Misteri Air Warna Hijau di Pelabuhan Sydney Australia, Fenomena Apa?

Pemadam Kebakaran New South Wales mengatakan para penyelidik menanggapi teluk di Kirribilli, pinggiran kota Sydney, Australia setelah air berubah warna pada hari Rabu (25/9/2024).

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 28 Sep 2024, 13:15 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 13:15 WIB
Sebagian Pelabuhan Sydney di Australia berubah menjadi hijau terang. (Facebook)
Sebagian Pelabuhan Sydney di Australia berubah menjadi hijau terang. (Facebook)

Liputan6.com, Sydney - Sebagian air di Pelabuhan Sydney di Australia berubah menjadi hijau terang secara misterius. Penyebabnya, diduga akibat pewarna yang digunakan oleh tukang ledeng mengalir keluar melalui saluran pembuangan air hujan.

Pemadam Kebakaran New South Wales mengatakan para penyelidik menanggapi teluk di Kirribilli, pinggiran kota Sydney, setelah air berubah warna pada hari Rabu (25/9/2024).

"Tim kami segera menyelidiki dan memastikan tumpahan itu tidak beracun," kata Pemadam Kebakaran NSW di media sosial seperti dikutip dari Upi.com, Sabtu (28/9).

Sebuah video dari tempat kejadian menunjukkan air menyerupai Sungai Chicago ketika diwarnai hijau selama perayaan Hari St. Patrick di kota itu.

Pihak berwenang mengatakan pada hari Kamis (24/9) bahwa pewarnaan di Pelabuhan Sydney di Australia berasal dari hal yang tidak terlalu meriah -- diyakini sebagai pewarna yang disebut fluorescein, yang umumnya digunakan oleh tukang ledeng untuk menemukan kebocoran.

"Kami tidak dapat mengatakan dengan pasti, tetapi itulah yang kami kira," kata Inspektur Adam Dewberry kepada 9News. "Ini adalah produk umum yang digunakan untuk mewarnai air dan sangat efektif."

Dewberry mengatakan air hijau tersebut tampaknya tidak memiliki dampak buruk pada ikan dan satwa liar setempat lainnya.

Para saksi melaporkan melihat cairan hijau di saluran pembuangan air hujan di Anderson Park sehari sebelum pelabuhan berubah warna, tetapi petugas pemadam kebakaran mengatakan asal bahan kimia tersebut masih dalam penyelidikan. Penyebab pastinya masih misteri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Tren Warna Cat Dinding Tahun 2023
Infografis Tren Warna Cat Dinding Tahun 2023. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya