5 Manfaat Rajin Makan Jamur Tiram

Meski terkesan sederhana, jamur tiram memiliki banyak kandungan nutrisi.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2020, 20:00 WIB
Budidaya Jamur Tiram
Petani saat menimbang jamur tiram di kawasan Pulo Kambing, Jakarta, Rabu (26/12). Musim penghujan membuat produksi jamur tiram meningkat dari bulan biasa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Jamur tiram bisa jadi salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di pasar. Jamur ini pun cukup mudah diolah menjadi pelengkap lauk hingga camilan. Hanya saja, mungkin belum banyak orang tahu mengenai manfaat konsumsi jamur tiram.

Meski terkesan sederhana, jamur tiram memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut manfaat rajin makan jamur tiram seperti dilansir Boldsky.

1. Menurunkan kolesterol

Karena secara alami jamur tiram sudah rendah kalori dan kolesterol , ketika diolah dengan tidak menggunakan terlalu banyak minyak (misalnya digoreng) jamur tiram sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2007 dalam jurnal PubMed NCBI menemukan bahwa pasien diabetes terbukti mengalami penurunkan kadar kolesterol setelah makan jamur tiram.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Tubuh harus kebal terhadap penyakit dan ternyata kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur tiram mampu menguatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal Mediators of Inflammation membuktikan bahwa jamur tiram mengandung komponen immunomodulator yang mampu meningkatkan imun tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:


Meningkatkan fungsi otak

3. Meningkatkan fungsi otak

Jamur tiram kaya akan niacin (vitamin B3) yang dibutuhkan otak dalam menjalankan fungsinya dengan normal dan optimal. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menyebutkan bahwa jamur tiram mampu mengurangi risiko kerusakan sel otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

4. Turunkan kadar gula darah

Jika memiliki risiko terkena diabetes, rajinlah makan jamur tiram karena sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa kandungan serat dan β-glucan pada jamur tiram mampu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

5. Mencegah kanker payudara

Kandungan antioksidan tinggi dalam jamur tiram mampu memcegah kerusakan sel dan mencegah perkembangan sel abnormal dalam tubuh. Ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology bahwa jamur tiram mampu menekan pertumbuhan kanker payudara dan kanker usus besar.

 

(Febi Anindya Kirana/Fimela.com)


Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya