SEC dan Binance Hanya Punya Waktu Hingga 15 Juni Rembukan Soal Pembekuan Aset

SEC pada Selasa mengusulkan agar aset yang dipegang oleh afiliasi Binance untuk dibekukan selama gugatan berjalan.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 14 Jun 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 13:00 WIB
Dok: Binance
Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, Binance hampir selesai berkompromi atas permintaan darurat oleh regulator untuk membekukan aset entitas AS Binance.: Binance

Liputan6.com, Jakarta Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, Binance hampir selesai berkompromi atas permintaan darurat oleh regulator untuk membekukan aset entitas AS Binance.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (14/6/2023), seorang hakim federal memberi para pihak waktu hingga Kamis, 15 Juni 2023 untuk menyusun rincian akhir. Hakim telah menunjuk hakim magistrate untuk bertindak sebagai mediator dalam negosiasi. 

SEC pada Selasa mengusulkan agar aset yang dipegang oleh afiliasi Binance AS, BAM Trading Services, yang menjalankan Binance US, dan Manajemen BAM dibekukan sementara di tengah gugatan hukum dari SEC dimainkan di pengadilan. Dengan begitu, mereka akan berada di luar kendali pendiri Binance, Changpeng Zhao.

SEC mengklaim dalam gugatan yang diajukan minggu lalu Binance dan Zhao secara ilegal menggabungkan aset pelanggan, menyesatkan pelanggan tentang kemampuan perusahaan untuk mendeteksi manipulasi pasar, mengizinkan pelanggan AS untuk berdagang di bursa kripto asing, dan gagal mendaftar sebagai pialang, clearing house, bursa, atau penjual sekuritas.

Beberapa hari setelah pengaduannya, SEC meminta perintah darurat untuk membekukan aset perusahaan, mengatakan itu perlu untuk melindungi dana milik pelanggan AS dan di bawah kendali entitas.

Binance berargumen dalam dokumen pengadilan terpisah pembekuan aset akan secara efektif menutup bisnisnya di AS dan menimbulkan "dampak yang jauh" pada publik dan pelaku pasar kripto.

Dalam permintaannya untuk perintah darurat, SEC mengatakan ingin memastikan keamanan aset pelanggan AS dan mencegah hilangnya aset tersebut jika ada keputusan yang menentangnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya