Beras Bermutu dalam Kemasan Tak Perlu Dicuci Berkali-kali

Sudah bersih, cukup sekali cuci beras dalam kemasan.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 07 Nov 2014, 13:00 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2014, 13:00 WIB
Cuci Beras dalam Kemasan Cukup Sekali
Tak perlu banyak-banyak sekali mencuci beras sudah cukup jika Anda membeli beras dalam kemasan.(Foto: www.bottomofthepot.com)

Liputan6.com, Jakarta Dulu masyarakat sering salah kaprah dalam mencuci beras sebelum dimasak. Seringkali ditemui para ibu mencuci beras dicuci hingga benar-benar bersih tak berkeruh.

Kini, bagi Anda yang membeli beras dalam kemasan yang telah memiliki merek tertentu tak perlu mencuci berulang-ulang. Ahli ilmu pangan dan teknologi Prof. Dr. Ir. Djoko Said Damardjati, MS menyarankan agar cukup sekali saja mencuci beras dalam kemasan.

"Beras dalam kemasan yang telah bermerek, yang sudah memiliki stempel SNI dikerjakan dengan teknologi canggih tanpa campur tangan manusia sejak pengolahan gabah hingga pengemasan. Sehingga tak perlu mencuci berkali-kali. Sekali saja sudah cukup," terang Prof. Djoko saat berkunjung ke pabrik PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food di Sragen, Jawa Tengah pada Rabu (5/11/2014).

Lewat pandangan mata Health-Liputan6.com saat berada di pabrik yang memproduksi beras Cap Ayam Jago memang sejak pengeringan gabah, pemisahan kulit gabah, pemisahan batu, proses penyosohan hingga beras dikemas dalam ukuran 5 kilogram semuanya dilakukan oleh mesin tanpa ada campur tangan manusia.

Berbeda dengan beras curah, mencuci beras bisa dilakukan lebih dari sekali untuk menghindarkan dari jamur, kutu, batu maupun kotoran yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya