Lucinta Luna Bakal Jalani Operasi Langka, Potong Tulang Ekor

Operasi potong tulang ekor yang dijalani Lucinta Luna dinamakan Coccygectomy

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 12 Jul 2022, 11:28 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2022, 11:28 WIB
Lucinta Luna (Foto: Instagram/@lucintaluna_manjalita)
Lucinta Luna Akan Menjalani Operasi Potong Tulang Ekor (Foto: Instagram/@lucintaluna_manjalita)

Liputan6.com, Jakarta - Lucinta Luna bakal menjalani operasi potong tulang ekor. Tindakan ini dijalaninya setelah belum lama ini melakukan operasi leher untuk pemotongan jakun.

"Doakan aku besok ya guys, deg degan. Masih ada 2 step operasi lagi. Step kedua potong tulang ekor," tulis Lucinta Luna di fitur Instagram Stories akun pribadinya pada Senin, 11 Juli 2022.

Operasi potong tulang ekor yang akan dijalani Lucinta Luna lazim disebut Coccygectomy. Lantas, operasi seperti apakah itu?

Dijelaskan Consultan Orthopaedic, Arthritis & Sport Surgeon di ALTY Orthopaedic Hospital, Kuala Lumpur, dr Sureshan Sivananthan, Coccygectomy dikenal sebagai pengangkatan coccyx sebagian atau seluruhnya atau lebih dikenal sebagai tulang ekor.

Menurut Siva, ini adalah prosedur cepat yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam.

"Dan, ini adalah prosedur yang jarang untuk pasien, kecuali pasien tidak respons terhadap semua pengobatan non-bedah," kata Siva.

Dia, melanjutkan, proses ini melibatkan ahli bedah guna membuat sayatan langsung di kulit, tempat tulang ekor berada. Dalam prosesnya, dokter menggunakan pisah bedah dan memotong tulang ekor dari belakang ke depan.

"Ini jarang dilakukan kecuali semua perawatan konservatif gagal," kata Siva.

"Komplikasi dari prosedur ini adalah rasa sakit untuk beberapa waktu dan infeksi," Siva menambahkan.

Siva kemudian bilang bahwa prosedur yang akan dijalani Lucinta Luna ini tergolong langka. Sebab, seringkali menjadi pilihan terakhir bagian pasien yang tidak menanggapi terapi non-bedah untuk menghilangkan rasa sakit di bagian belakang badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lucinta Luna Sebelumnya Operasi Potong Jakun

Jalani Operasi Potong Leher, Ini 6 Potret Kondisi Terbaru Lucinta Luna
Jalani Operasi Potong Leher, Ini 6 Potret Kondisi Terbaru Lucinta Luna (Sumber: Instagram/lucintaluna_manjalita)

Belum lama ini, pemilik nama Ayluna Putri  melakukan operasi pada bagian leher di Korea Selatan. Hal tersebut dilakukan lantaran dirinya ingin mengembalikan suara agar halus.

Kabar ini dibagikan olehnya melalui akun media sosial pribadinya. Lucinta Luna mengawalinya lewat sebuah unggahan berisi potret dirinya saat tengah diperban pada bagian kepala hingga leher. Darah pun terlihat masih mengalir pada bagian tersebut.

"selamat tinggal Ratu Keabadian... selamat tinggal Khodam... selamat datang RATU 9 NYAWA. yang pada nanya Ratu habis operasi apa ? pemotongan leher pembuangan khodam dan operasi bedah wujud," tulis Lucinta Luna melalui akun Instagram @lucintaluna_manjalita pada Rabu, 6 Juli 2022.

Tak hanya itu, Lucinta Luna juga menceritakan latar belakang mengapa ia ingin melakukan operasi dalam video berdurasi 11 menit 14 detik pada kanal Youtube Lucinta Luna TV.

Lucinta Luna menyebutkan bahwa kerongkongannya terasa kering dan sakit. Kondisi tersebut dialaminya usai melakukan operasi wajah sebelumnya di Korea.

"Dari semenjak aku pulang dari Korea, kok tiba-tiba suara khodam aku malah makin keterusan. Tiada guna, enggak berhenti-henti, enggak bisa direm," kata Lucinta Luna.

"Ini bawaannya nih ya di dalam kerongkongan, di tembolok aku rasanya kayak ada sesuatu. Jadi tuh bawaannya kering kering kering mulu," tambahnya.


Segala Upaya Dilakukan Lucinta Luna

Jalani Operasi Potong Leher, Ini 6 Potret Kondisi Terbaru Lucinta Luna
Jalani Operasi Potong Leher, Ini 6 Potret Kondisi Terbaru Lucinta Luna (Sumber: YouTube/LUCINTA LUNA TV)

Bahkan Lucinta Luna mengungkapkan dirinya sudah menempuh upaya-upaya lainnya sebelum operasi yakni dengan membersihkan lidah, minum air hangat, wedang jahe, hingga jeruk nipis dengan kecap.

"Tetap saja enggak bisa (kembali suaranya) sampai sekarang," ujar Lucinta Luna.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti tindakan apa yang dilakukan oleh Lucinta Luna. Entah operasi untuk pengangkatan jakun atau hanya sepenuhnya mengubah suara.

Namun mengutip laman Mayo Clinic, operasi bedah suara atau feminisasi suara memang memungkinkan dilakukan oleh mereka yang ingin mengubah suaranya.

Hal tersebut banyak dilakukan oleh individu yang memilih untuk menjadi seorang transgender dan ingin menyesuaikan suara mereka untuk berkomunikasi dengan identitas mereka sendiri.


Operasi Feminisasi

Lucinta Luna (Foto: Instagram/@lucintaluna_manjalita)
Lucinta Luna (Foto: Instagram/@lucintaluna_manjalita)

Operasi feminisasi suara juga biasanya hanya berfokus untuk mengubah nada. Fungsinya untuk melakukan feminisasi suara yang dapat meningkatkan nada bicara dan mengurangi kemampuan untuk menghasilkan suara dengan nada yang rendah atau berat.

Dalam beberapa kasus, ada pula pasien yang memilih hanya melakukan terapi suara.

Namun bagi beberapa lainnya, operasi pun menjadi pilihan untuk mengubah nada.Sedangkan mengutip laman Cleveland Clinic, operasi feminisasi suara merupakan prosedur untuk menaikkan nada suara Anda atau membuatnya terdengar lebih tinggi. Pembedahan mengubah panjang, ukuran, atau kekencangan pita suara.

Infografis Fakta Mengejutkan saat Penangkapan Lucinta Luna. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Fakta Mengejutkan saat Penangkapan Lucinta Luna. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya