Sentra Vaksinasi Serviam Jakarta Sediakan Juru Bahasa Isyarat Bagi Lansia Disabilitas

Vaksinasi COVID-19 yang digelar di Sentra Vaksinasi Serviam Jakarta Pusat menyediakan juru bahaya isyarat bagi lansia disabilitas, dalam hal ini tunarungu.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 20 Mar 2021, 15:20 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2021, 15:20 WIB
Ilustrasi vaksinasi di Indonesia (Liputan6.com / Triyasni)
Ilustrasi vaksinasi di Indonesia (Liputan6.com / Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Sabtu, 20 Maret 2021 Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) Jakarta memulai layanan vaksinasi COVID-19 bagi orang lanjut usia (lansia). Turut serta juga beberapa lansia disabilitas seperti tunanetra dan tunarungu ikut divaksin COVID-19.

Guna mempermudah pelayanan vaksinasi, tim SVS sudah menyediakan juru bahasa isyarat bagi lansia tunarungu. Sehingga penjelasan dari tenaga kesehatan ke peserta vaksinasi tersebut bisa berjalan lancar.

"Di hari pertama ini kami mengundang lansia disabilitas, kami menyediakan termasuk penerjemah bahasa isyarat untuk tunarungu," kata Tim Humas Fika Rosemary kepada Liputan6.com via telepon.

Namun tak cuma hari ini saja. Fika mengatakan bila ada lansia disabilitas datang di hari-hari mendatang, bisa menginformasikan terlebih dahulu kedatangannya sehingga pada saat vaksinasi berlangsung akan dibantu dengan orang yang bisa membantu. Misalnya bagi lansia tunarungu akan dibantu dengan juru bahasa isyarat.

"Bila kami menerima info, misalnya di hari Senin esok akan ada lansia disabilitas yang datang, kami akan menyediakan. Jadi, kami sesuaikan dengan kebutuhan," katanya.

 


SVS Buka 3 Bulan

SVS merupakan sentra vaksinasi komunitas yang diinisiasi alumni Sekolah Santa Ursula, Santa Theresia, Santa Maria ini memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada lansia dan lansia disabilitas di DKI Jakarta selama tiga bulan ke depan tanggal 10 Juni 2021.

SVS hanya memberikan layanan vaksinasi COVID-19 kepada lansia maupun lansia disabilitas yang ber-KTP DKI Jakarta dan berdomisili di DKI Jakarta.

"Lansia yang KTP non DKI tapi tinggal di DKI bisa menggunakan surat domisili yang didapatkan dari RT setempat," kata Fika.

Fika juga menjelaskan bahwa kehadiran Sentra Vaksinasi Serviam merupakan upaya dalam membantu mempercepat vaksinasi COVID-19.

"Kehadiran Sentra Vaksinasi Serviam merupakan jawaban kami kepada pemerintah membantu percepatan vaksinasi COVID-19 pada lansia. Dengan semakin banyak komunitas dan alumni yang turut serta maka semakin banyak yang divaksin," katanya.

Bagi para lansia yang ingin divaksin COVID-19 bisa mendaftar di website vaksinasiserviam.com. Lalu, klik ke pendaftaran yang nanti bakal terhubung dengan website loket.com. Calon peserta vaksinasi kemudian memilih jam yang diinginkan.


Infografis

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya