5 Manfaat Lari di Malam Hari dan Tips Aman yang Bisa Anda Coba Sendiri

Sedang menggemari olahraga lari? Ini dia manfaat lari di malam hari dan tips agar tetap aman saat melakukannya.

oleh Bella Zoditama diperbarui 13 Agu 2024, 10:03 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 10:03 WIB
5 Manfaat Lari di Malam Hari dan Tips Aman yang Bisa Anda Coba Sendiri
5 Manfaat Lari di Malam Hari dan Tips Aman yang Bisa Anda Coba Sendiri (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa akhir ini, olahraga lari semakin banyak diminati. Termasuk beberapa pelari bahkan lebih suka lari malam daripada lari pagi atau di siang hari. Hal ini nampaknya juga menjadi tren bagi para kaum pekerja.

Alasan ini tentunya karena jadwal pagi yang cukup padat, kebiasaan makan, serta preferensi masing-masing. 

Malam hari pun cenderung lebih sepi dan tenang, terlebih Anda pun tidak harus berhadapan dengan panasnya sinar matahari. Namun, apakah lari malam hari bisa memiliki manfaat? Adakah efek yang membahayakan nantinya?

Nah, Anda tidak usah khawatir! Menurut informasi dari Healthline, Selasa (6/8/2024), ada beberapa manfaat kesehatan dari lari di malam hari. Namun, tentunya ada juga pertimbangan terkait keselamatan yang perlu diingat dan dilakukan. 

Maka dari itu, yuk, baca informasi sampai habis!

Manfaat Lari di Malam Hari:

1. Mempunyai pilihan yang sehat

Berlari saat malam dapat membantu Anda makan lebih sehat sepanjang hari, dengan mengetahui bahwa apa pun yang Anda makan. Terutama beberapa jam sebelum berlari, Anda pastinya juga perlu mengetahui berapa lama makanan yang perlu dicerna.

Jika Anda merasa lebih mudah berlari dengan perut kosong, Anda mungkin akan mencari makanan yang ringan dan mudah dicerna serta menghindari makanan yang digoreng dan berat. Selain itu, Anda mungkin tidak tergoda untuk minum minuman beralkohol saat makan malam.

Pilihlah minuman yang sehat dan menghidrasi, seperti air kelapa, teh herbal, atau jus segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Punya lebih banyak waktu

Ilustrasi sepatu lari
Ilustrasi sepatu lari. (Image by gpointstudio on Freepik)

Jika Anda memiliki jadwal yang padat di pagi hari, menyalakan alarm beberapa kali dapat mengurangi durasi latihanmu. Anda bahkan mungkin tergoda untuk tidak melakukannya pada hari-hari ketika Anda tidur terlalu larut.

Lari malam hari ideal jika Anda sibuk di siang hari. Sebab, dapat membuat pagi Anda lebih santai.

Anda mungkin memiliki lebih sedikit gangguan dan interupsi di malam hari, sehingga Anda dapat fokus pada lari Anda dan mungkin menempuh jarak lebih jauh.

3. Bisa mengontrol makan siang

Lari malam hari memberi cukup waktu untuk makan dan mencerna makanan sebelum berlari. Ini ideal bagi orang yang tidak suka berlari dengan perut kosong di pagi hari, tetapi merasa kesulitan untuk berlari setelah makan.


4. Tidur lebih nyenyak

Ilustrasi tidur, mimpi
Ilustrasi tidur, mimpi. (Photo by Viki_B on Pixabay)

Orang yang berolahraga di malam hari dapat mengalami tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Anda mungkin merasa lebih mudah tertidur dan tidur lebih nyenyak.

Lari malam sangat ideal bagi orang yang merasa lelah setelah berlari, karena seringkali lebih nyaman untuk tidur setelah berlari di sore hari. Penelitian dari tahun 2019 menemukan bahwa berolahraga di malam hari memiliki efek positif pada tidur. Namun, berolahraga kurang dari satu jam sebelum tidur dapat berdampak negatif pada pola tidur tertentu.

Mandi air panas setelah berlari dapat membantu tubuh dan pikiran Anda relaks dan tidur lebih nyenyak. Oleh karenanya, selalu akhiri lari Anda dengan pendinginan untuk memudahkan tubuh Anda ke kondisi istirahat.


5. Meredakan stres di hari itu

stres
Ilustrasi orang stres berkerja. (Foto: Unsplash/JESHOOTS.COM)

Pasti ada hari di mana Anda merasa stres dengan pekerjaan yang Anda lakoni. Untuk itu, cobalah akhiri malam Anda dengan suasana yang tenang sebelum Anda tertidur dengan berlari. Sebab, berlari memberi Anda kesempatan untuk melepaskan ketegangan, frustrasi, atau stres dari hari itu.

Anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk membuat rencana untuk hari berikutnya. Dengan begitu, saat kepala Anda menyentuh bantal, pikiran Anda mungkin terasa lebih jernih dan damai, sehingga Anda cenderung tidak merenung atau merasa terganggu.

Berlari menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, dan meningkatkan rasa tenang. Pelepasan endorfin meningkatkan suasana hati dan meredakan depresi.

Bahkan, berlari di trotoar dapat meredakan kecemasan dan mengaktifkan kesadaran penuh, membuat pikiran jernih dan perasaan relaks.


Tips Aman saat Lari di Malam Hari

Lari - Vania
Ilustrasi Lari/https://unsplash.com/Mauro Lima

Setelah mengetahui manfaat lari di malam hari, tentunya Anda juga harus memperhatikan beberapa tips keselamatan agar terhindar dari cedera dan hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencoba lari di malam hari:

1. Visibilitas

Begitu matahari terbenam, Anda akan kesulitan melihat lubang, gundukan, atau polisi tidur di jalan. Untuk itu, waspadai medan yang Anda lalui.

Baiknya, beli lampu kepala untuk lari. Lalu pilih area yang cukup terang. Bisa juga dengan memasang pita reflektif yang mudah terlihat di lengan dan kaki Anda.

2. Dengarkan dengan saksama

Tetap waspada dan buka telinga agar Anda benar-benar menyadari keadaan sekitar. Sebaiknya, hindari penggunaan headphone. Headphone dapat menghalangi kemampuan Anda mendengar kendaraan, orang, dan hewan yang mendekat.

Jika Anda harus berlari dengan headphone, nyalakan dengan volume yang sangat rendah.


3. Pilih jalur yang paling sering dilalui

Ilustrasi Lari saat Hujan
Ilustrasi lari saat hujan. (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Berlarilah di area yang terang dan banyak aktivitas. Pilih area yang menurut Anda paling aman. Percayai intuisi Anda jika ia memberi tahu Anda untuk tidak melewati jalan tertentu, meskipun itu berarti mengubah jalur yang Anda inginkan.

Ganti rute lari Anda sesering mungkin sehingga tidak dapat diprediksi.

4. Jangan lari sendirian

Jika memungkinkan, carilah teman lari di malam hari, meskipun itu adalah anjing peliharaan Anda. Beri tahu setidaknya satu orang bahwa Anda akan berlari sehingga mereka dapat mengharapkan Anda kembali.

Bawa ponsel Anda sehingga Anda dapat menelepon seseorang jika Anda terjebak di tengah hujan lebat atau mengalami situasi yang menyusahkan.

Selain itu, Anda dapat mengunggah ID medis dan menggunakan aplikasi keselamatan GPS yang memberi tahu teman dan keluarga Anda tentang rute Anda.

5. Aturan lalu lintas

Berlarilah melawan arus sehingga Anda dapat melihat kendaraan yang datang ke arah Anda. Lihat ke kedua arah sebelum menyeberang jalan, meskipun Anda memiliki hak jalan. Patuhi semua aturan lalu lintas, rambu, dan sinyal.

Infografis Ajang Lari Internasional untuk Milenial
Infografis Ajang Lari Internasional untuk Milenial. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya