Salesforce dan Workday Kolaborasikan Agen AI untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Integrasi antara Agentforce Platform dan Einstein AI dari Salesforce dengan Workday AI memungkinkan organisasi untuk membuat dan mengelola agen AI untuk berbagai keperluan layanan karyawan.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Agu 2024, 01:30 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 01:30 WIB
Ilustrasi karyawan, bekerja, rapat, suasana kantor. (Foto By AI)
Ilustrasi karyawan, bekerja, rapat, suasana kantor. (Foto By AI)

 

Liputan6.com, Jakarta Salesforce, perusahaan terkemuka dalam bidang AI CRM, dan Workday, platform layanan karyawan berbasis AI, mengumumkan rencana peluncuran agen AI baru yang dirancang untuk mengotomatisasi tugas-tugas berulang, memberikan dukungan personal, dan menyediakan wawasan berbasis data. Agen AI ini akan membantu karyawan bekerja lebih efisien dan efektif.

Integrasi antara Agentforce Platform dan Einstein AI dari Salesforce dengan Workday AI memungkinkan organisasi untuk membuat dan mengelola agen AI untuk berbagai keperluan layanan karyawan. Mengandalkan data CRM Salesforce dan data keuangan serta SDM dari Workday, agen ini mampu berkomunikasi menggunakan bahasa alami dan memfasilitasi proses orientasi, perubahan tunjangan kesehatan, pengembangan karier, serta tugas-tugas lainnya dengan lebih mudah.

“Peluang AI bagi setiap perusahaan terletak pada peningkatan jumlah karyawan dan pengalaman pelanggan yang luar biasa,” ujar Marc Benioff, Chair dan CEO Salesforce.

“Itulah mengapa kami sangat antusias dengan platform Agentforce baru kami yang memungkinkan manusia dan AI untuk mendorong kesuksesan pelanggan secara bersama-sama, dan kemitraan baru dengan Workday untuk membangun agen layanan karyawan. Bersama-sama, kami akan membantu bisnis menciptakan pengalaman luar biasa yang didukung oleh AI generatif dan mandiri, sehingga setiap karyawan dapat memperoleh jawaban, mempelajari keterampilan baru, memecahkan masalah, dan mengambil tindakan dengan cepat dan efisien.”

Agen AI ini akan mengotomatisasi tugas rutin dan memberikan dukungan karyawan secara langsung, sementara kasus-kasus yang lebih kompleks akan ditransfer ke individu yang tepat untuk penanganan lebih lanjut. Pendekatan ini menggabungkan kemampuan manusia dan AI untuk menciptakan produktivitas yang lebih tinggi dan efisiensi yang lebih baik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menghadirkan pengalaman karyawan dengan dukungan AI

“Pegawai, pelanggan, dan keuangan adalah tiga elemen paling mendasar dari setiap bisnis,” kata Carl Eschenbach, CEO Workday. “Dengan mengintegrasikan platform, dataset, dan kemampuan AI kami yang canggih, Salesforce dan Workday memberdayakan pelanggan kami untuk menghadirkan pengalaman karyawan dengan dukungan AI yang tak tertandingi dan pada akhirnya akan menghasilkan pelanggan yang lebih puas serta mendorong nilai bisnis yang luar biasa.”

Kemitraan ini mencakup:

1. Agen AI layanan karyawan:

Menggunakan Einstein 1 Platform dan Workday AI untuk menciptakan agen AI yang dapat diakses di Salesforce dan Workday. Agen ini menggunakan LLM untuk berkomunikasi dalam bahasa alami dan memberikan respons yang relevan.

2. Fondasi data bersama:

Menghubungkan data keuangan dan SDM Workday dengan data CRM Salesforce untuk memberikan akses tanpa perlu duplikasi data.

3. Integrasi dengan Slack:

Memungkinkan kolaborasi seputar catatan keuangan dan SDM di Workday melalui Slack, mempermudah akses dan tindakan terhadap informasi kapan saja.

Melalui percakapan bahasa alami, karyawan dapat memperoleh dukungan instan dari agen AI layanan karyawan, baik di Salesforce, Slack, atau Workday. Ini mencakup orientasi karyawan baru, layanan mandiri SDM, dan pengembangan karier yang berkelanjutan. 

 


Memberikan pengalaman karyawan yang lebih personal

 

"Sebagai perusahaan jasa real estat komersial terkemuka di dunia, kami sangat fokus untuk memastikan karyawan kami didukung dan dilibatkan, yang berdampak langsung pada layanan klien,” ujar Sal Companieh, Chief Digital and Information Officer, Cushman & Wakefield.

“Kemampuan untuk menyederhanakan alur kerja di dua platform yang paling sering kami gunakan – Workday dan Salesforce – dan memberikan pengalaman karyawan yang lebih personal yang didukung AI akan menjadi terobosan baru bagi kami.”

Dengan menggabungkan data SDM, keuangan, dan operasional, Salesforce dan Workday memperluas kemampuan tenaga kerja, meningkatkan kecerdasan, optimalisasi, dan ketahanan tenaga kerja secara keseluruhan. 

“Integrasi proses bisnis dan data merupakan salah satu perhatian utama para pimpinan level eksekutif di era AI. Perusahaan akan kesulitan menemukan satu vendor atau kemitraan yang dapat menawarkan visibilitas di seluruh data pelanggan, karyawan, dan keuangan – hingga saat ini,” ujar R ‘Ray’ Wang, CEO, Constellation Research, Inc.

“Fondasi data bersama antara Workday dan Salesforce akan memungkinkan kedua mitra ini untuk menghadirkan kemampuan AI yang dapat sepenuhnya mengubah pengalaman karyawan menjadi lebih personal, efisien, dan berdampak – yang berarti peningkatan kinerja bisnis secara keseluruhan.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya