Ladies, Alami Siklus Menstruasi Berbarengan Sahabat? Simak Penjelasannya

Siklus menstruasi yang berubah menjadi berdekatan dengan sahabat sendiri adalah hal yang lumrah terjadi. Kenapa bisa begitu?

oleh Bella Zoditama diperbarui 05 Jul 2023, 20:04 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2023, 20:04 WIB
Ilustrasi sahabat, teman
Alami Siklus Menstruasi yang Berbarengan dengan Sahabat? Ternyata Ini Alasannya (Photo by Trung Nguyen from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memiliki sahabat wanita atau saudara wanita, bukan hal yang mustahil ketika hampir semua kegiatan dilakukan bersama-sama. Seperti misalnya berbelanja bareng, membeli skincare, makan, berbicara tentang hubungan dengan pasangan, hingga liburan ke tempat yang disukai. Namun, pernahkah Anda menyadari kalau siklus menstruasi kalian juga hampir berdekatan atau bahkan di tanggal yang sama? 

Contohnya, saat teman Anda menstruasi saat awal bulan, eh tidak beberapa hari kemudian, Anda juga mengalami menstruasi. Walaupun sebenarnya itu adalah siklus menstruasi yang normal dialami. Nah, apakah Anda sering mengalami hal tersebut? Lalu, pernahkah mencari tahu penyebabnya? Apakah ini dapat mengganggu kesehatan?

Tenang saja, ladies! Hal yang satu ini sangat lumrah terjadi saat Anda hidup bersama teman, saudara, maupun sahabat wanita. Jika begitu, bisa jadi Anda mengalami sinkronisasi menstruasi atau period syncing dengan mereka. Istilah ini merujuk pada gagasan bahwa wanita yang tinggal berdekatan satu sama lain atau menghabiskan banyak waktu bersama, sangat memungkinkan bila periode menstruasi mereka akan saling menyelaraskan dan berbarengan.

Teman sekamar, teman dekat, rekan kerja, serta anggota keluarga yang lain dan mengalami menstruasi pada hari yang sama setiap bulan, bisa menjadi bukti kedekatan atau ikatan khusus di antara mereka. Namun, apakah ada alasan saintifik di balik kejadian ini?

Dilansir dari Insider, Senin (3/7/2023), kami akan mengupas tentang period syncing yang mungkin Anda alami. Berikut ini fakta selengkapnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apakah Period Syncing Itu?

Ilustrasi haid, menstruasi, datang bulan
Ilustrasi haid, menstruasi, datang bulan. (Photo by Annika Gordon on Unsplash)

"Period syncing mengacu pada dua atau lebih orang yang mengenal satu sama lain mengalami menstruasi pada waktu yang sama," kata Lynae Brayboy, MD, Chief Health Officer untuk aplikasi kesehatan wanita Clue, yang membantu wanita melacak menstruasi mereka. "Orang-orang mungkin bekerja bersama atau hidup bersama atau memiliki hubungan lain yang sering membuat mereka berhubungan."

Bukti ilmiah pertama tentang period syncing muncul pada tahun 1971, dengan "McClintock study". Martha McClintock, seorang peneliti di Universitas Harvard, menganalisis siklus menstruasi dari sampel kecil wanita yang tinggal di asrama perguruan tinggi, berusia 17 hingga 22 tahun. Pasangan yang dekat dikelompokkan bersama sebagai "teman terdekat" atau "teman sekamar" — dan pasangan yang memiliki tidak ada hubungan yang digunakan sebagai kontrol.

Studi tersebut menemukan bahwa, setelah enam bulan, mereka yang berdekatan satu sama lain memiliki periode menstruasi yang dimulai tiga hingga tujuh hari, sedangkan periode kelompok kontrol dimulai dengan jeda lima hingga 15 hari. Namun sayangnya, peneliti lain menemukan analisis studi itu cacat, dan banyak yang mengabaikan temuannya tersebut.


Hal Ini Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Menstruasi
Ilustrasi pembalut. (dok. pexels/Karolina Grabowska)

Studi lanjutan dilakukan pada tahun 1990-an menemukan bukti yang bertentangan tentang period syncing ini. Di mana studi tahun 1993 menemukan bahwa 29 pasangan dari wanita yang sama-sama mengalami menstruasi tidak mengalami sinkronisasi. Sebuah studi tahun 1995 terhadap pasangan teman dekat yang tidak tinggal bersama juga tidak mengalami period syncing.

Pada 2017, aplikasi pelacakan periode menstruasi, Clue, bekerja sama dengan Universitas Oxford untuk lebih memahami period syncing. Mereka menganalisis siklus 360 pasang wanita yang saling mengenal dengan baik dan melacak siklus mereka melalui aplikasi. Hasilnya menemukan bahwa setelah tiga siklus, 273 pasangan benar-benar terlihat perbedaan yang lebih besar pada tanggal mulai siklus mereka daripada yang mereka lakukan pada awal penelitian – yang menunjukkan bahwa period syncing tidak terjadi.

Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini tidak ditinjau oleh rekan sejawat, yang berarti bahwa ahli medis luar belum menyetujui metodologi atau kesimpulan penelitian.

"Hasil ini sama sekali tidak pasti," kata Brayboy, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. "Jawaban singkatnya adalah kita perlu penyelidikan lebih lanjut."


Alasan Anda Mengalami Period Sync dengan Wanita Lainnya

Mengganggu Jadwal Menstruasi
Ilustrasi Menstruasi Credit: freepik.com

Awalnya, hipotesis McClintock berhipotesis mengatakan bahwa feromon — bahan kimia alami yang mengirim pesan dari satu orang ke orang lain — dapat dikaitkan dengan period syncing.

Teori dari McClintock menyebut period syncing mungkin kurang berkaitan dengan interaksi dekat wanita dan lebih banyak berkaitan dengan teman dekat wanita yang terpapar feromon pria pada waktu yang sama. Sebuah studi tahun 2003 menginformasikan bahwa sangat kecil menemukan jika wanita yang terpapar feromon pria mengalami peningkatan hormon yang bertanggung jawab untuk memicu ovulasi. Akan tetapi, masih belum banyak bukti yang menghubungkan feromon dan period syncing.

"Feromon berperan, tetapi sejauh yang saya tahu dalam literatur, kami belum melihat penelitian skala besar mengenai berapa lama dan seberapa sering paparan feromon dapat mengubah siklus," kata Brayboy.

Jika Anda mengalami period syncing dengan teman atau seseorang yang tinggal bersama Anda, kemungkinan besar itu adalah hasil dari probabilitas murni.

Itu karena panjang siklus bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mengalami menstruasi setiap 21 hari, sementara yang lain melihat menstruasi mereka dimulai setiap 35 hari. Beberapa orang mengalami menstruasi selama seminggu, sementara yang lain hanya mengalami menstruasi selama satu atau dua hari. Beberapa orang mengalami menstruasi yang teratur, sementara yang lain memiliki siklus yang kurang teratur.

Dengan kemungkinan seperti itu, besar kemungkinan suatu saat Anda dan teman, teman sekamar, atau rekan kerja akan sama-sama mengalami menstruasi di saat yang bersamaan.​

Infografis Ragam Kategori Usia dan 5 Provisi Pemilih Tertinggi di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Kategori Usia dan 5 Provisi Pemilih Tertinggi di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya