Partai Demokrat AS Bakal Kembalikan Sumbangan dari Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried

Partai Demokrat AS sedang bersiap untuk mengembalikan lebih dari USD 1,1 juta.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 17 Des 2022, 10:13 WIB
Diterbitkan 17 Des 2022, 10:03 WIB
Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Berita penangkapan ini tentunya tidak mengejutkan, mengingat pada Jumat lalu, Departemen Kehakiman mengatakan bahwa pihaknya terus memantau kebangkrutan FTX, yang diperkirakan akan merugikan lebih dari satu juta orang. (Mario Duncanson/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Tiga kelompok kampanye teratas Partai Demokrat AS sedang bersiap untuk mengembalikan lebih dari USD 1,1 juta (Rp 17,1 miliar) yang telah mereka terima dari mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried.

Dalam sebuah pernyataan, pada Jumat, 16 Desember 2022 Komite Nasional Demokrat mengatakan pihaknya menyisihkan USD 815.000 dalam dana yang diterima dari Bankman-Fried sehubungan dengan "potensi pelanggaran keuangan kampanye" yang dilakukan oleh miliarder tersebut.

Komite Kampanye Senator Demokrat juga mengatakan telah menyisihkan USD 103.000, dan Komite Kampanye Kongres Demokrat, yang mengawasi bagian kampanye partai untuk DPR, mengatakan akan menyisihkan USD 250.000.

Ketiga kelompok tersebut mengatakan mereka sedang menunggu panduan tentang apa yang harus dilakukan dengan uang yang diberikan, litigasi yang sedang berlangsung. 

Bankman-Fried, pendiri pertukaran kripto FTX, ditangkap di Bahama pada Senin setelah jaksa penuntut AS menuduh pria berusia 30 tahun itu menyalahgunakan miliaran dolar dan melanggar undang-undang kampanye dalam apa yang digambarkan sebagai salah satu penipuan keuangan terbesar di Amerika.

Jaksa mengatakan, Bankman-Fried telah terlibat dalam skema untuk menipu pelanggan FTX dengan menyalahgunakan simpanan mereka untuk membayar pengeluaran dan utang serta melakukan investasi atas nama dana lindung nilai kripto miliknya, Alameda Research LLC. 

Mereka menuduh Bankman-Fried menggunakan uang yang dicuri untuk menghasilkan "puluhan juta dolar dalam sumbangan kampanye".

Bankman-Fried, yang mengumpulkan kekayaan senilai lebih dari USD 20 miliar, adalah salah satu penyumbang politik terbesar selama siklus pemilu paruh waktu. Pengungkapan pemilu federal menunjukkan dia memberikan sekitar USD 40 juta untuk sebagian besar kelompok dan kampanye yang berpihak pada partai Demokrat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Otoritas AS Tuduh Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried Pakai Dana Pelanggan untuk Sumbangan Politik

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kedua kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Penangkapan ini terjadi setelah kantor kejaksaan menerima pemberitahuan resmi dari Amerika Serikat bahwa mereka telah mengajukan tuntutan pidana terhadap Sam Bankman-Fried dan kemungkinan akan meminta ekstradisinya. (Mario Duncanson/AFP)

Sebelumnya, Otoritas federal AS pada Selasa, 13 Desember 2022 menuduh salah pendiri FTX Sam Bankman-Fried menggunakan apa yang mereka katakan sebagai puluhan juta dolar dana pelanggan yang disalahgunakan untuk memberikan sumbangan politik ilegal kepada kandidat Demokrat dan Republik.

Jaksa mengatakan salah satu alasan dia memberikan kontribusi tersebut adalah untuk mempengaruhi arah kebijakan dan undang-undang yang mempengaruhi industri kripto.

Bankman-Fried juga mengalihkan aset pelanggan yang dipegang oleh FTX, bursa mata uang kripto utama, ke dana lindung nilai kripto miliknya yang terpisah, Alameda Research.

Dia kemudian menggunakan dana itu untuk membuat sumbangan politik yang besar untuk melakukan investasi dan membeli real estat mewah, menurut dugaan regulator sekuritas AS (SEC).

“Bankman-Fried juga menggunakan Alameda sebagai celengan pribadinya untuk tujuan itu,” kata SEC, dikutip dari CNBC, Rabu (14/12/2022).

Dakwaan pidana federal yang terpisah tetapi terkait menuduh Bankman-Fried dan lainnya melanggar banyak undang-undang keuangan kampanye federal dengan, antara lain, memberikan kontribusi minimal USD 25.000 untuk kampanye dan komite aksi politik "atas nama orang lain".

Dalam sebuah surat Selasa kepada Hakim Ronnie Abrams, seorang jaksa penuntut di kantor Williams menulis, pemerintah berharap bukti akan menunjukkan terdakwa menipu pelanggan FTX dengan menyalahgunakan dana mereka untuk penggunaan pribadinya, termasuk untuk berinvestasi untuk akunnya sendiri, untuk memberikan puluhan juta dolar kontribusi politik.

 

 


SEC Sebut Pendiri FTX Sam Bankman-Fried Menipu Investor

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kedua kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Bankman-Fried dijadwalkan akan bersaksi di hadapan Kongres di Komite Jasa Keuangan DPR AS, namun hal itu batal dilakukan karena eks CEO FTX itu telah ditahan berdasarkan dakwaan tertutup. (Mario Duncanson/AFP)

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS pada Selasa mengumumkan tuduhan terhadap pendiri pertukaran cryptocurrency FTX, Sam Bankman-Fried, menuduhnya menipu investor dalam apa yang disebut regulator sebagai “rumah kartu”.

Dalam sebuah pernyataan, SEC mengatakan akan mencari perintah untuk mencegah Bankman-Fried dari perdagangan sekuritas di masa depan kecuali untuk akun pribadinya dan hukuman perdata, di antara tindakan lainnya.

"Tuduhan terpisah juga akan diumumkan oleh Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Selatan untuk New York dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas pada Selasa, kata SEC, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (14/12/2022).

Bankman-Fried muncul di pengadilan pada Selasa di Bahama, tempat FTX bermarkas dan di mana dia ditangkap di komunitasnya yang terjaga keamanannya di ibu kota, Nassau.

Pria berusia 30 tahun itu tampak santai saat tiba di pengadilan Bahama yang dijaga ketat. Itu adalah penampilan publik pertamanya secara langsung sejak runtuhnya bursa mata uang kripto. Dia mengatakan kepada pengadilan bahwa dia bisa melawan ekstradisi ke Amerika Serikat.

Selain itu, SEC juga menuduh Bankman-Fried menggunakan apa yang mereka katakan sebagai puluhan juta dolar dana pelanggan yang disalahgunakan untuk memberikan sumbangan politik ilegal kepada kandidat Demokrat dan Republik.

Jaksa mengatakan, salah satu alasan dia memberikan kontribusi tersebut adalah untuk mempengaruhi arah kebijakan dan undang-undang yang mempengaruhi industri cryptocurrency.

Bankman-Fried juga mengalihkan aset pelanggan yang dipegang oleh FTX, bursa mata uang kripto utama, ke dana lindung nilai kripto miliknya yang terpisah, Alameda Research.

Dia kemudian menggunakan dana itu untuk membuat sumbangan politik yang besar untuk melakukan investasi dan membeli real estat mewah, menurut dugaan regulator sekuritas AS (SEC).

 


Sam Bankman-Fried Ajukan Permohonan Jaminan pada Hakim Bahama

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (tengah) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Kantor Kejaksaan Agung Bahama mengumumkan bahwa Sam Bankman-Fried telah ditangkap dan kemungkinan akan diekstradisi dalam waktu singkat kembali ke Amerika Serikat untuk diadili. (Mario Duncanson/AFP)

Sebelumnya, Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried telah mengajukan permohonan jaminan baru kepada hakim di Bahaman pada Kamis (15/12/2022), setelah seorang hakim hakim pada Selasa menolak permintaan jaminan SBF sebelumnya. 

Bankman-Fried dikirim ke pusat penahanan Bahama setelah Kepala Hakim JoyAnn Ferguson-Pratt menolak permintaannya untuk tetap di rumah sementara dia menunggu sidang ekstradisinya ke Amerika Serikat, di mana dia didakwa dengan kejahatan keuangan.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (16/12/2022), sumber yang mengetahui masalah tersebut melaporkan Mahkamah Agung Bahaman akan mendengarkan permohonan jaminan Bankman-Fried pada 17 Januari 2023.

Pada persidangan Bankman-Fried Selasa lalu, Jaksa AS mengatakan Bankman-Fried terlibat dalam skema untuk menipu pelanggan FTX dengan menyalahgunakan simpanan mereka untuk membayar pengeluaran dan utang serta melakukan investasi atas nama dana lindung nilai kripto miliknya, Alameda Research LLC.

Tuntutan lain juga dilayangkan oleh oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC). 

SEC mengumumkan tuduhan terhadap Bankman-Fried, menuduhnya menipu investor dalam apa yang disebut regulator sebagai “rumah kartu”.

Dalam sebuah pernyataan, SEC mengatakan akan mencari perintah untuk mencegah Bankman-Fried dari perdagangan sekuritas di masa depan kecuali untuk akun pribadinya dan hukuman perdata, di antara tindakan lainnya.

Sedangkan CFTC menuduh FTX dan Bankman-Fried karena menggabungkan dana pelanggan serta melanggar Undang-Undang Pertukaran Komoditas AS.

Tuduhan tersebut muncul beberapa saat sebelum jaksa penuntut di Distrik Selatan New York mengungkap tuntutan pidana terhadap Bankman-Fried, yang ditahan di penjara di Bahama setelah ditangkap Senin malam oleh penegak hukum di sana.

Bankman-Fried mengumpulkan kekayaan senilai lebih dari USD 20 miliar saat dia mengendarai cryptocurrency untuk membangun FTX menjadi salah satu bursa terbesar di dunia sebelum tiba-tiba runtuh tahun ini.

 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya