Surga Kecil di Pinggir Kota Jakarta

Hutan mangrove adalah hutan yang terdapat di daerah pantai yang secara teratur tergenang air laut dan terpengaruh oleh pasang surut air laut

oleh Liputan6 diperbarui 24 Okt 2013, 09:34 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2013, 09:34 WIB
manggrove-131023.jpg
Citizen6, Jakarta: Hutan mangrove adalah hutan yang terdapat di daerah pantai yang secara teratur tergenang air laut dan terpengaruh oleh pasang surut air laut. Tetapi hutan ini tidak terpengaruh oleh iklim dan biasanya di dominasi oleh beberapa spesies, pohon-pohon yang khas atau semak-semak yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh dalam perairan asin.

Hutan mangrove sangat berperan penting bagi ekosistem, pencegah bencana alam terutama banjir, pengendapan lumpur, penambahan unsur hara, dan sebagai sumber plasma nudfah atau sejenis populasi kehidupan liar. Oleh karena itu, kehadiran hutan mangrove menjadi surga bagi populasi mkhluk hidup di dalamnya.

Sayangnya, kawasan hutan mangrove sudah cukup sulit ditemui, khususnya di tengah wilayah perkotaan. Salah satu surga kecil bagi ekosistem satwa langka yang masih tersisa di Ibukota Jakarta terletak di Muara Angke. Di hutan manggrove terkecil di Indonesia ini, terdapat kurang lebih 100 jenis burung langka, salah satunya yaitu burung Blekok Asia.

Secara garis besar, burung-burung yang terdapat di muara angke merupakan burung yang secara ekologis kehidupannya bergantung pada keberadaan lahan basah seperti daerah payau dan tanah gambut. Baik itu yang bersifat alami atau buatan, tetap atau sementara, tergenang atau mengalir, tawar maupun asin.

Sayangnya, hutan ini bukan menjadi tempat yang mudah untuk dikunjungi wisatawan. Tidak sembarangan orang dapat memasuki kawasan hutan mangrove. Hal ini antara lain dikarenakan ramainya wisatawan dapat menyebabkan hewan-hewan menjadi stress dan takut. Oleh karenanya, tempat in hanya dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dan edukasi.

Oleh sebab itu, diperlukan Simaksi atau Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi yang harus diurus sebelumnya di BKSDA (Balai konservasi Sumber Daya Alam). Sudah seharusnya surga kecil ini dijaga secara ketat agar ekosistem makhluk hidup di dalamnya tetap terjaga. (kelompok 1)

Kelompok 1 adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya