Detik-Detik Kanselir Jerman Angela Merkel Gemetaran Lagi, Dehidrasi?

Angela Merkel terlihat gemetaran untuk kedua kalinya hanya dalam waktu sepekan, setelah mendampingi Presiden Ukraina yang berkunjung.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 28 Jun 2019, 11:39 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2019, 11:39 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel
Kanselir Jerman Angela Merkel (AP Photo/Martin Meissner, File)

Liputan6.com, Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel terlihat gemetar ketika dia bertemu dengan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, di Istana Bellevue di Berlin pada Kamis 27 Juni 2019 pagi waktu setempat. Sejumlah rekaman menunjukkan dia ditawari segelas air, yang kemudian ditolak dengan isyarat menggelengkan kepala.

Seorang fotografer untuk kantor berita Jerman DPA, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (28/6/2019) mengatakan politikus itu terlihat lebih baik setelah dia mulai bergerak lagi.

Angela Merkel yang kini berusia 64 tahun tengah menghadiri acara pelepasan Menteri Kehakiman, Katarina Barley, yang akan menjadi anggota parlemen, dan pengambilan sumpah penggantinya, Christine Lambrecht -- juga dari partai Sosial Demokrat.

Berikut ini detik-detik saat Angela Markel terlihat gemetaran:

Jerman berada di tengah gelombang panas, dengan suhu mencapai rekor 38,6C (101,5F) pada Rabu 27 Juni. Namun saat Angela Merkel terlihat gemetaran, suhu sedikit lebih rendah pada Kamis pagi, dengan sekitar 17 derajat pada pukul 10 pagi CET.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tetap ke Acara G20

Angela Merkel (AP)
Angela Merkel (AP)

Meski terpantau gemetaran di acara publik di Berlin, Kanselir Jerman tetap melakukan perjalanan ke acara pertemuan puncak G20.

"Angela Merkel telah melakukan perjalanan ke KTT G20 di Jepang, meskipun mengalami serangan gemetar kedua hanya dalam waktu satu pekan di sebuah acara publik," kata juru bicaranya.

"Semuanya berjalan sesuai rencana. Kanselir baik-baik saja," ujar Steffen Seibert mengatakan kepada media Jerman.

Pesawat kanselir ke Osaka lepas landas dari Bandara Tegel Berlin pada pukul 13.17 siang CET.

Selama KTT tiga hari dengan jadwal yang padat, Merkel akan mengambil bagian dalam pembicaraan tentang perdagangan bebas, perubahan iklim dan regulasi seputar kecerdasan buatan, serta mencari pembicaraan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang peran kosong Komisi Eropa yang baru.


Peristiwa Serupa

Pada 18 Juni, Merkel terlihat gemetar selama upacara militer menyambut kedatangan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Dia kemudian keliru menyalahkan dehidrasi, mengatakan dia merasa lebih baik setelah minum air.

Kanselir itu juga terlihat gemetaran selama upacara militer dalam kondisi suhu lembab di Mexico City pada kunjungan pada 2017.

Sebagian besar media Jerman melaporkan insiden pada acara publik Kamis pagi, tetapi menahan diri dari berspekulasi secara rinci tentang penyebab gemetaran Angela Merkel.

Tabloid Bild menjadikan "momen kejutan di dalam Istana Bellevue" sebagai berita utama di situs webnya, mengungkapkan "kekhawatiran tentang kanselir kami".

Der Spiegel, Süddeutsche Zeitung, dan Die Welt melaporkan gemetaran sang kanselir, tetapi tidak memberikan kisah lebih lanjut.

Berbeda dari media Jerman sebelumnya, Frankfurter Allgemeine Zeitung atau Die Zeit tidak membahas insiden gemetaran Angela Merkel sama sekali.

"Mereka yang mencoba menemukan makna politis di balik insiden gemetaran Merkel," tulis surat kabar kanan-tengah Die Welt pekan lalu, "mengalihkan perhatian kita dari politiknya, yang cukup sulit untuk diterjemahkan seperti apa adanya."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya