Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ini Sejarah Singkat Aturan Berpakaian Berkabung Kerajaan Inggris

Anggota keluarga kerajaan Inggris akan mengikuti aturan berpakaian untuk prosesi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 19 Sep 2022, 20:11 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2022, 20:11 WIB
8 Cucu Ratu Elizabeth II Kelilingi Peti Mati Sang Nenek
Ke-8 cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangern William dan Pangeran Harry berjaga-jaga di sekitar peti mati sang nenek di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakaman Ratu pada Senin, 19 September 2022. (AARON CHOWN / POOL / AFP)

Liputan6.com, London - Senin 19 September 2022 memasuki masa pemakaman Ratu Elizabeth II. Untuk menghormati sang ratu, anggota keluarga kerajaan Inggris mengikuti aturan berpakaian yang sendu untuk pemakaman kenegaraan.

Raja Charles III mengenakan seragam upacara sehari penuh dengan medali, dan akan membawa beludru merah dan tongkat Field Marshal emas yang diberikan Ratu Elizabeth II kepadanya pada tahun 2012, ketika ia mendapatkan jabatan itu.

Pangeran Edward, Putri Anne dan Pangeran William semuanya akan mengenakan seragam militer dan medali.

Sementara itu, Pangeran Andrew dan Pangeran Harry mengenakan pakaian sipil meskipun sudah pensiun sebagai anggota kerajaan senior -- keduanya tidak lagi memiliki tugas resmi kerajaan. (Namun, mereka diizinkan untuk mengenakan pakaian militer pada acara penghormatan masing-masing selama akhir pekan).

Para wanita mengenakan gaun hitam dan topi formal, sementara pria akan mengenakan morning coat berwarna hitam.

Pada saat duka cita pun, perhatian yang besar diberikan kepada para anggota keluarga kerajaan dalam menafsirkan aturan berpakaian, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan telah bergeser dari waktu ke waktu.

Dilansir CNN, Senin (19/9/2022), pada tahun 1982, foto-foto Putri Diana banyak terlihat di pemakaman aktris dan Putri Monako Grace Kelly memperlihatkan sang bangsawan yang baru menikah dengan topi jerami terselubung, gaun hitam lengan panjang berkerah, dan kalung hati - pilihan yang tepat yang masih menunjukkan selera gayanya yang melekat.

"(Putri Diana memiliki) rasa ketertarikan terhadap apa yang diharapkan publik, dan hanya tahu bagaimana cara mencapai nada yang tepat," kata sejarawan dan kurator mode Inggris Kate Strasdin dalam sebuah wawancara video pada tahun 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simbol Visual Kesedihan

Pangeran William, Catherine, Princess of Wales, Pangeran Harry, dan Meghan, Duchess of Sussex pergi setelah mereka memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II di Westminster Hall
Pangeran William, Catherine, Princess of Wales, Pangeran Harry, dan Meghan, Duchess of Sussex pergi setelah mereka memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II di Westminster Hall (Emilio Morenatti/AP).

Selama pemakaman Princess of Wales pada tahun 1997, gambar memilukan dari Pangeran Philip, Pangeran William, saudara laki-laki Diana, Charles Spencer, Pangeran Harry dan Pangeran Charles berjalan di belakang peti mati dengan setelan gelap adalah salah satu foto yang paling banyak direferensikan dalam sejarah kerajaan kontemporer dan merupakan lambang pakaian pemakaman kerajaan modern.

Nicole Kidman dan Elton John termasuk di antara selebritas yang mematuhi kode berpakaian serba hitam dan formal untuk memberikan penghormatan selama pemakaman yang disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Meskipun hitam telah lama menjadi warna pilihan untuk berkabung - warna ini populer di kalangan orang kaya selama Abad Pertengahan - warna ini menjadi populer di mana-mana dengan kesedihan selama abad ke-19.

Menurut Strasdin, selama periode ini di Eropa dan Amerika, kode berpakaian berkabung mulai berlaku, terutama untuk wanita, didukung oleh munculnya publikasi wanita dengan harga pakaian yang lebih terjangkau. (Harper's Bazaar, misalnya, menyarankan pembaca untuk mencari "kesederhanaan seperti biarawati" pada tahun 1868).

Bahkan department store modern lahir dari industri pemakaman yang baru muncul. Sekitar tahun 1840-an, kata Strasdin, "emporium besar-besaran" yang bermunculan di London dan Paris dirancang sebagai tempat pemberhentian tunggal untuk kebutuhan pemakaman.

"Di bawah satu atap, Anda bisa mendapatkan segalanya mulai dari alat tulis hingga perhiasan berkabung," katanya.

Gaya berkabung seseorang "berfungsi sebagai simbol visual kesedihan ... sekaligus menunjukkan status, selera, dan tingkat kepatutan pemakainya," catat teks pengantar pameran 2014 "Death Becomes Her: A Century of Mourning Attire" di Metropolitan Museum of Art.

 


Era Ratu Victoria

Foto Ratu Inggris, Queen Victoria yang diabadikan oleh Heinrich von Angeli pada 1875. (Julia Abercromby)
Foto Ratu Inggris, Queen Victoria yang diabadikan oleh Heinrich von Angeli pada 1875. (Julia Abercromby)

Penulis etiket D.C. Colesworthy memiliki pandangan yang lebih berani tentang tren ini dalam bukunya tahun 1867 "Hints of Common Politeness," seperti yang dikutip dalam pameran Met.

"Ketika kita melihat para wanita bersikeras mengenakan sable, kita diingatkan akan jawaban yang diberikan seorang janda muda kepada ibunya: 'Tidakkah Anda lihat,' ujarnya.

"itu menghemat biaya iklan untuk mencari suami," tulisnya.

Warna hitam sempat pensiun sebentar pada tahun 1938, menyusul kematian nenek Ratu Elizabeth II, Countess of Strathmore. Sebuah foto menunjukkan Ibu Suri mengenakan gaun putih yang dirancang oleh Norman Hartnell untuk menghormati kepergian ibunya.

Konsep "berkabung putih" mengikuti contoh Mary, Queen of Scots, yang dilukis dengan gaun berkabung putih setelah dia kehilangan beberapa anggota keluarga pada abad ke-16.

Namun tidak ada yang lebih berpengaruh pada pakaian berkabung selain Ratu Victoria.

Setelah kematian tak terduga suaminya, Pangeran Albert, pada tahun 1861, sang ratu secara terbuka mengekspresikan kesedihannya dengan mengenakan pakaian hitam setiap hari selama empat dekade hingga kematiannya sendiri.

Victoria-lah yang membantu mengkodifikasikan nuansa busana duka cita dan mempertahankan identitasnya sebagai "janda abadi," menurut Strasdin.

Di era Victoria, "bahkan detail pakaian yang sangat kecil yang menunjukkan tahap berkabung Anda menjadi sangat penting," terang Strasdin.

Hal ini menunjukkan kekayaan dan status untuk mampu membeli seluruh pakaian berkabung, serta pengetahuan masyarakat untuk memahami semua aturan.

Selama satu tahun dan satu hari, para janda diharapkan mengenakan pakaian berkabung lengkap, yang dikenal sebagai "janda gulma," yang terdiri dari kain crepe hitam pekat tanpa hiasan, menurut Strasdin.

Seiring dengan memudarnya kesedihan seseorang, warna dan kain lainnya dapat diperkenalkan kembali secara perlahan.

 


Setengah Berkabung

Ratu Elizabeth II, Ibu Suri Elizabeth dan Putri Margaret
Ratu Elizabeth II, Ibu Suri Elizabeth dan Putri Margaret menghadiri kedatangan jenazah Raja George VI di Westminster Hall di London pada 11 Februari 1952. (SPORT AND GENERAL PRESS AGENCY LIMITED / AFP)

Akhirnya, selama enam bulan terakhir dari periode dua setengah tahun, pakaian "setengah berkabung" bisa dikenakan dalam warna putih, abu-abu, kuning pucat, atau nuansa ungu muda atau lavender.

Terkadang, pakaian tersebut berwarna ungu cerah - pameran "Death Becomes Her" menampilkan salah satu gaun dari wol twill dan beludru sutra, dengan bahu yang tebal, trim hitam dan detail putih dan emas yang rumit.

Meskipun sudah menjadi kebiasaan untuk kembali ke pakaian normal setelah masa berduka selama bertahun-tahun, Ratu Victoria tetap mengenakan pakaian berkabung berwarna hitam selama sisa hidupnya.

Seperti yang ditunjukkan oleh "Death Becomes Her", salah satu gaun Victoria dari tahun 1894 - 33 tahun setelah kematian Albert - adalah gaun krep hitam muram dengan hiasan sederhana.

Pertunjukan kesedihan abadi Victoria tidak populer di kalangan rakyatnya karena mendorong kode berpakaian yang lebih kaku, catat Strasdin.

Menantu perempuannya, Ratu Alexandra, menandai pergeseran, melonggarkan pembatasan ketika Ratu Victoria meninggal dan setelah putra sulungnya sendiri meninggal. Alexandra memilih gaun setengah berkabung yang berkilauan dari sifon sutra ungu muda dan payet, serta kuning pucat dan abu-abu.

"Dia tahu bahwa publik benar-benar berjuang dengan duka Victoria yang terus-menerus," ucap Strasdin.

"Jadi Ratu Alexandra mengadopsi setengah berkabung selama sisa hidupnya, karena dia tahu bahwa berkabung penuh tidak akan menjadi pilihan publik yang populer." jelasnya.

Selama beberapa dekade, tradisi pakaian berkabung yang panjang dan tidak praktis menjadi ketinggalan zaman, tetapi pengaruh Victoria masih ada dalam periode berkabung kerajaan modern, mulai dari warna-warna yang keras hingga ketaatan yang kaku pada kode berpakaian.

"Terlepas dari perubahannya, saya pikir abad ke-19 masih tampak besar," tutur Strasdin.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya