Pengobatan Kanker dengan Arus Listrik

Penelitian sekelompok ilmuwan dari Universitas Southampton, Inggris, menemukan aliran listrik dapat bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit kanker. Getaran listrik dapat membunuh sel kanker.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Mei 2005, 07:52 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2005, 07:52 WIB
230505aLnKanker-strum.jpg
Liputan6.com, Southampton: Berbagai terobosan baru dalam pengobatan penyakit kanker kini semakin banyak ditemukan. Sebagian besar penelitian yang dilakukan lebih terfokus pada cara kerja sel kanker. Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan dari Universitas Southampton, Inggris, menemukan bahwa getaran listrik dapat pula bermanfaat bagi para penderita karena dapat membunuh sel kanker.

Menurut ketua tim peneliti dokter George Chen, hasil ini diperoleh setelah menemukan adanya kebocoran ion dari sel kanker, berupa zat potasium dan sodium akibat terkena arus listrik. Kondisi ini menarik karena keluarnya kedua zat itu juga sebagai penanda awal kematian sel kanker. Selain itu, metode ini memaksa sel kanker untuk membelah diri.

Kendati penelitian yang dilakukannya telah memperoleh hasil yang cukup memuaskan, Chen mengaku, sejumlah penelitian lebih lanjut harus dilakukan sebelum diterapkan dalam pengobatan kanker. Tapi, Chen berharap dalam waktu lima tahun hingga 10 tahun mendatang para penderita kanker sudah dapat menikmati pengobatan dengan arus listrik ini.(ORS/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya