Durasi Lama Waktu Permainan Sepak Bola Adalah 2 x 45 Menit, Jika Skor Seri?

Lama waktu permainan sepak bola adalah totalnya 90 menit yang terbagi dalam dua babak.

oleh Laudia Tysara diperbarui 19 Jul 2022, 14:28 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 14:25 WIB
Ilustrasi permainan sepak bola
Ilustrasi permainan sepak bola. (Photo by Tobias Flyckt on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Permainan sepak bola dilakukan oleh dua regu atau tim yang masing-masing terdiri dari 11 anggota. Permainan sepak bola adalah jenis permainan yang dilakukan di lapangan. Tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol ke gawang lawan dengan lama waktu yang ditentukan.

Berapa durasi lama waktu permainan sepak bola itu?

Memahami durasi lama waktu permainan sepak bola adalah normalnya 2 x 45 menit, yang terbagi menjadi dua babak besar. Apabila hasil poin atau skor seri atau sama, maka durasi lama waktu permaian sepak bola adalah akan diperpanjang 15 menit pada setiap babaknya.

Itu artinya total tambahan durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 30 menit. Jika terjadi skor seri lagi, sesuai aturan permainan sepak bola yang berlaku secara internasional, harus dilakukan tendangan pinalti atau adu pinalti untuk menentukan pemenang permainan sepak bola.

Apa itu tendangan pinalti? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam durasi lama waktu permainan sepak bola, Selasa (19/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Durasi Lama Waktu Permainan Sepak Bola adalah 2 x 45 Menit

Ilustrasi Sepak Bola
Ilustrasi Sepak Bola (Photo by Isaiah Rustad on Unsplash)

Memahami permainan sepak bola adalah memiliki tujuan utama mencetak gol ke gawang lawan, untuk mendapatkan poin. Banyaknya poin yang didapat dalam permainan sepak bola adalah yang menentukan pemenang pertandingan.

Lalu berapa durasi lama waktu permainan sepak bola itu?

Durasi lama waktu permainan sepak bola adalah terdiri dari dua babak. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, durasi lama waktu permainan sepak bola adalah dua babak yang dimaksud, 2 x 45 menit. Dalam durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit ini, para pemain memiliki waktu istirahat paling lama 15 menit.

Peraturan tentang durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit yang sama dengan 90 menit ini, selalu diterapkan dalam setiap pertandingan FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional. Bagaimana jika poin atau skor dalam durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 90 menit tersebut seri atau sama?

Apabila skor masih seri pada durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 90 menit, maka akan ada perpanjangan waktu. Durasi lama waktu permainan sepak bola adalah jika skor seri, akan ditambah 2 x 15 menit. Artinya durasi lama waktu permainan sepak bola adalah totalnya 30 menit yang dibagi menjadi dua babak.

Pada permainan yang dominan menggunakan gerakan menendang ini, bukan tidak mungkin antara dua tim akan terjadi skor seimbang berkali-kali. Ketika hal ini terjadi, durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 30 menit tidak cukup menjadi solusinya.

Apabila skor masih terus seimbang dengan durasi lama waktu permainan sepak bola adalah yang sudah diperpanjang, maka harus dilakukan adu pinalti. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan adu pinalti adalah penentu pemenang dengan cara mengadu tembakan ke gawang lawan.


Tujuan Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Ilustrasi olahraga sepak bola
Ilustrasi olahraga sepak bola. (Photo by Marcel Strauß on Unsplash)

Apabila sudah memahami durasi lama waktu permainan sepak bola adalah 90 menit, selanjutnya pahami tujuan permainan sepak bola sesungguhnya. Ini tujuan permainan sepak bola yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Melatih Kecerdasan Otak

Permainan sepak bola dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang penuh strategi. Oleh karena itu, setiap pemain selalu dituntut untuk menguasai beragam teknik sepak bola. Tak hanya mengandalkan otot, untuk mecapai klimaks tujuan permainan sepak bola adalah membutuhkan taktik, teknik, dan strategi.

Setiap strategi dan teknik yang kerap digunakan para pemain sepak bola, secara tidak sadar juga melatih kecerdasan otak. Tujuan permainan sepak bola ini sangat bermanfaat untuk para permain. Dalam pertandingan sepak bola bisa berubah-ubah, menuntut para pemain selalu mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

2. Meraih Kemenangan

Tujuan permainan sepak bola adalah mampu meraih kemenangan. Sama seperti cabang olahraga lainnya, tujuan permainan sepak bola merupakan satu yang terpenting dari alasan mampu mencetak gol ke gawang lawan.

Tentu saja, setiap orang atau tim yang bertanding selalu berharap bisa meraih tujuan permainan sepak bola ini. Hal ini berlaku bagi cabang olahraga sepak bola, di mana masing-masing tim rutin melakukan latihan supaya bisa mencapai kemenangan.

3. Menciptakan Solidaritas

Tak cuma mampu meraih kemenangan. Sudah pasti tujuan permainan sepak bola adalah mampu menciptakan solidaritas antar pemain bahkan lawan. Hampir setiap cabang olah raga bertujuan untuk melatih kekompakan dan menciptakan solidaritas.

Setiap pemain akan berusaha mencapai tujuan permainan sepak bola ini dengan melengkapi satu sama lain sehingga akan melatih kerja sama, kekompakan, hingga akhirnya membentuk sebuah solidaritas.

Selain itu, bagi para pemain yang telah memiliki jam terbang tinggi, tentu akan semakin banyak teman dari berbagai daerah atau negara. Tujuan permainan sepak bola ini sangat bermanfaat bagi karier ke depan para pemainnya.

4. Meraih Prestasi

Tujuan permainan sepak bola adalah untuk meraih prestasi. Setiap orang yang hobi bermain sepak bola tentunya ingin berprestasi. Hampir setiap atlet selalu ingin meraih tujuan permainan sepak bola ini agar bisa mengharumkan nama dirinya, daerah, maupun negaranya.

Meski begitu, bagi pemula yang ingin meraih tujuan permainan sepak bola ini, dalam permainan sepak bola terlebih dahulu harus menguasai beragam teknik. Termasuk keterampilan yang ada pada olahraga tersebut. Tujuan permainan sepak bola ini pun bisa didapatkan dengan usaha serta latihan secara rutin dan teratur.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tujuan permainan sepak bola adalah mampu menjaga kesehatan tubuh. Sama seperti cabang olahraga lain, permainan sepak bola berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tujuan permainan sepak bola ini bisa didapat karena banyak sekali gerakan permainan sepak bola yang baik untuk kesehatan.

Mulai dari melancarkan peredaran darah, meregangkan otot, dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, permainan bola sepak bola bisa membuat berat badan tubuh semakin ideal. Biasanya, seseorang yang melakukan olahraga ini memiliki bentuk tubuh yang baik.

6. Membangun Karakter

Tujuan permainan sepak bola adalah mampu membangun karakter para pemainnya. Sepak bola bukanlah olahraga yang menekankan keahlian individu, tetapi kerja sama tim secara keseluruhan. Bermain sepak bola dapat melatih karakter setiap pemain untuk lebih bertanggung jawab.

Namun, sepak bola punya cara tersendiri untuk mengembangkan kepribadian para pemainnya. Tujuan permainan sepak bola ini dikenal lebih mendorong kerja sama tim dan komunikasi antarpemain. Hal itulah yang membuat para pesepak bola memahami kepribadiannya dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim, ketimbang berpikir untuk mengungguli teman setim.


Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Ilustrasi sepak bola
Ilustrasi Sepak Bola. (Photo by Emilio Garcia on Unsplash)

Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Meski begitu, masih ada teknik lain yang menunjang keberhasilan dalam permainan ini.

Menendang menjadi teknik utama yang digunakan kedua tim saling berebut bola. Hingga pada akhirnya salah satu tim mencetak gol di gawang lawan sebagai tanda kemenangannya.

Ini penjelasan teknik dasar permainan sepak bola dan cara melakukannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Menendang (kicking): mengumpan dan menembak ke arah gawang.

2. Menggiring (dribbling): mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, menghambat permainan.

3. Mengontrol/Menghentikan Bola (stoping): menghalau bola yang terlalu kuat ditendang.

4. Menyundul (heading): menerima umpan bola yang melayang dari atas.

5. Merampas (tacling): mengambil/merampas bola dari lawan.

6. Lemparan Kedalam (trow – in): melempar kedalam ketika bola keluar lapangan.

7. Menjaga Gawang (Goal Keeping): memertahankan gawang agar tidak kemasukan.

Lalu bagaimana bentuk latihan yang bisa dilakukan?

- Kaki Dalam

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Lutut sedikit di tekuk.

4. Kaki sepak diputar keluar pada pangkal pahanya sehingga kaki sepak membentuk sudut 90º dengan kaki tumpu.

5. Bagian kaki yang kontak dengan bola adalah pergelangan kaki (engkel) bagian dalam.

6. Bola disepak tepat pada titik nya.

- Kaki Luar

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Jari-jari kaki menghadap ke depan dengan lutut sedikit ditekuk.

4. Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam.

5. Ayunkan kakibelakang ke depan mengenai bola dengan arah menyilang kaki tumpu.

6. Perkenaan pada kaki bagian luar.

7. Sumber pergerakkan pada pangkal paha.

- Punggung Kaki

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Lutut sedikit di tekuk.

4. Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah sehingga punggung kaki menghadap ke bola.

5. Selanjutnya lutut ditekuk dalam-dalam sehingga berada di atas bola.

6. Sumber gerakan pada pangkal paha.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya