Lebih dari Sekedar Fisik, Kepribadian yang Jujur Meningkatkan Daya Tarik Seseorang

Daya tarik yang tinggi ternyata tidak hanya datang dari kecantikan atau ketampanan tapi juga bisa datang dari sifat kepribadian yang membuat orang lain kagum.

oleh Fariza Noviani Abidin diperbarui 04 Apr 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri
Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri. (Photo by Flávia Gava on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang memiliki wajah yang biasa tetapi memiliki daya tarik yang luar biasa?

Rahasianya bisa saja terletak pada sifat kepribadian mereka. Sifat kepribadian tertentu dapat meningkatkan daya tarik seseorang dan membuatnya lebih menarik bagi orang lain.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kecantikan lebih dari sekadar fisik. Sebuah studi tahun 2023 dalam PLOS One menemukan bahwa kejujuran merupakan ciri kepribadian yang paling berkorelasi dengan keindahan yang terpancar.

Temuan ini menunjukkan bahwa kepribadian memainkan peran penting dalam daya tarik seseorang. Orang yang jujur ​​dianggap lebih menarik dan dapat dipercaya, yang meningkatkan daya tarik mereka secara keseluruhan.

Kejujuran Bisa Mempengaruhi Persepsi Orang Lain

Sebuah studi menunjukkan bahwa wajah seseorang dapat dianggap lebih menarik ketika dikaitkan dengan kepribadian yang jujur. Dalam penelitian ini, para peserta disuguhkan deskripsi kepribadian yang berbeda-beda, yang dikaitkan dengan foto-foto wajah. Deskripsi tersebut dirancang untuk menggambarkan orang yang jujur dan dapat dipercaya, atau orang yang tidak jujur.

Para peserta kemudian diminta untuk menilai daya tarik fisik wajah-wajah tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa wajah-wajah yang dikaitkan dengan deskripsi kepribadian jujur ​​dinilai lebih menarik daripada wajah-wajah yang dikaitkan dengan deskripsi kepribadian tidak jujur. Temuan ini konsisten pada pria dan wanita, dan terlepas dari pakaian yang dikenakan orang dalam foto seperti mengutip Glam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengaruh Ciri Kepribadian Lain Pada Daya Tarik

Sebuah studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behaviour juga menemukan bahwa kejujuran merupakan salah satu faktor kunci yang meningkatkan daya tarik seseorang. Para peneliti menggunakan metode yang sama dengan studi sebelumnya dan menghasilkan kesimpulan yang sama pula.

Penelitian ini juga meneliti ciri-ciri kepribadian lain, seperti kreativitas dan agresivitas. Kreativitas tidak ditemukan memiliki efek pada daya tarik fisik, sedangkan agresivitas hanya membuat wajah pria terlihat kurang menarik, namun daya tarik wajah wanita tidak terpengaruh oleh ciri ini.

Temuan ini menunjukkan bahwa kejujuran merupakan faktor yang jauh lebih besar dalam menilai penampilan seseorang dibandingkan dengan ciri lainnya. Kejujuran tidak hanya membuat seseorang terlihat lebih menarik secara fisik, tetapi juga dapat membuat mereka terlihat lebih "sehat", "baik", dan "feminin".


Fitur Wajah yang Membuat Terlihat Lebih Dapat Dipercaya

Sebuah studi tahun 2023 menunjukkan bahwa seseorang akan dianggap lebih cantik setelah mengetahui seberapa jujur mereka dan begitu pula sebaliknya. 

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa beberapa fitur wajah dapat membuat seseorang terlihat lebih jujur dan dapat dipercaya, bahkan sebelum orang tersebut berbicara. Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa empat fitur wajah yang terkait dengan kepercayaan adalah seperti alis dalam tinggi, tulang pipi yang menonjol, dagu lebar, dan hidung datar.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kesamaan juga dapat memengaruhi penilaian terhadap kejujuran. Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa orang cenderung menilai wajah yang mirip dengan mereka sendiri sebagai orang lebih dapat dipercaya. Hal ini mungkin terkait dengan teori bahwa orang lebih tertarik pada orang yang memiliki kesamaan dengan mereka.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang kejujuran dan daya tarik wajah dipengaruhi oleh kombinasi faktor internal dan eksternal, termasuk sifat batin, fitur wajah, dan kesamaan.


Tips Terlihat Jujur dan Menarik

Penampilan sering kali menjadi faktor penentu dalam penilaian awal terhadap seseorang. Namun, bertindak jujur ​​juga merupakan strategi yang dapat meningkatkan daya tarik dan memperkuat hubungan.

Tapi, bagaimana cara menunjukkan kejujuran saat bertemu orang baru? Sebuah studi oleh Dr. Daniel Gill dari Universitas Glasgow menunjukkan bahwa gerakan wajah tertentu dapat meningkatkan persepsi kejujuran.

"Ada gerakan dasar wajah yang dikaitkan dengan sifat sosial tertentu, dan gerakan ini dapat mengatasi kesan buruk yang dimiliki orang lain terhadap wajah seseorang," ungkap Dr. Gill.

Studi tersebut menemukan bahwa beberapa tindakan dapat membuat wajah terlihat lebih dapat dipercaya, seperti mengangkat alis dan tersenyum. Ekspresi wajah yang lembut dan bahagia lebih mudah dianggap baik hati dan jujur ​​dibandingkan dengan ekspresi yang datar atau muram.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya