Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

6 Kiat Ini agar Miss V Beraroma Segar

Ketika pH Miss V tidak seimbang dapat menyebabkan mikroorganisme tumbuh subur yang menyebabkan bau.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 10 Jul 2015, 14:00 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2015, 14:00 WIB
Miss V
(Foto: scoopwhoop.com)

Liputan6.com, New Delhi Aroma tak sedap pada organ intim wanita kadang membuat risih. Tak jarang, ada juga wanita yang tidak merasakan aroma tak sedap ini.

Menurut dokter obstetri dan ginekologi, Machelle Seibel, MD ada beberapa hal yang menyebabkan aroma tak sedap pada Miss V.

"Menstruasi, kehamilan, hubungan seks, dan konsumsi obat dapat mengganggu eksosistem yang ada di vagina dan dapat meningkatkan pH yang harus dijaga pada angka 4,3 hingga 4,5," terang Seibel.

Ketika pH Miss V tidak seimbang dapat menyebabkan mikroorganisme tumbuh subur yang menybabkan bau. Seibel tidak menyarankan menyemprotkan pewangi semprot untuk mengharumkan vagina. "Itu malah hanya menutupi masalah yang mungkin ada," terangnya.

Tak perlu melakukan hal aneh-aneh agar Miss V beraroma segar tanpa bau. Berikut cara mudahnya seperti dilansir Yourtango, Jumat (10/7/2015).

1. Jaga area tersebut tetap kering
Jangan biarkan area tersebut basah gara-gara sering buang air kecil. "Bila perlu bawa baju dan celana dalam bersih untuk mengurangi risiko terinfeksi jamur," terang Seibel.

2. Pakaian dalam berbahan katun
Celana dalam dan renda terlihat seksi, tapi demi kesehatan vagina baiknya pilih yang berbahan katun yang lebih mudah menyerap keringat dan tidak membuat panas.

3. Konsumsi prebiotik
Mengonsumsi minuman prebiotik seperti yoghurt dapat mengurangi risiko munculnya bakteri yang membuat bau pada area vagina.

4. Hindari douching
Douching adalah tindakan membasuh atau membilas vagina dengan campuran cairan lain bisa tidak disarankan oleh para dokter.

"Melakukan douching berpotensi membahayakan. Lebih baik, jika memiliki masalah dengan bau pada Miss V yang tak terkait dengan kondisi medis dengan memangkas bulu-bulu halus di sekitar organ genital," terang ahli seks, Taylor Stokes. 

Rambut-rambut halus yang terlalu lebat di sekitar organ intim bisa menyebabkan bau. Biarkan bulu halus tumbuh beberapa centimeter untuk menjebak bakteri dan partikel agar tak masuk vagina," terang Stokes.

5. Usai bercinta jangan lupa bersihkan diri
Meski mengantuk segera bersihkan diri usai bercinta. Hal ini demi menjaga organ intim tetap bersih.

6. Buang air kecil usai bercinta
Ini adalah hal sederhana untuk membersihkan Miss V. Jangan lupa sesudahnya bersihkan dengan air dan seka hingga kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya