Pangeran Frederik Akan Jadi Raja Denmark Per 14 Januari 2024, Gantikan Ratu Margrethe II

Putra Mahkota Frederik akan menggantikan posisi Ratu Denmark Margrethe II pada awal tahun 2024, setelah pemerintahannya selama lebih dari lima dekade. Per 14 Januari ia akan jadi Raja Denmark.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 02 Jan 2024, 10:14 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2024, 10:12 WIB
Pangeran Frederik dan Putri Mary
Putra Mahkota Frederik (kiri) akan menggantikan Ratu Margrethe II menjadi Raja Denmark.(SEM VAN DER WAL / ANP / AFP)

Liputan6.com, Kopenhagen - Ratu Denmark Margrethe II, telah membuat dunia terkejut saat menyambut awal Tahun Baru 2024. Ratu yang berkuasa paling lama di Eropa itu menyatakan akan segera turun takhta dalam pidato tahun baru pada 31 Desember 2023.

Dalam pidato tradisional Malam Tahun Baru 2024 yang disiarkan di televisi Denmark, mengutip CNN, Selasa (2/1/2024), Ratu Margrethe II mengatakan bahwa putra sulungnya, Putra Mahkota Frederik akan menggantikan posisinya. Melepaskan jabatannya pada awal tahun 2024, setelah pemerintahannya berlangsung lebih dari lima dekade.

"Pada tanggal 14 Januari 2024 – 52 tahun setelah saya menggantikan ayah tercinta – saya akan mengundurkan diri sebagai Ratu Denmark. Saya akan menyerahkan takhta kepada putra saya Putra Mahkota Frederik," katanya.

Ratu Margrethe II mengambil alih takhta pada 14 Januari 1972 setelah kematian Raja Frederik IX. Setelah kematian Ratu Inggris Elizabeth II tahun lalu, Margrethe menjadi raja yang paling lama menjabat di Eropa.​

Kantor Perdana Menteri (PM) Denmark kemudian mengeluarkan pernyataan terkait hal tersebut.

Pangeran Frederik akan mengambil alih takhta sebagai Yang Mulia Raja Frederik X pada bulan Januari, kata kantor Perdana Menteri Denmark dalam sebuah pernyataan.

Istrinya, Putri Mary kelahiran Australia, akan menjadi Permaisuri - orang Australia pertama yang menduduki peran tersebut.

 

Pada tanggal 14 Januari, setelah pertemuan Dewan Negara, Perdana Menteri akan mengumumkan pergantian takhta di Kastil Christiansborg.

Ratu akan terus diberi gelar Her Majesty atau Yang Mulia setelah serah terima.

Adapun bangsawan Denmark memiliki peran terbatas berdasarkan konstitusi negara, dan kekuasaan berada di tangan parlemen. Raja memainkan peran duta besar yang penting serta menandatangani undang-undang baru.

Ratu Margrethe II sepanjang hidupnya menikmati dukungan luas dari Denmark, lapor Reuters.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Operasi Punggung Ratu Margrethe II

Ratu Margrethe II dari Denmark menghadiri perjamuan gala di Istana Christiansborg. (AFP)
Ratu Margrethe II dari Denmark menghadiri perjamuan gala di Istana Christiansborg. (AFP)

Ratu Margrethe II yang kini berusia 83 tahun menyebut operasi punggung pada Februari 2023 memberikan pemikirannya tentang masa depan.

"Dalam waktu dua minggu saya telah menjadi Ratu Denmark selama 52 tahun," katanya.

"Selama itu akan meninggalkan kesan pada siapa pun – juga pada saya! Waktu terus berjalan, dan jumlah ‘penyakit’ semakin meningkat. Seseorang tidak dapat melakukan sebanyak yang dilakukan di masa lalu," tambahnya.

"Pada bulan Februari tahun (2023) ini saya menjalani operasi punggung ekstensif," katanya. "Semuanya berjalan baik, berkat tenaga kesehatan yang berkompeten, yang merawat saya. Tentu saja, operasi ini memberikan pemikiran mengenai masa depan – apakah sekarang adalah saat yang tepat untuk meneruskan tanggung jawab tersebut kepada generasi berikutnya."

"Saya telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat," katanya.


Tak Ada Acara Penobatan Resmi Raja Denmark

Foto Terakhir Keluarga Kerajaan Denmark Sebelum Gelar Bangsawan 4 Cucu Dicopot Permanen
Ratu Margrethe II berfoto bersama putra mahkota Denmark, Pangeran Frederick dan Putri Mary. (dok. Per Morten Abrahamsen/Danish Royal House/ https://www.instagram.com/p/CmtYsQ8Arzw/?hl=en/Dinny Mutiah)

Laporan BBC menyebut, berbeda dengan tradisi kerajaan Inggris, tidak akan ada upacara penobatan resmi Putra Mahkota Frederik. Sebaliknya, aksesinya akan diumumkan dari Kastil Amalienborg di Kopenhagen pada hari itu.

Dia akan menjadi Raja Denmark dan kepala negara di negara tersebut - yang merupakan monarki konstitusional - serta di Greenland dan Kepulauan Faroe.

Pada tanggal 14 Januari, Putri Mary yang kelahiran Australia otomatis akan dinobatkan sebagai Ratu Denmark bersama suaminya Pangeran Frederik, yang akan menjadi Raja.

Mengutip Mamamia.com.au, Putri Mary yang merupakan mantan agen real estate dari Tasmania, akan menjadi Permaisuri - orang Australia pertama dalam sejarah yang menduduki peran tersebut.

Adapun pasangan ini terkenal bertemu di sebuah bar di Sydney selama Olimpiade 2000 dan para pengagumnya menyaksikan dari jauh saat ia bergabung dengan barisan bangsawan Denmark.

Kenaikan takhta Putri Mary akan memastikan banyak penonton yang menghadiri upacara tersebut dari bekas rumahnya di Hobart, Tasmania, tempat dia bekerja sebagai eksekutif penjualan real estate sebelum bertemu dengan sang pangeran.


Pangeran Frederik, Sosok Pemberani dan Pecinta Lingkungan

Foto Terakhir Keluarga Kerajaan Denmark Sebelum Pencopotan Gelar Bangsawan Para Cucu Berlaku
Foto resmi keluarga Kerajaan Denmark untuk merayakan 50 tahun Ratu Margrethe II berkuasa. (dok. Per Morten Abrahamsen/Danish Royal House/ https://www.instagram.com/p/CmtYsQ8Arzw/?hl=en/Dinny Mutiah)

Mengutip BBC, Putra Mahkota Frederik dikenal di Denmark sebagai seorang pangeran pesta pada awal tahun 1990an, namun persepsi tersebut mulai berubah setelah ia lulus dari Universitas Aarhus pada tahun 1995 dengan gelar master dalam ilmu politik. Dia adalah bangsawan Denmark pertama yang menyelesaikan pendidikan universitas.

Selama masa studinya ia menghabiskan waktu di Harvard di Amerika Serikat, di mana ia mendaftar dengan nama samaran Frederik Henriksen. Dia kemudian bertugas di angkatan laut Denmark, di mana dia dijuluki "Pingo" - yang menurut Daily Mail diperoleh setelah pakaian selamnya terisi air selama kursus scuba diving dan dia harus berjalan seperti penguin.

Pria berusia 55 tahun ini terkenal sebagai seorang pemberani, dengan ikut serta dalam ekspedisi ski selama empat bulan melintasi Greenland pada tahun 2000. Dia dirawat di rumah sakit karena kecelakaan kereta luncur dan skuter.

"Saya tidak ingin mengurung diri di dalam benteng. Saya ingin menjadi diri saya sendiri, seorang manusia," ucapnya bersikeras bahwa ia akan tetap berpegang pada hal itu bahkan setelah naik takhta.

Putra Mahkota Frederik, seperti Raja Charles III dari Inggris, dikenal karena kecintaannya terhadap lingkungan. Dia telah bersumpah untuk "memandu kapal" Denmark ke masa depan.

Istrinya yang lahir di Australia, Putri Mary, dibesarkan di Pulau Tasmania dan diketahui pernah bekerja sebagai pengacara.

Mary pernah mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak tahu pria pujaannya adalah pangeran Denmark ketika mereka bertemu, dengan mengatakan: "Setengah jam kemudian seseorang mendatangi saya dan berkata, 'Apakah Anda tahu siapa orang-orang ini?'.

Mereka dianggap oleh sebagian orang mewakili nilai-nilai modern dan telah berusaha mendidik keempat anak mereka - seorang perempuan, laki-laki dan saudara kembar - dengan pendidikan senormal mungkin, dan sebagian besar mengirim mereka ke sekolah negeri.

 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya