China Luncurkan Modul Tianhe Stasiun Ruang Angkasa Baru

Modul Tianhe diluncurkan dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang dengan roket Long March-5B Y2. China berharap stasiun baru beroperasi pada 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Apr 2021, 12:08 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2021, 12:02 WIB
Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul luar angkasa Crew Dragon lepas landas dari pad 39A di Kennedy Space Center pada 23 April 2021 di Cape Canaveral, Florida.
Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul luar angkasa Crew Dragon lepas landas dari pad 39A di Kennedy Space Center pada 23 April 2021 di Cape Canaveral, Florida. (Foto: AP / Brynn Anderson)

Liputan6.com, Beijing - China meluncurkan modul pertama dari stasiun ruang angkasa permanen baru. Ini adalah misi yang terbaru dalam program ruang angkasa Beijing yang dinilai semakin ambisius.

Melansir BBC, Modul Tianhe diluncurkan dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang dengan roket Long March-5B Y2. China berharap stasiun baru beroperasi pada 2022.

Saat ini, satu-satunya stasiun ruang angkasa di orbit adalah Stasiun ruang angkasa Internasional ISS, yang tidak termasuk China.

China terlambat memulai dalam hal eksplorasi ruang angkasa. Baru pada tahun 2003 ia mengirim astronot pertamanya ke orbit, menjadikannya negara ketiga yang melakukannya, setelah Uni Soviet dan AS. 

Sejauh ini, China telah mengirimkan dua stasiun ruang angkasa sebelumnya ke orbit. Tiangong-1 dan Tiangong-2 adalah stasiun uji coba, yang memungkinkan hanya tinggal yang relatif singkat untuk astronot. Sebaliknya, stasiun baru akan beroperasi setidaknya selama sepuluh tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Target China

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Beijing merencanakan setidaknya sepuluh lagi peluncuran serupa yang membawa lebih banyak modul sebelum penyelesaian stasiun tahun depan.

Selain stasiun ruang angkasa berawak, Beijing merencanakan perjalanan ke Bulan dan bahkan Mars, belum lagi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia.

Peluncuran hari Kamis dari Wenchang dilakukan setelah China dan Rusia sebelumnya mengumumkan rencana untuk membangun stasiun ruang angkasa bulan bersama-sama.

 

Reporter: Lianna Leticia

 


Infografis: Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi
Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya