Kelman. "Ini adalah bendera merah yang berbahaya karena orang yang dipermalukan mungkin mulai mempertanyakan diri mereka sendiri dan kehilangan kepercayaan pada apa yang mereka ketahui tentang diri mereka sendiri."

 


2. Dia membandingkan Anda dengan orang lain

Ilustrasi selingkuh, pasangan bertengkar
Ilustrasi selingkuh, pasangan bertengkar. (Image by Freepik)

Perbandingan konstan juga merupakan bendera merah utama. Seperti yang dikatakan Kaytee Gillis, LCSW, seorang psikoterapis dan penulis berlisensi, Best Life, banyak mitra manipulatif yang secara lahiriah akan membandingkan Anda kepada orang lain—bahkan mantan mereka.

"Hal ini sering dilakukan untuk mencoba membuat Anda merasa tidak sesuai atau mencoba membuat Anda bekerja lebih keras untuk memberikan sesuatu yang mereka inginkan," kata Gillis.

3. Dia selalu perlu tahu apa yang Anda lakukan

Kita semua ingin merasa menjadi bagian dari kehidupan pasangan kita, dan itu mungkin termasuk mengajukan pertanyaan tentang hari mereka. Tapi ada perbedaan yang jelas antara melakukan itu dan menunjukkan perilaku mengontrol, menurut Lisa Lawless, PhD, seorang psikoterapis klinis dan pendiri Kebijaksanaan Holistik.

"Ketika pasangan Anda perlu mengetahui banyak detail tentang ke mana Anda akan pergi dan dengan siapa Anda dan menjadi kesal karena tidak memiliki informasi itu atau bahkan sampai memberi tahu Anda apa yang boleh atau tidak boleh Anda lakukan, itu adalah sebuah bentuk manipulasi," kata Lawless. "Pada akhirnya, ini adalah cara untuk menegaskan kekuatan dan mempertahankan dominasi atas pasangan."

 


4. Dia selalu menyalahkan orang lain

Penting untuk membahas masalah finansial sebelum menikah
Ilustrasi bertengkar karena perbedaan pendapat. (pexels.com/@timur-weber)

Meskipun tidak pernah mudah bagi siapa pun untuk mengakui kesalahan yang mereka lakukan, Anda harus waspada jika pasangan Anda selalu berusaha menyalahkan orang lain.

"Alih-alih hanya mengatakan 'Oke, kamu benar, saya tidak menanganinya sebaik yang saya bisa,' banyak orang yang manipulatif malah akan mencoba membenarkan perilaku mereka dan bahkan mungkin mencoba meyakinkan Anda bahwa mereka benar dan orang lain salah," kata Gillis.

Ini juga menunjukkan penolakan mereka untuk bertanggung jawab atas apa pun, menurut Kelman.

"Lebih mudah berbohong atau menyalahkan daripada mencari ke dalam dan bertanggung jawab," jelasnya. "Tujuan berbohong dan menyalahkan adalah untuk menyesatkan dan menyebabkan seseorang mempertanyakan dirinya sendiri."

 


5. Dia membawa orang lain ke dalam argumen Anda

Putus
Ilustrasi Bertengkar dengan Pasangan Credit: pexels.com/cottonbro

Setiap pasangan bertengkar, tetapi pasangan yang manipulatif mungkin mencoba membuat setiap argumen tampak seperti kesalahan Anda melalui "triangulasi", menurut Gillis.

"Ini adalah saat seseorang membawa orang lain ke argumen dalam upaya untuk mendapatkan mereka di 'pihak' mereka untuk membantu membuktikan bahwa mereka benar," dia berbagi, mencatat bahwa mereka mungkin mencoba untuk mendapatkan teman dan keluarga, atau bahkan terapis pasangan dan pihak ketiga yang independen, untuk mendukung mereka.

Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia
Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya