Punya Pola Asuh Terbaik, 4 Zodiak Ini Ajarkan Anaknya Atasi Kekalahan dengan Lapang Dada

Zodiak yang dikenal unggul dalam mengajari anak-anak mereka cara untuk mengatasi kekalahan dengan bijaksana.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 08 Agu 2023, 09:03 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 09:03 WIB
Punya Pola Asuh Terbaik, 4 Zodiak Ini Ajarkan Anaknya Atasi Kekalahan dengan Lapang Dada
Punya Pola Asuh Terbaik, 4 Zodiak Ini Ajarkan Anaknya Atasi Kekalahan dengan Lapang Dada (unsplash.com/Jimmy Dean)

Liputan6.com, Jakarta - Mengajarkan anak untuk rendah hati menjadi salah satu kewajiban orangtua karena hal tersebut memiliki dampak yang siginifikan pada perkembangan karakter anak

Jika diajarkan sejak kecil, sikap rendah hati tersebut akan tetap ada hingga anak tersebut dewasa, sampai mereka tumbuh menjadi individu yang ramah, bijaksana, dan dapat menghormati orang lain.

Beberapa orangtua mengajarkan anak mereka untuk mempertimbangkan perspektif orang lain dalam menyelesaikan sebuah masalah. Mereka mengajarkan anak mereka untuk melihat perasaan orang lain dalam situasi tertentu sehingga perilaku tersebut menjadi contoh bagi anak-anak dalam memberi empati.

Orangtua seperti ini juga akan mengajarkan anak mereka bersukacita atas kemenangan teman sebayanya dan mengajarkan anak untuk menerima kekalahan dengan lapang dada. Dengan begitu, orangtua membantu mereka dalam mengembangkan rasa percaya diri yang sehat serta anak dapat menerapkan sikap rendah hati yang akan membantu mereka tumbuh dan berkembang.

Seperti beberapa zodiak ini yang mengajarkan anak mereka untuk rendah hati dan menerima kekalahan dengan lapang dada, seperti dilansir dari PinkVilla, Jumat (4/8/2023).

1. Cancer

Seorang Cancer memiliki kemampuan secara alami untuk terhubung secara emosional dengan orang lain, termasuk anak mereka. Seorang Cancer juga akan mengajarkan anak mereka dengan menunjukkan empati dan kasih sayang.

Mereka akan mendorong anak mereka dalam berjuang meraih cita-cita, namun juga mengajarkan anak bahwa tidak salah untuk menyerah dalam meraih cita-cita jika memang tidak sanggup. Mereka akan mengajarkan anak mereka tentang penerimaan, dan bagaimana mengelola harapan yang realistis. Karena, tidak ada orang yang sempurna dan tidak mengapa untuk meminta bantuan orang lain saat merasa kesulitan.

Zodiak ini akan meluangkan waktu untuk menumbuhkan rasa syukur pada buah hati mereka dengan menginspirasi mereka untuk mengekspresikan penghargaan terhadap hal-hal yang mereka miliki dan orang-orang di sekitar mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Libra

Ilustrasi Orang tua dan Anak
Ilustrasi orang tua dan anak (Sumber foto: Pexels.com)

Seorang Libra akan berusaha untuk menciptakan lingkungan yang seimbang yang penuh pengertian untuk buah hati mereka. Mereka akan membesarkan anak mereka dengan penuh kasih sayang.

Hal ini karena Libra memiliki pemahaman yang mendalam tentang emosi yang berguna dalam mengajarkan anak mereka dalam bersikap baik dan mempertimbangkan perasaan orang lain.

Seorang Libra akan mengajarkan anak mereka untuk mengucapkan selamat kepada orang lain atas pencapaiannya. Zodiak ini juga akan mengajarkan anak untuk mengenali keterbatasan seseorang dan bagaimana cara mengambil peluang untuk tumbuh.

Oleh karena itu, mereka ingin memastikan anaknya tidak pernah berpikir bahwa mereka terlahir sebagai seorang yang memiliki keuntungan materi yang signifikan sejak lahir. Dengan memberikan pendidikan dan contoh yang baik, seorang anak dapat mengembangkan sikap yang seimbang sehingga nantinya dapat memiliki kontribusi yang positif dalam masyarakat.


3. Virgo

Ilustrasi hari pertama di sekolah, orang tua mengantar anak ke sekolah
Ilustrasi hari pertama di sekolah, orang tua mengantar anak ke sekolah. (Image by prostooleh on Freepik)

Seorang Virgo akan mengajarkan anak mereka keanggunan dengan berfokus pada tata krama. Mereka akan berusaha untuk menjadi orangtua yang mendukung anak mereka dengan menekankan pentingnya untuk menjadi sosok yang dapat diandalkan.

Mereka akan mengajarkan anak mereka untuk menerapkan sikap rendah hati dan beberapa pelajaran hidup lainnya yang membantu mereka dalam mengembangkan empati. Melalui buku cerita, teka-teki, dan percakapan yang penuh rasa ingin tahu, mereka mendorong keterbukaan anak untuk belajar.

Namun, seorang Virgo akan berpikir bahwa menerima suatu kekalahan dengan lapang dada merupakan hal yang paling penting. Mereka akan mengajarkan anak-anak mereka untuk bersyukur atas setiap kesempatan yang mereka dapatkan dan tidak pernah merasa tidak bersyukur saat segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka.

Rasa syukur dapat membantu anak-anak memahami bahwa mereka tidak berhak atas segalanya dan dapat menumbuhkan kerendahan hati.


4. Capricorn

Ilustrasi hari pertama di sekolah, orang tua mengantar anak ke sekolah
Ilustrasi hari pertama di sekolah, orang tua mengantar anak ke sekolah. (Image by Freepik)

Capricorn merupakan zodiak yang membesarkan anak mereka dengan penuh tanggung jawab. Mereka percaya bahwa dalam mendidik seorang anak membutuhkan perpaduan antara kesabaran, cinta, dan pengertian, tanpa memandang usia atau kedewasaan anak.

Seorang Capricorn akan berpikir bahwa meskipun merayakan sebuah pencapaian itu penting, namun pujian yang berlebihan dapat menimbulkan rasa berhak. Jadi, mereka akan mengajarkan anak mereka untuk berfokus pada usaha yang telah dilakukan.

Mereka akan mengajarkan anak dengan tegas bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan kerja keras dan dedikasi. Mereka suka mengajarkan nilai kasih karunia kepada anak-anak mereka dengan memberikan contoh yang baik melalui etos kerja, integritas, dan komitmen mereka untuk membantu orang lain.

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya