8 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Berikut ini beberapa manfaat sirsak untuk kesehatan yang banyak tidak diketahui

oleh Sulung Lahitani diperbarui 25 Jun 2023, 19:06 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2023, 19:06 WIB
Mengatasi Ketombe dengan Daun Sirsak
Ilustrasi Pohon Sirsak Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sirsak yang mengesankan menjadikannya salah satu buah tropis paling populer. Buah tropis ini tidak hanya menggoda selera Anda dengan rasa krimnya yang unik, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dari profil nutrisinya yang kaya hingga potensi anti-inflamasi dan antioksidannya, sirsak menawarkan banyak hal. 

Nilai Gizi Sirsak

Mirip dengan banyak buah lainnya, sirsak adalah pembangkit tenaga yang bergizi. Buah ini menyediakan berbagai serat makanan, vitamin, dan mineral. Berikut rincian kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram sirsak:

  • Energi: 276 kJ
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 16,8 gram
  • Serat makanan: 3,3 gram
  • Gula: 13,5 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Selain kandungan seratnya, sirsak dikemas dengan vitamin dan nutrisi penting seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin B kompleks
  • Niasin
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Folat
  • Asam pantotenat
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zat Besi

Salah satu fitur penting dari sirsak adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan adalah zat penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya.

Sirsak menawarkan banyak manfaat kesehatan. Secara tradisional, buah, batang, dan daun sirsak telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat sirsak untuk kesehatan seperti dihimpun dari Pinkvilla.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat sirsak untuk kesehatan

Sirsak
Buah dan daun sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan (dok. Pixabay/alidaferreira1985/Fairuz Fildzah)

1. Antioksidan

Sirsak adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk flavonoid, dan fenol. Senyawa ini membantu menetralkan radikal bebas berbahaya. Dengan demikian, mereka melindungi sel-sel berharga Anda dari kerusakan oksidatif dan menurunkan kemungkinan menangani masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Buah ini juga memiliki zat bioaktif seperti acetogenins yang juga meningkatkan kapasitas antioksidan.

2. Sifat Anti Inflamasi

Senyawa anti inflamasi yang terdapat pada sirsak dapat membantu meredakan peradangan di seluruh tubuh. Peradangan kronis juga dapat dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular.

Ini juga bisa menjadi pengubah permainan dalam mengelola kondisi peradangan seperti radang sendi. Faktanya, ada bukti dari penelitian pada hewan bahwa ekstrak sirsak benar-benar menurunkan tingkat penanda peradangan yang terkait dengan radang sendi. Jadi dengan memasukkan sirsak ke dalam makanan Anda, Anda berpotensi mendapat manfaat dari efek antiinflamasi alaminya.

 


3. Potensi Anti-kanker

Gerakan Cegah Kanker Serviks
Ilustrasi alfabet yang menunjukkan kata kanker. Credit: pexels.com by Anna Tarazevich

Sirsak mengandung senyawa alami tertentu, seperti acetogenins, yang telah menunjukkan potensi yang menjanjikan dalam penelitian laboratorium sebagai agen antikanker. Senyawa ini diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus membiarkan sel sehat tidak terpengaruh. Ekstrak daun sirsak juga telah terbukti memiliki efek anti kanker dan anti proliferatif pada sel kanker payudara. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya mekanisme dan aplikasi potensial mereka.

Juga, sebagian besar penelitian ini melibatkan ekstrak sirsak konsentrasi tinggi. Jadi, meski menjanjikan, kita masih membutuhkan lebih banyak penelitian untuk melihat bagaimana memakan buah yang sebenarnya bisa berdampak pada kanker pada manusia.

4. Membantu Pencernaan

Sirsak adalah sumber serat makanan yang baik, yang membantu pencernaan dan mendorong pergerakan usus secara teratur. Asupan serat yang cukup mendukung sistem pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan berkontribusi pada kesehatan usus secara keseluruhan dengan memelihara bakteri usus yang bermanfaat.

 


5. Memperkuat Sistem Kekebalan

[Bintang] Puasa Muharram: Ini 5 Manfaatnya, Bikin Langsing Juga Lho
Meningkatkan kekebalan tubuh. (Ilustrasi: YouTube)

Kandungan vitamin C dalam sirsak berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih (neutrofil), yang penting untuk melawan infeksi dan memperkuat kekebalan.

Sifat anti-kankernya juga membantu meningkatkan aktivitas keseluruhan sistem kekebalan tubuh. Jadi salah satu manfaat utama sirsak adalah memberi dorongan alami pada sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Sirsak juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Buah ini mengandung serat makanan, yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, mencegah lonjakan tiba-tiba dan penurunan gula darah.

Beberapa studi penelitian pada tikus menunjukkan bahwa sirsak berpotensi menstabilkan kadar gula darah dan memiliki sifat antidiabetes. Sementara kita masih membutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengonfirmasi temuan ini, menarik untuk memikirkan manfaat sirsak ini. Ini dapat dikombinasikan dengan diet bergizi, olahraga teratur, dan pemantauan gula darah secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

 


7. Efek Antimikroba

Bakteri
Ilustrasi bakteri. (Sumber: microbiologyresearch.org)

Sirsak telah menunjukkan sifat antibakteri dalam penelitian laboratorium, menunjukkan keefektifan terhadap jenis bakteri tertentu, termasuk yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi, radang gusi, dan infeksi jamur. Sifat antimikrobanya menjadikannya obat alami yang potensial untuk masalah gigi ini. Demikian pula, mereka juga memiliki sifat antijamur dan antivirus.

8. Kulit dan Rambut

Sifat antibakteri dan anti-inflamasinya yang kuat membuat sirsak bagus untuk kesehatan kulit. Mereka juga dikenal karena kemampuannya untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Sifat sirsak ini membuatnya menjadi bahan yang populer dalam kosmetik bayi, memberikan efek lembut dan menenangkan.

Acetogenin dalam sirsak telah terbukti efektif dalam menghilangkan kutu rambut. Karenanya, manfaat sirsak untuk kesehatan rambut dan kulit juga patut diperhatikan.

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya