Video Barter 2 Gram Emas dengan 2 Ayam dan Gula Pasir di Pedalaman Papua Viral

Voucher WiFi 1 GB dibayar dengan emas 1 gram.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 13 Agu 2021, 15:50 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2021, 15:50 WIB
Video Barter 2 Gram Emas dengan 2 Ayam dan Gula Pasir di Pedalaman Papua Viral
Video Barter 2 Gram Emas dengan 2 Ayam dan Gula Pasir di Pedalaman Papua Viral (Sumber: Instagram/makassar_iinfo)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin bagi banyak orang sudah tak asing lagi dengan istilah barter. Kegiatan tukar-menukar barang antara dua pihak tanpa perantara alat tukar seperti uang ini memang pernah terjadi di Indonesia.

Akan tetapi kegiatan barter sendiri sudah lama tak dilakukan karena telah adanya uang sebagai alat jual beli. Namun, meski begitu beberapa daerah diketahui masih mempertahankan kegiatan tukar-menukar barang ini. Barter sendiri dilakukan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari lainnya yang tidak bisa diproduksi sendiri. 

Bahkan, baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan adanya video barter antara seorang penjual dan pembeli. Video yang diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Jumat (13/8/2021) ini pun viral di media sosial.

Pasalnya, dalam video tersebut kegiatan barter yang dilakukan bukan dengan saling menukarkan barang kebutuhan melainkan dengan emas. Tak sampai disitu saja, kegiatan barter yang diketahui berada di pedalaman Papua ini pun justru terlihat seperti menjadikan emas sebagai alat untuk jual beli.


Gunakan emas untuk beli barang kebutuhan hingga paket internet

Video Barter 2 Gram Emas dengan 2 Ayam dan Gula Pasir di Pedalaman Papua Viral
Video Barter 2 Gram Emas dengan 2 Ayam dan Gula Pasir di Pedalaman Papua Viral (Sumber: Instagram/makassar_iinfo)

Dalam video yang dibagikan melalui akun Instagram @makassar_iinfo, pada Jumat pagi (13/8/2021) memperlihatkan adanya seorang pemuda yang akan membeli barang kebutuhan. Namun, yang menjadi sorotan ialah saat pemuda berbaju hitam tersebut justru memberikan sebuah kepingan emas kecil.

Rupanya kepingan emas tersebut diberikan kepada penjual untuk mendapatkan 2 ekor ayam serta gula pasir. Dalam video tersebut diketahui jika 2 ekor ayam dan satu gula pasir ditukar dengan emas seberat 2 gram emas. Sang pemuda sendiri membawa emas dengan berat 2,7 gram sehingga kembalian dari pembelian 2 ayam dan gula pasie ialah 0,7 gram.

Tak sampai disitu saja, dalam video yang beredar sang penjual juga menuliskan keterangan jika kehidupan cukup keras hingga menggunakan emas sebagai alat untuk barter.

"keras kehidupan bos, don't foya" permisi para sultan" tulis keterangan dalam video.

Bukan hanya memperlihatkan barter 2 gram emas dengan 2 ekor ayam dan gula pasir saja, dalam video yang berbeda juga terdapat harga paket wifi yang juga dibayarkan dengan emas.

"Ini yang mau tahu harga voucher WiFi, dia 100 mb itu 1 kaca atau 0,1 gram, 300 mb itu 0,3 gram, dan seterusnya sampai 1 GB itu 1 gram emas." ujar sang penjual.


Bikin netizen terpana

Masih adanya kegiatan barter apalagi menggunakan emas ini pun langsung mencuri perhatian banyak netizen. Tak sedikit netizen yang akan menyangka jika harga ayam hingga voucher WiFi sangat mahal bahkan setara dengan 1 gram emas. Video ini pun langsung menjadi sorotan netizen dan viral di media sosial.

"auto kaya yg jualan" tulis akun @fachruzy_.

"Jual beli yg benar, harta ditukar harta" tulis akun @bagussatriyo_w.

"Barternya sultan" ujar akun @yuliafajarwati93.

"Pantas biar kios-kios kecil jualannya di papua klo balik Sulawesi langsung kaya. Hihi" tulis akun @ummu.naadhira.

"1GB = 1gr emas = 800 rb. Auto pengen buka konter disana" ujar akun @yulhia.

"Semua itu tergantung tempat situasi dan kondisi. Dia murah di tempat yang semestinya dan akan mahal di tempat yg semestinya juga" tulis akun @ditinggal_kok_nyesel.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya